MEMBAHAS POTENSI PASAR ALL NEW TOYOTA RUSH DALAM SECANGKIR KOPI

sumber image: Toyota Indonesia

Jakarta – Rabu 3 Januari 2018, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis harga resmi All New Rush yaitu Rp 239,9 juta hingga Rp 261,3 juta on the road Jakarta (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

Harga ini tentu menjadi kejutan bagi para peminatnya karena tidak mengalami kenaikan dibanding versi sebelumnya. Bahkan untuk varian tertinggi 1.5 TRD Sportivo yang bertransmisi otomatis justru lebih murah Rp 3 juta.

Artikel ini sendiri tidak akan membahas detail teknis All New Rush. Untuk informasi semacam itu, Anda tinggal memasukkan kata kunci “All New Rush” di Google dan langsung bisa pilih dari sederet informasi dari berbagai media mainstream. 

Potensi Pasar Dari Secangkir Kopi

Sumber image: Toyota Indonesia.

Posisi harga untuk All New Rush tentu mempertimbangkan faktor persaingan dengan kompetitor dan kemampuan daya beli konsumen yang dituju.

Jika diutak-atik, posisi harga yang sedianya dicanangkan untuk Wuling Cortez (baca: MENGUKUR POTENSI MARKETING MOBIL WULING DARI SECANGKIR KOPI) plus sang bintang baru di segmen low MPV yaitu Mitsubishi Xpander tentu masuk dalam radar periskop Toyota untuk menentukan harga All New Rush.

Jika dibandingkan dengan update harga terbaru Mitsubishi Xpander yang kabarnya akan mengalami kenaikan di awal tahun 2018 ini, selisih harga dengan All New Rush tentu tidak terpaut jauh apalagi jika dalam hitungan skema pembelian secara kredit.

Sebelum kenaikan, harga Xpander Ultimate AT (tipe tertinggi) ada di harga Rp 246 juta (on the road Jakarta – harga bisa berubah sewaktu-waktu. Artinya hanya ada selisih sekitar Rp 15 jutaan, tapi konsumen sudah bisa membeli light SUV 7-seater terbaru dari Toyota.

Bukan rahasia lagi jika pertimbangan merek Toyota masih menjadi prioritas utama banyak konsumen di Indonesia.

Bagaimana dengan posisi harga Wuling Cortez yang banderol versi tertingginya ada di kisaran Rp 230an juta. Selisih plus minus Rp 20 juta (jika benar harganya segitu) cukup besar dan bisa memecah kebimbangan konsumen antara mobil keluarga yang fungsional dengan harga lebih terjangkau dengan mesin 1.8L (Wuling Cortez) atau mobil keluarga Toyota terbaru 1.5L yang menawarkan nilai prestise lebih.

Lintas Segmen Satu Tujuan Utama

Interior All New Toyota Rush.

Kehadiran All New Toyota Rush dengan tampilan sepenuhnya baru jelas mengubah peta pasar mobil keluarga di rentang harga 250an juta. Tidak ada lagi desain kotak dengan ban serep di belakang seperti versi sebelumnya. Sederhananya, desain All New Toyota Rush sudah selayaknya light SUV rasa MPV.

Jika demikian, jelas ada persinggungan lain dengan Mitsubishi Xpander selain soal harga yaitu pertautan desain.

Terlepas dari perdebatan soal MPV murni (Wuling Cortez), low MPV rasa SUV (Mitsubishi Xpander) dan light SUV rasa MPV (All New Toyota Rush), ketiga mobil ini berada di rentang harga yang mirip dengan daya angkut tujuh kursi penumpang, dan tentunya membidik segmen yang sama yaitu segmen keluarga.

Fitur Berlimpah

Dari informasi yang dirilis secara resmi oleh TAM, fitur-fitur unggulan pada All New Rush jelas untuk menggoyahkan “iman” para peminat Mitsubishi Xpander khususnya yang males inden kelamaan. Lihat saja keberadaan fitur Vehicle Stability Control, Hill Start Assist dan Emergency Stop Signal yang juga menjadi fitur unggulan Xpander juga ada di All New Rush.

Detail fitur bisa Anda lihat di website Toyota Indonesia atau tinggal klik kata kunci “All New Rush” di Google dan cukup berlimpah informasi sejenis di sana.

Aliansi Dua Kekuatan Otomotif

Strategi Toyota memperkenalkan harga “kejutan” All New Rush  di awal tahun 2018 setidaknya menyiratkan aliansi dua kekuatan industri otomotif di tanah air, yaitu Toyota (sendiri) dan Astra.

Kekuatan modal yang terbesar dan pengalaman yang panjang di pasar otomotif nasional jelas menjadi bekal strategis untuk mempertahankan singgasana pemegang market share terbesar.

Jbkderry.com melihat strategi Astra untuk All New Rush mirip dengan strategi mereka untuk Honda PCX di segmen roda dua, yaitu jangan biarkan rival tertawa lebih lama dan panjang.

Sementara buat Toyota, pasar otomotif di Indonesia tentu masih menjadi salah satu prioritas utama di dunia.

Jadi tidak perlu heran jika aliansi kedua institusi bisnis skala raksasa itu senantiasa menggetarkan dan membuat para rival ketar-ketir.

Rekomendasi jbkderry.com

Jika Anda berkesempatan atau tertarik untuk membeli All New Rush, mungkin juga tertarik untuk mengganti ban bawaan pabrikan (OEM). Hal ini bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan daya cengkeram ban saat berkendara dalam berbagai kesempatan mulai dari cruising, berpindah lajur atau bermanuver hingga saat melakukan pengereman.

Salah satu pilihan yang bisa Anda pilih yaitu GT Radial GTX Pro yang merupakan salah satu varian ban terbaru dari PT Gajah Tunggal Tbk untuk segmen kendaraan penumpang. Pasalnya berdasarkan informasi resmi dari TAM, All New Rush dibekali dengan pilihan velg ukuran 16-inci dan 17-inci.

Sementara GT Radial Champiro GTX Pro tersedia dalam ukuran rim 13 – 18 inci, aspek rasio 35 – 65 mm, lebar ban 175 – 245, serta rating kecepatan H-W.

GT Radial Champiro GTX Pro adalah ban tuning performa tinggi dengan desain khusus dan dikembangkan untuk para penggemar mobil masa kini yang mengutamakan penampilan dan performa tinggi. Berikut informasi fitur dang keunggulan yang dimiliki ban GT Radial Champiro GTX Pro: 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s