INDONESIAN IDOL 2018: JOAN VS MARION?

sumber image: official website Indonesian Idol

Jakarta – Selasa 30 Januari 2018, babak Spekta 1 Indonesia Idol tahun ini akhirnya masuk ke babak eliminasi. Lha, kok jbkderry.com bahas kompetisi bernyanyi anak zaman now?

Jawabannya, sekali-sekalilah kita keluar dari zona nyaman untuk tahu kalo hidup gak itu-itu saja…, cmiiaw.

Kembali ke soal babak Spekta 1 semalam yang menyingkirkan Mona Magang asal Atambua, Nusa Tenggara Timur. Itu berarti tinggal 11 peserta yang akan kembali bertarung pekan depan untuk menjadi Idola Indonesia di tahun 2018 ini.

Nah, singkat cerita neeh, pasti sudah mulai unggulkan jagoan masing-masing. Tapi kira-kira siapa yah yang paling kuat kansnya menjadi juara? Yuk, diulas satu persatu sesuai raport masing-masing sejauh ini…

Joanita Chatarine Veroni: Pesona Bintang Berkelas Dunia dari Papua

Sulit tidak menempatkan Joanita Chatarine Veroni atau Joan sebagai kandidat terkuat juara tahun ini. Sejak dari babak audisi, penampilan gadis asal Papua berusia 20 tahun ini telah menyita perhatian para juri.

Maia Estianty salah satu juri yang selalu terkesima dengan penampilan Joan dari awal. “Kamu yang dari awal yang saya tunggu-tunggu dari sekian banyak peserta,” kata Maia di babak audisi.

Warna suara gospel Joan tidak hanya memikat Maia, tapi juga juri lainnya. Di setiap penampilannya, Joan mampu membuat sebagian besar juri memberikan standing ovation.

Bahkan pada saat tampil di babak Top 15, Joan yang tampil membawakan lagu Whole Lotta Woman milik Kelly Clarkson (juara American Idol season 1 tahun 2002), mampu membuat seluruh juri berdiri dari kursinya untuk memberikan tepuk tangan.

Saat itu, Ari Lasso sampai berdiri di atas kursinya sambil bertepuk tangan, “Akhirnya ada penampilan kelas dunia di Indonesia Idol.”

Di babak Spekta 1 semalam, Joan membawakan lagu Mencintaimu dari Krisdayanti dengan gaya gospel-nya dan kembali menawan para juri dan penonton.

Judika sempat bilang jika Joan mengingatkannya pada almarhum Mike Mohede (juara Indonesian Idol musim kedua tahun 2005). S

Seorang kawan baik yang merupakan salah satu spin doctor terbaik di negeri ini sempat bilang, “Kalau urusan kualitas Joan adalah juaranya.”

Bagaimana, kamu setuju?

Marion Rambu Jola Pedy: Mau Rekrut Maia Estianty Jadi Vokalis Ratu

Jika melihat raport perjalanannya di Indonesia Idol 2018, Marion Jola punya kans kuat untuk beradu di babak final bersama Joan.

Gadis asal Kupang (Nusa Tenggara Timur) berusia 17 tahun ini punya warna suara yang seksi dan manja ditopang dengan paras yang cantik khas orang Indonesia yang berkulit sawo matang.

Saat tampil di audisi dengan membawakan lagu “That’s What I Like” dari Bruno Mars, Marion atau akrab juga disapa Lala langsung berhasil menyita perhatian juri.

Maia Estianty sempat bilang, “Kamu punya paket yang hampir lengkap. Aku kasih jempol lima (pinjam satu jempol Bunga Citra Lestari).”

Videonya saat audisi ini juga yang paling banyak ditonton di antara para kontestan lainnya di kanal YouTube Indonesian Idol.

Sama dengan Joan, Marion pun sempat mendapatkan standing ovation dari kelima juri. Di babak Showcase 2, membawakan lagu “Dekat Di Hati” dari RAN, Marion sukses memukau kelima juri dan seluruh penonton.

Ari Lasso menyebutnya sebagai penampilan yang luar biasa. “Keren sekali. Kamu punya aura bintang,” kata mantan vokalis Dewa 19.

Selanjutnya di babak Top 15 dan babak Spekta 1, aura kebintangan Marion terus berlanjut. “Kamu seperti gak ikut Idol, sudah kayak tampil di showcase kamu sendiri. Alus pisan,” kata Armand Maulana.

Di babak Spekta 1, Marion membawakan lagu “Firasat” dari Marcell dan Maia Estianty sempat berujar, “Andai Ratu masih ada, kamu pasti saya rekrut jadi penyanyiku.”

Ucapan yang membuat Marion langsung semringah dan antusias. Dengan puja – puji dari para juri, Marion nampaknya punya kans kuat sampai di Babak Final Indonesian Idol 2018. Bagaimana, kamu setuju?

Ghea Indrawari: Keyakinan dari Armand Maulana & No. 1 di Trending YouTube

Suaranya yang unik membuat Ghea Indrawari, gadis 19 tahun asal Singkawang (Kalimantan Barat), juga punya kans kuat menjadi yang terbaik di Indonesian Idol 2018.

Terlebih Ghea juga punya paras yang cantik dan imut.

Di babak audisi, Maia Estianty sempat berujar, “Kamu lucu suaranya yah?! Suaramu mengingatkan aku pada Gita Gutawa.”

Armand Maulana pun punya komentar, “Saya punya keyakinan kamu bisa sih jadi seseorang di (industri) musik Indonesia. Tongkrongan kamu pun pas dengan suara yang unik.”

Di babak Elimination 1, Ghea pun sukses membuat satu studio terpukau dengan kualitas suara dan kemampuannya bernyanyi.

Apiknya lagi, Ghea mampu membawakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan sama baiknya. Menurut jbkderry.com, penampilan terbaik Ghea adalah di babak Showcase 2 saat membawakan lagu Akad dari Payung Teduh. Sampai sukanya, sudah diunduh dalam format MP3 ke USB buat disetel di Darth Vader pas bepergian.

Terbukti di lagu ini, Ghea berhasil mendapat standing ovation dari kelima juri…

“Gila, kamu nyanyinya keren banget,” kata Judika.

“Kamu yang karakternya salah satu yang paling kuat,” kata Bunga Citra Lestari.

Di babak Spekta 1, Ghea membawakan lagu “Kangen” dari Dewa 19 dengan gaya khasnya dan saat artikel ini diturunkan jadi Trending Nomor 1 di YouTube.

“Ghea, teruslah menyanyi untuk aku, eh, untuk Indonesia.”

Kuda Hitam: Maria Simorangkir, Ahmad Abdul & Chandra Wahyudi

Maria Simorangkir, gadis 16 tahun asal Medan dan menjadi kontestan termuda di Indonesian Idol kali ini pas menjadi kandidat kuda hitam terkuat. Maia Estianty pun memuji teknik menyanyi yang bagus banget, meski secara rasa masih belum dapet.

Ari Lasso memujinya sebagai penyanyi yang cerdas, karena diarahkan sedikit langsung bisa.

Melihat Maria menyanyikan “Apakah Ini Cinta” (Judika) di babak Spekta 1 agak mengingatkan jbkderry.com pada warna vokal Anggun, setuju gak?

Ahmad Abdul, kontestan berusia 27 tahun asal Kupang (NTT) sebenarnya tampil senantiasa memukau mulai dari babak audisi hingga babak showcase, khususnya di lagu-lagu berbahasa Inggris. Sayangnya ketika di babak Top 15 dan Spekta 1 saat membawakan lagu berbahasa Indonesia, para juri menilai Ahmad Abdul kurang piawai. Bagaimana menurut Anda?

Kuda hitam ketiga adalah Chandra Wahyudi (24 tahun) asal Balikpapan menjadi satu-satunya kontestan bergenre “rock” yang tampil menembus babak Spekta 1.

Gaya rambutnya yang gondrong mekar sudah menunjukkan identitasnya yang rock abeessss. Kepiawaian bernyanyi genre rock juga telah memberikannya banyak penghargaan sebelum mengikuti Indonesian Idol 2018.

Chandra pun piawai menirukan beberapa genre suara seperti Armand Maulana, Ebiet G Ade, dan Iwan Fals. Keren, kan…

Menurut Judika, warna suara mirip Virzha (Indonesian Idol). Di babak Spekta 1 semalam, Chandra memberi warna rock pada lagu “I’m sorry goodbye” yang aslinya dibawakan oleh Krisdayanti.

Chandra berhasil mengundang pujian dari seluruh juri; Ari Lasso, Maia Estianty, Judika dan Armand Maulana. Bagaimana pendapatmu?

Bagus Tapi…

Peserta babak Spekta 1 yang berikut yaitu Ayu Putri Sundari, Glen Samuel dan Achmad Kevin Aprilio juga bagus dan acap kali mendapat pujian dari para juri, tapi paket magnetnya masih kalah pamor dari kontestan di atas.

Terbukti ketiganya sempat berada di posisi terbawah, dan pernah diselamatkan oleh para juri.

Whitney dan Jodie

Whitney (17 tahun) asal Ambon sebenarnya punya reputasi dan prestasi yang baik sebelum ikutan Indonesian Idol, namun semakin ke sini, Whitney nampak sudah semakin krisis kepercayaan diri. Mungkin minder dengan kualitas kontestan lainnya di babak Spekta.

Whitney pun sempat masuk bottom 2 di babak Spekta 1 bersama Mona.

Jodie (21 tahun) asal Jogjakarta sebenarnya juga beberapa kali mendapat kritikan dari para juri, namun basis penggemarnya yang cukup luas masih mampu menyelamatkannya.

Wuih, gak terasa sudah jam delapan malam WIB nih buat artikel ini, dari siang tadi. Okelah, sudah dulu. Silakan tinggalkan komentar di bawah jika punya pendapat lain. Terima kasih sudah menyempatkan membaca. Jangan lupa Follow by alamat email untuk dapat update terbaru dari jbkderry.com.

Selamat malam…

2 Replies to “INDONESIAN IDOL 2018: JOAN VS MARION?”

  1. Sama Bang,aku juga selalu nonton Indonesian Idol. Ghea itu imut,girly penampilannya,bikin gemez dan punya suara bagus. Marion itu aura bintangnya kuat banget. Kalo disuruh milih antara Ghea dan Marion kayaknya yang jadi juara Marion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s