MEMBELAH HUJAN DI TOL CIPULARANG DENGAN GT RADIAL SAVERO SUV

Saat melibas kemacetan panjang dari KM 50an tol Cikampek, Selasa petang 2 Januari 2018.

Jakarta – Selasa 2 Januari 2017, waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 4 sore di kawasan Ciwidey. Di atas langit mulai nampak gelap, butir-butir air hujan pun mulai berjatuhan dari langit meski intensitasnya belum terlalu deras.

Barulah saat memasuki kawasan tol Cipularang selepas gerbang pintu tol Pasir Koja ke arah Jakarta, derasnya hujan tidak tertahankan membasahi segenap lajur jalan. Di beberapa titik bahkan genangan air pun terjadi, sesekali dari arah berlawanan menuju Bandung dan Cileunyi, genangan air memuncrat ke arah jendela mobil kami saat dilibas oleh bus yang melaju kencang.

Jarak pandang agak terbatas. Beberapa kali di aplikasi Google Map muncul suara peringatan “Traffic getting worse“. Yah, tantangan berkendara di sore itu memang tidak mudah. Frekuensi kendaraan yang mengarah ke Jakarta pun tetap tinggi, meski puncak arus balik liburan Natal dan Tahun Baru 2018 sudah terjadi kemarin dan dinihari tadi. 

Belum lagi ketika harus melibas beberapa titik jalan di kawasan tol Cipularang yang bergelombang dan tidak mulus. Alhasil kondisi mobil yang prima plus performa ban yang handal menjadi faktor penting.

Untuk kedua hal itu, saya cukup percaya diri. Keputusan untuk mengganti ban standar pabrikan dengan GT Radial Savero SUV, membuat kenyamanan mengendarai generasi teranyar Hyundai Tucson bermesin bensin 2.0L ini semakin terasa.

Laju kendaraan saya berusaha tahan di kecepatan minimal rata-rata 60 km/jam, sambil beberapa kali tembus di kecepatan 100 – 120 km/jam saat ingin mendahului beberapa mobil lain yang melaju lebih pelan dan hati-hati. Daya cengkeram ban yang baik dan profil alurnya yang mampu membelah genangan air hujan dengan apik, menjadi partner yang padu padan untuk SUV hasil kreasi salah satu desainer mobil terbaik di dunia saat ini, Peter Schreyer.

Yah, desain mobil yang kokoh dengan level kekedapan kabin yang baik, ditunjang dengan performa ban yang sesuai ekspektasi, membuat rasa kegembiraan lebih untuk orang seperti saya yang memang senang berkendara.

Memasuki kawasan tol Cikampek, tantangan lain pun menghadang khususnya sejak di kilometer 50an arah Jakarta. Tanda “merah” di aplikasi Google Map  terjadi cukup panjang hingga menuju pintu tol JORR yang kami tuju di kilometer 10 tol Cikampek.

Penyempitan lajur jalan akibat pembangunan di sekitar kawasan tol tersebut adalah penyebab utamanya. Alhasil meski arus lalu lintas tidak sepenuhnya berhenti, namun di sinilah letak bahaya yang menanti. Beberapa kali mobil bisa melaju di kecepatan sedang, pelan, lalu berhenti beberapa saat.

Situasi lalu lintas seperti itu terjadi beberapa kali  di depan mobil kami, dan sekali lagi menjadi tantangan bagi performa ban yang digunakan khususnya saat proses pengereman terjadi, dan bisa menciptakan titik memelankan bahkan menghentikan laju kendaraan sesuai harapan setiap pengemudi.

Di sini, keputusan saya untuk membeli ban GT Radial Savero SUV beberapa waktu lalu setelah mobil ini menjadi hal yang tepat. Sebuah kombinasi yang sempurna dengan mobil kami.

Jelang pukul tujuh malam, mobil kami pun telah memasuki kawasan tol Jagorawi menuju kediaman di perbatasan kota Depok dan Cibinong. Aroma seafood di sebuah titik di jalan Tegar Beriman telah terbayang untuk mengisi perut yang mulai terasa kosong…

Hmm, hingga titik ini suasana kegembiraan masih lebih tinggi menghinggapi benak kelima penumpang di dalam mobil. Ya, keputusan yang tepat tentu membuat hidup menjadi lebih nikmat.

Setuju?

One Reply to “MEMBELAH HUJAN DI TOL CIPULARANG DENGAN GT RADIAL SAVERO SUV”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s