HARGA HONDA PCX LOKAL SUDAH DIUMUMKAN RP27 JUTA HINGGA RP 30JUTA

Sumber foto: Facebook Astra Honda Motor

Jakarta – Bagaimana ekspresimu membaca judul artikel di atas, kaget? Jika jawabannya “iya”, redaksi jbkderry.com juga sama.

Bagaimana enggak kaget, kalau harga resmi Honda PCX lokal ternyata lebih rendah ketimbang pengumuman awal yang disebut di kisaran Rp27 juta hingga Rp32 juta. Bahkan jagat dunia maya pun sempat dibuat heboh setelah pihak Wahana Honda melansir taksiran harga Rp28 juta – Rp34 juta di Twitter resmi mereka

Dan hari ini Rabu 7 Februari 2018 tuntas sudah semua teka-teki.

Pihak APM Honda di Indonesia mengumumkan harga Rp27,7 juta untuk versi CBS dan Rp30,7 juta untuk versi rem ABS. Wuih, harganya ngajak Yamaha NMax dalam perang yang sangat ketat, guys

Yup, bener. Pasalnya penetapan harga Honda PCX lokal ini lebih rendah dibanding pengumuman awal, dan sangat mepet dengan harga Yamaha NMax yang harganya mulai Rp26,3 juta hingga Rp 30,2 juta.

Artinya di varian terendah selisihnya cuma Rp1,4 juta dan di varian tertinggi selisihnya lebih ketat lagi yaitu hanya Rp500 ribu.

Pusing?

jbkderry.com yakin langsung banyak yang tercengang sekaligus galau nih, “Jadi pilih mana Honda PCX lokal 150cc atau Yamaha NMax 155? Mohon pencerahan dong.”

Di sini perang strategi komunikasi pabrikan akan menjadi salah satu faktor kunci. jbkderry.com pernah mengulas artikel khusus mengenai hal ini, baca DUA STRATEGI KUNCIAN HONDA KUASAI PASAR SEPEDA MOTOR DI iNDONESIA

Buat yang malas baca banyak, intinya artikel di atas bahas tentang APM sepeda motor Honda acapkali menggunakan dua strategi; (1) Meniru desain dan menetapkan harga mepet pada produk kompetitor terdekat; (2) Membayar biaya promosi yang besar di media-media mainstream ataupun media alternatif (blogger, vlogger dan social media influencer) yang punya followers buanyak.

Poin kedua gunanya apa? Yah, untuk menaikkan awareness atau sederhananya perhatian publik secara luas pada profil produk Honda. Sukses kah? Besar kemungkinan jawabannya iya kalau melihat fakta-fakta yang sudah ada.

Apakah produk Honda lebih baik?

Jawabannya “sulit memberikan jawaban pasti dan  memuaskan” jika faktor pertimbangan merek lebih mengemuka atau dikedepankan.

Kenapa?

Karena konsumen di segmen entry – medium level masih tetap dominan pada pertimbangan brand atau merek, jadi sifatnya emosional lebih dikedepankan dalam membeli produk kendaraan sepeda motor.

Jadi?

Nah, Anda membeli skuter matik ini lebih karena pertimbangan perbandingan merek “Honda versus Yamaha” atau “kualitas Honda PCX lokal 150cc atau Yamaha NMax 155”?

Kalau jawabannya yang pertama, maka itu sama saja dengan membahas “makan bubur ayam diaduk apa enggak?”. Tapi kalau yang kedua, berarti Anda sudah masuk ke dalam kategori smart buyers alias pembeli cerdas.

Kok bisa?

Karena secara kualitas, Yamaha terus mengibarkan perlawanan untuk melewati Honda secara maksimum.

Tahukah Anda jika kalimat “MAXI” dalam keluarga skutik premium Yamaha mulai Lexi, Aerox 155 VVA, NMax 155, hingga XMax 250cc mengandung makna “kebanggaan dan kesenangan berkendara”?!

Lalu?

Selain pengembangan produk skutik yang nyaman dikendarai dan punya kebanggaan saat dimiliki, para engineer Yamaha pun terus merangsek ke teritori atau trademark Honda selama ini yaitu soal keiritan.

Melalui teknologi mesin yang telah menggunakan DiASil Cylinder dan Forged Piston yang membuat performa mesin lebih meningkat, lebih efisien dalam konsumsi BBM serta lebih awet dalam usia penggunaan.

Bahkan kini lebih advance alias lebih canggih lagi dengan keberadaan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Kedua aplikasi teknologi yang telah disematkan pada NMax 155 VVA membuat kinerja mesin lebih efisien dalam konsumsi BBM namun di saat yang bersamaan lebih bertenaga dari putaran mesin bawah hingga atas.

jbkderry.com bela Yamaha?

Enggaklah, setidaknya belum hingga artikel ini dibuat dan diturunkan. Jadi objektivitas artikel ini masih dapat diklasifikasikan tetap terjaga.

Jadi pertimbangannya apa ulasan ini?

Semata untuk memberikan panduan dan gambaran pemetaan minat beli Anda yang bingung memilih Honda PCX lokal 150cc atau Yamaha NMax 155 VVA.

Jika Anda fan base atau penggemar fanatik Honda atau Yamaha, maka artikel ini gak ada gunanya.

Tapi jika Anda masuk dalam kategori smart car buyers yang memperbandingkan kualitas dan kelebihan yang bisa didapatkan, maka artikel ini diharapkan bisa memberikan manfaat.

Silakan tinggalkan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca yah, guys.

Stay awesome…

Baca juga ANALISIS MARKETING A LA WARUNG KOPI HONDA PCX LOKAL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s