KUPAS KEHADIRAN ALL NEW MAZDA CX-9 DI INDONESIA DENGAN SECANGKIR KOPI

All New Mazda CX-9 mengusung mesin SkyActiv-G 2.5L Turbocharged 228 hp dan 420 Nm (sumber foto: Mazda Indonesia).

Jakarta – Kamis 1 Februari 2018, pihak distributor resmi Mazda di Indonesia memperkenalkan model kendaraan SUV terbarunya, All New Mazda CX-9.

Ulasan lengkapnya pun sudah seabrek di media online. Cukup masukkan kata kunci “Mazda CX 9” di Google, dan Anda bisa menemukan seabrek informasi di sana.

Secara sederhana, All New Mazda CX-9 mengusung mesin SkyActiv-G 2.5L (2.500cc) 4-silinder segaris DOHC 16V Turbocharged, dengan daya maksimum 228 hp / 5.000 rpm dan torsi maksimum 420 Nm yang dicapai pada putaran mesin rendah 2.000 rpm.

Transmisinya otomatis enam percepatan yang telah dilengkapi teknologi SkyActiv Drive) yang menyalurkan tenaga ke penggerak roda depan (Front Wheel Drive). Bannya menggunakan ukuran 255/50R20 (wow, diameter velg-nya gede, gan).

Harganya? Untuk on the road Jakarta yaitu Rp798.800.000,- (on the road Jakarta dan harga bisa berubah sewaktu-waktu), dan ada tambahan Rp4.000.000,- untuk pilihan warna Crystal Soul Red dan Machine Grey.

Nah, sebagai media yang menyasar audiens penggemar (minum) kopi, jbkderry.com pun lebih tertarik mengulasnya dari gaya ciri khasnya.

Yuk, mari diulas…

Kelebihan Kenyamanan Berkendara & Desain Terbaik

sumber image: Mazda Indonesia

Di antara brand asal Jepang yang senantiasa memperhatikan kualitas terdepan, Mazda adalah salah satu yang terbaik.

jbkderry.com pun percaya, kualitas produknya sudah pantas disandingkan dengan produk dari brand asal Jerman seperti BMW, Audi dan Mercedes-Benz.

Masih teringat beberapa waktu lalu, saat menghindari kejaran polisi pakai Mazda CX-7 di tol JORR, ataupun saat ngajak keluarga buat weekend escape bareng keluarga ke Trans Studio Bandung dengan Mazda CX-5.

Belajar dari pengalaman itu, rasanya tidak perlu disangsikan jika All New Mazda CX-9 sangat nyaman dikendarai sebagaimana semangat Zoom-Zoom.

Tidak heran jika di negara-negara maju, varian SUV dari Mazda ini dapat meraih penghargaan prestisius. Di ajang Automobile Journalists Association of Canada (AJAC) 2018 yang diumumkan tanggal 18 Januari lalu, Mazda CX-9 diganjar penghargaan Best Large Utility Vehicle di Kanada untuk tahun 2018. Sementara Mazda CX-5 diganjar penghargaan Best Small Utility Vehicle di Kanada pada tahun 2018.

Eh, belum sempat bahas kelebihannya secara spesifik yah? Awrait, All New Mazda CX-9 yang pasti adalah desain khas Mazda (KODO – Soul of Motion) yang menghasilkan sentuhan lekukan indah, dinamis, atletis dan enak dilihat.

Kalo soal teknologi apalagi kalau bukan soal SKYACTIV yang fokus pada pengembangan kontrol gerak kendaraan yang mutakhir.

Target Market & Tantangan Pasar

Dengan kapasitas tujuh kursi tempat duduk, All New Mazda CX-9 pas ditempatkan sebagai family SUV yang sangat recommended saat ini.

Price tag-nya yang nyaris menyentuh Rp 800 juta (alias gak murah) tentu lebih berorientasi pada konsumen yang sudah mengenal kelebihan dan kenyamanan mengendarai Mazda, serta ingin naik kelas.

Buat jbkderry.com, banderol harga Rp 800 juta pas untuk All New Mazda CX 9 sah-sah saja dengan kelebihan kenyamanan, keamanan dan aplikasi teknologi yang ditawarkan.

Lembaga pengetesan level keamanan di Australia yaitu Ancap (Australasian New Car Assessment Program) memberikan level keamanan terbaik 5-Bintang untuk Mazda CX-9).

Fitur perangkat safety-nya memang terhitung lengkap, gan…

Yang menjadi tantangan adalah dengan budget segitu, konsumen pun sudah bisa mendapatkan SUV produksi BMW seperti X1 sDrive 18i xLine yang banderol resmi Rp771 juta (on the road Jakarta dan harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu), ataupun Mercedes-Benz GLA 200 Line seharga Rp739 juta (off the road, dan harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Ya, Anda bisa berargumen, “Hey, produk itu kan gak sekelas khususnya secara dimensi, kapasitas mesin dan performanya! Kan BMW seperti X1 sDrive 18i xLine mesinnya “cuma” 1.5L (1.499cc) 3-silinder 136 hp dan 220 Nm. Pun demikian dengan Mercedes-Benz GLA 200 Line kan “cuma” 1.6L (1.595cc) 4-silinder 154 hp dan 250 Nm!”

Bener, jbkderry.com hanya melihatnya dalam perspektif Gaikindo sebagai payung industri otomotif di Indonesia, jika ketiganya masuk dalam kategori SUV.

Yang sekelas dong?! Awrait, bagaimana kalau dibandingkan dengan BMW X5 xDrive35i x Line (Rp 1,47 miliar, on the road Jadetabek, harga bisa berubah sewaktu-waktu) dan Mercedes-Benz AMG GLE 400 AMG Line (Rp1,309 miliar, off the road, harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Bandingin apanya yah?! Paling umumnya performa mesin. Baiklah, BMW X5 xDrive35i x Line yang mengandalkan mesin 6-silinder berkapasitas 3,0L (2.979cc) punya tenaga puncak 306 hp / 5.800 rpm dan torsi maksimal 400 Nm yang dicapai secara merata mulai putaran mesin 1.200 hingga 5.000 rpm (wow, sama artinya gak pernah kendor dari atas sampai bawah, gan).

Ban standarnya menggunakan ukuran 255/50R19.

Bagaimana dengan Mercedes-Benz GLE 400 AMG Line? SUV kelas premium yang telah di CKD di Indonesia ini mengandalkan mesin V6 3.0L (2.996cc) dengan tenaga puncak 328 hp  yang dicapai rata mulai putaran mesin 5.250 – 6.000 rpm dan torsi maksimal 480 Nm yang dicapai merata mulai putaran mesin 1.600 – 4.000 rpm.

Mercedes-Benz GLE 400 AMG Line menggunakan sistem penggerak roda permanen All-Wheel Drive. Bannya menggunakan ukuran 255/55R18.

Bagaimana, semoga cukup yah?!

Pendapat jbkderry.com?

Sebenarnya nih yah kalau dari pertimbangan dan pengalaman dari dapur jbkderry.com, ketinggian untuk membandingkan All New Mazda CX-9 dengan BMW X5 xDrive35i x Line dan Mercedes-Benz GLE 400 AMG Line.

Selain pertimbangan nilai prestisius, keduanya juga punya nilai heritage dan jam terbang pabrikan yang lebih tinggi dibanding brand Asia khususnya dalam pengembangan teknologi, meski secara gap semakin terkikis dan bersaing tapi tetap ada.

Pada bulan Februari 2016, jbkderry.com pernah mewancarai  Carsten A. Bauer yang saat itu menjabat sebagai Deputy Director Sales Planning & Product Management dari PT Mercedes-Benz Indonesia. Ia menuturkan, meski terus dikejar dalam hal pengembangan teknologi, namun ia yakin jika pabrikan Jerman khususnya Mercedes-Benz masih tetap di atas kemampuan brand Asia.

Tapi kok jbkderry.com membandingkan All New Mazda CX-9 dengan BMW seperti X1 sDrive 18i xLine dan Mercedes-Benz GLA 200 Line? Ya, itu tadi dengan budget Rp 800 jutaan, Anda sudah bisa dapat SUV dengan brand Jerman lho, meski secara dimensi, spesifikasi dan performa mesin lebih rendah.

Lalu siapa sebenarnya rival sepadan untuk All New Mazda CX-9? jbkderry.com sepakat dengan ulasan dari Kelley Blue Book di Amerika Serikat (link di sini), Motoring di Australia (link di sini), dan The Car Connection (link di sini) jika rival sepadan untuk All New Mazda CX-9 yang ada di Indonesia adalah Hyundai Santa Fe.

Argumen terkuat yah tentu soal dimensi yang sekelas dan kapasitas tempat duduknya yang tiga baris untuk tujuh orang penumpang. Hyundai Santa Fe hadir dengan pilihan mesin bensin Theta II 2.4 MPI DCVVT 176 ps dan 310 Nm (Rp498 juta – Rp509 juta, on the road Jadetabek dan harga bisa berubah sewaktu-waktu), dan yang paling tepat meski bermesin diesel adalah Santa Fe CRDi-VGT (Rp541,4 juta – Rp552 juta on the road Jadetabek, harga sewaktu-waktu dapat berubah) karena memiliki tenaga 197 ps / 3.800 rpm (lebih keci dibanding All New Mazda CX-9) dan torsi 422 Nm yang dicapai merata mulai putaran 1.800 – 2.500 rpm (sedikit di atas performa All New Mazda CX-9).

Disamping desain, dimensi dan kapasitas penumpang yang sekelas, Hyundai Santa Fe juga dilengkapi transmisi otomatis 6-percepatan dan sistem penggerak roda depan (FWD).

Ban Khusus Mobil Berdesain SUV

Nah, jika Anda tengah mencari ban mobil berdesain SUV dengan kualitas terdepan dan harga lebih ramah pilihannya ada GT Radial Savero SUV.

Penasaran? Yuk mampir baca-baca di MEMBELAH HUJAN DI TOL CIPULARANG DENGAN GT RADIAL SAVERO SUV dan MENGULAS BAN GT RADIAL SAVERO SUV. 

Ok gan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda khususnya calon peminat All New Mazda CX-9. Jangan lupa Like dan Follow jbkderry.com, Subscribe di kanal YouTube “Derry Journey” dan juga follow Instagram @derry.journey.

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa bahagia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s