PRESIDEN JOKO WIDODO SAJA SUKA MOTOR CUSTOM BUATAN INDONESIA

Sumber foto: timeline FB Presiden Joko Widodo

JAKARTA – Sabtu 20 Januari 2017, media-media mainstream dan sosial media ramai dengan informasi mengenai chopper yang dibeli Pak Presiden Jokowi. 

Sebuah info di timeline sosial media kang Octo Budhiarto (seorang jurnalis senior Indonesia di bidang otomotif).

Sebuah hal yang baik tentu buat mendorong industri motor custom semakin berkembang di negeri ini. Terlebih kemarin di timeline seorang kawan jurnalis senior, kang Octo, jika dua motor custom buatan Indonesia bisa masuk 10 motor custom terbaik di ajang Motor Bike Expo 2018 (18 – 21 Januari) di Verona, Italia.

Sang Presiden Republik Indonesia sempat mengemukakan di timeline FBnya sebagai berikut:

Saya akhirnya punya sepeda motor hasil rancangan dan kreasi anak bangsa sendiri. Sepeda motor bergaya chopper dengan ciri khasnya yakni posisi pengendara yang rendah, duduknya santai, dan setang sedikit tinggi.

Mesinnya saja yang dari Royald Enfield 350 cc, selebihnya adalah karya garapan bengkel modifikasi Elders Garage dan mitranya. Jok kulitnya buatan Bandung, dijahit bagus sekali dan rapi. Rangkanya dirancang untuk ukuran rata-rata orang Indonesia oleh Veroland dan dibuat di Jakarta.

Saya membeli sepeda motor berwarna emas ini, selain karena memang suka, juga demi membangun brand value karya anak bangsa sendiri.

Begitu diberitakan, anak saya menelpon. Dia meminta sepeda motor ini. Wah, saya mengendarainya saja belum pernah, sudah diminta.”

Kaum Hawa Cantik Banyak Makin Suka Riding Motor Custom

Hobi mengendarai motor custom di negeri ini tidak lagi sebatas digandrungi para kaum adam, kaum hawa yang mulus nan cantik pun suka berkendara di atas motor custom.

Sumber foto: Ig @nabilabylla

Yang cukup kesohor adalah pasangan Cak Lontong di program tivi Waktu Indonesia Bercanda di Net TV, Nabila Putri. Di akun Instagram-nya @nabilabylla yang followers-nya sudah lebih dari 232 ribu, perempuan cantik ini senang mengendarai BMW R9T.

Selain hobi naik moge custom, jangan coba-coba macem-macem kelahiran Purwokerto 27 tahun silam (1990), karena di PP Ignya tendangan doi lurus naik ke atas, cuy. Sederhananya, neng Nabila ini jagoan bela diri.

Selain Nabila Putri, ada juga neeh guys selegram yang juga seorang presenter di beberapa stasiun tivi yang doyan banget naik motor custom. Namanya Fina Phillipe yang merupakan cewek blasteran Indonesia – Filipina (pantesan canteek).

Sumber foto: Instagram @lafinaa

Di akun Instagramnya @Lafinaa yang followers-nya sudah lebih dari 68.900an, Fina mengunggah beberapa foto dan footage kala doi sedang naik motor custom di antaranya Kawasaki W175, Triumph Scrambler dan moge klasik keluaran Norton.

Bahkan ada juga foto Fina pas coba jajal riding motocross dan mobil off-road. Sama halnya dengan Nabila Putri, jiwa tomboy dara cantik kelahiran Jakarta 27 tahun silam (kelahiran 1990) juga gak sebatas naik motor. Doi juga suka olahraga Muay Thai. Bahkan ada fotonya pada dapat penghargaan medali di cabang olahraga itu.

Baek-baek kalau ketemu doi,” demikian petuah orang-orang tua yang biasa terdengar di masyarakat.”

Sejarah Motor Chopper Custom

Berdasarkan penelusuran singkat di Google, sejarah motor chopper muncul setelah para prajuritAmerika Serikat  pasca Perang Dunia ke-2 kecewa dengan motor custom buatan Harley-Davidson dan Indian.

Mereka beranggapan motor-motor yang mereka kendarai di Eropa lebih ringan, lebih halus dan lebih enak dikendarai. Para prajurit ini pun berinisiatif untuk membuat motor costom sendiri.

Nah, kata “chopper” sendiri sendiri makna harfiahnya yaitu memotong bagian yang dianggap tidak penting pada motor, supaya kelihatan lebih keren dan rapi, di antaranya bagian fender (spakbor) depan, windshield (kaca depan), lampu yang besar, lampu sein, rangka pelindung mesin, ataupun jok yang besar.

Arlen Ness, salah seorang legenda desainer motor custom yang paling ternama di dunia.

Lalu setang motor dibuat lebih tinggi laksana tempat gantungan monyet sesuai namanya “ape hangers“. Di bagian roda depan dibuat lebih tipis tapaknya sementara ban belakang lebih lebar. Beberapa bikers pun memindahkan aki dan mengganti sistem pengapian dengan magnet supaya lebih ringan.

Perubahan lainnya adalah tangki, lampu utama dan lampu sein dibuat lebih kecil.  Salah satu legenda builder custom chopper tidak lain adalah Arlen Ness. Desainer motor custom asal Amerika Serikat ini kini sudah berusia 78 tahun (kelahiran Minnesota 12 Juli 1939).

“Ruh” chopper inilah yang diinterpretasi oleh Veroland (salah seorang builder custom bike ternama di negeri ini), jika pengembangan rangka custom chopper yang dibeli pak Jokowi dibuat untuk ukuran orang Indonesia (gak segede ukuran chopper di negeri Uncle Sam sono) dan mesinnya pun tergolong mesin ukuran mid-size 350cc dari Royal Enfield (belum masuk ukuran moge, meski sudah di atas kapasitas mesin entry level, makanya Vero menyebutnya mesin mid-size).

Naik Motor Itu (Lebih) Membahagiakan

Anda boleh berbeda pendapat, tapi naik motor itu adalah salah satu cara kita menolak untuk tua. Seperti kata Albert Eistein, “Life is like riding a bicycle. To keep the balance, you must keep moving.”

Ya, naik motor laksana naik sepeda karena rodanya juga cuma dua. Perlu menjaga keseimbangan supaya gak pikuneh, supaya kendaraan tetap melaju.

Naik motor itu adalah cara kita langsung menyapa alam dan desiran angin, sebuah cara yang juga membuat hidup lebih bahagia.

Mental Health Foundation di Inggris menyebut naik motor itu bisa mereduksi tingkat stress dan rasa kegelisahan hidup para komuter hingga 44%. Naik motor juga membuat tingkat kewaspadaan diri juga jadi lebih tinggi.

Substansi yang senada juga dirilis di dalam Harvard Business Review, jika mengurangi rasa stress dengan bermotor dapat membantu Anda untuk membuat hidup jadi lebih seimbang dan produktif.

Tentu kedua studi ini menguji perilaku orang-orang dewasa yang cukup usia dan kematangan, bukan anak-anak alay dibawah umur yang dibeliin sepedamotor oleh orang tua yang kurang wawasan tentang hal berkendara yang menggunakan mesin.

Oh iya, katanya nih setelah membeli motor custom, pak Jokowi ngajakin para biker untuk touring di Kalimantan atau Papua.

“Wuih, kira-kira kalau Aerox 155 VVA standar boleh ikutan gak, pak Presiden?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s