SATU MOMEN EMOSIONAL LEBIH TINGGI BUAT HAFIZH SYAHRIN

sumber foto: Istimewa

Mancanegara (Malaysia) – Dalam dua hari terakhir, nama Hafizh Syahrin menggelembung sedemikian tinggi di kalangan media otomotif dunia, termasuk di Indonesia.

Sebelum dikira ikut-ikutan latah, jbkderry.com pada tanggal 11 September 2017 secara khusus pernah mengulas perjuangan Hafizh Syahrin di sirkuit Misano – Italia setelah berhasil meraih podium ketiga di ajang Moto2.

(Baca HAFIZH SYAHRIN & PODIUM EMOSIONAL DI MOTO2 SIRKUIT MISANO 2017)

Ya, itu bukan kali pertama dia meraih podium di ajang Moto2, tapi yang pertama kali didapatkan pembalap berusia 23 tahun itu di luar Malaysia.

Dengan terisak-isak, Hafizh mengungkapkan perasaannya saat itu soal pencapaian di sirkuit Misano saat itu, “Selama ini saya selalu berusaha belajar dari setiap kesalahan, terus maju dan menekan. Terima kasih kepada Tuhan, seluruh tim dan keluarga yang terus mempercayai saya.

Berkah Tidak Terduga

18 Januari 2018, sebuah berita cukup mengejutkan hadir dari pentas MotoGP. Pasalnya Jonas Folger, pembalap Monster Yamaha  Tech 3, menyatakan mundur dari kejuaraan para raja balapan roda dua paling terkemuka di jagat raya itu.

Sebenarnya berita gak mengejutkan banget juga sih. Pasalnya di empat seri tersisa MotoGP tahun lalu, pembalap berkebangsaan Jerman berusia 24 tahun lalu itu absen karena masalah penyakit yang dideritanya. Meski di awal musim 2017, Jonas sempat disebut-sebut juga menjadi salah satu kandidat terkuat pengganti Valentino Rossi di tim pabrikan Movistar Yamaha MotoGP.

Seketika para awak media banyak melakukan spekulasi pemberitaan siapa yang bakal jadi pembalap penggantinya sekaligus menjadi rekan setim Johann Zarco yang baru. Dan uniknya tidak ada satu pun yang menyebut nama Hafizh Syahrin.

Dan kejutan pun mencuat di hari Senin 5 Februari 2018, setelah situs resmi MotoGP memberitakan jika Hafizh Syahrin diberi kesempatan tes menguji Yamaha YZR-M1 milik tim Monster Yamaha Tech 3 pada saat sesi tes resmi MotoGP di sirkuit Buriram Thailand pada tanggal 16 Februari 2018 mendatang.

Wuih, sebuah kesempatan emas buat anak muda Malaysia itu. Sementara kita di Indonesia masih sibuk gontok-gontokan masalah “kebenaran”, di negeri tetangga mulai menapaki jejak ke jenjang prestasi berkelas dunia yang lebih tinggi.

Tim Monster Yamaha Tech3 bersama para sponsornya pun telah menyatakan keseriusannya untuk mengevaluasi performa Hafizh Syahrin untuk menjadi pembalap permanen di musim balap 2018.

“Pertama, saya ingin berterima kasih Herve Poncharal (Team Principal dari Monster Yamaha Tech 3) untuk kesempatan ini, dan tentunya seluruh tim Monster Yamaha Tech 3). Saya akan mengeluarkan segenap kesempatan terbaik selama tiga hari tes di Thailand. Buat saya ini tentu adalah sebuah mimpi besar yang terkabulkan jika dapat membalap di kelas MotoGP. Saya sadar saya harus belajar banyak berada di atas Yamaha YZR-M1, sekaligus memahami kinerja tim yang sudah sarat pengalaman. Saya sudah tidak sabar untuk memulai tes ini.

“Saya menyambut senang sekaligus  merasa terhormat bisa mendapatkan Hafizh Syahrin untuk tes di Buriram,” kata Herve Poncharal.

“Meski cuma tes selama tiga hari, tetapi saya memiliki kepercayaan jika Hafizh akan menunjukkan kemampuan terbaik yang dia miliki. Dia masih mudah, baru 23 tahun, dan telah memperoleh beberapa kali podium di ajang Moto2 yang tentu saja tidak mudah untuk meraihnya. Dia pun bisa mengakhiri balapan Moto2 2017 di dalam posisi 10 besar, yang berarti merupakan sebuah pencapaian yang tinggi, karena saya tahu bagaimana tingkat kesulitan di dalamnya. Saya sudah beberapa kali bisa mengemukakan, lebih menyenangkan memiliki pembalap muda potensial ketimbang memiliki pembalap yang sudah jadi. Kami akan membuat keputusan final setelah sesi tes di Buriram, tapi sebelumnya saya ingin berterima kasih pada Razlan Razali dari Sepang International Circuit, yang juga merupakan team manager dari Hafizh Syahrin.”

Balapan MotoGP 2018 sendiri sedianya akan berlangsung 19 seri, dimana seri pertama akan dimulai pada tanggal 18 Maret 2018 di Qatar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s