PR WAR DARI SECANGKIR KOPI SEORANG JURNALIS

Tim PR PT Toyota Astra Motor dengan para pewarta foto dengan latar All New Toyota Rush (foto: Dokumentasi om Rouli Sijabat)

Jakarta – Rabu 7 Februari 2018, sebagai media penggembira jbkderry.com cukup memantau pergerakan informasi khususnya bidang otomotif dari aktivitas tim PR yang berseliweran di sosial media.

Untunglah sekarang di jaman now yang sudah digital, cukup mudah melihat pergerakan arus informasi tersebut.

Dan di hari itu, ada satu hal yang cukup unik (entah janjian atau sudah saling tahu), yaitu pergerakan tim PR Mitsubishi untuk Xpander dan pergerakan tim PR Toyota untuk All New Rush.

Menurut kacamata, eh, seruputan secangkir kopi jbkderry.com, kedua agenda kegiatan kedua brand tersebut pada 7 Februari 2018 cukup menarik untuk diulas dan diberitakan.

Bahkan seperti yang diterakan di judul artikel ini, kedua aktivitas PR ini sudah pas dikategorikan sebagai “PR WAR” untuk membangun atau bahkan saling berebut atensi publik dengan meminjam perpanjangan tangan para jurnalis undangan.

Yuk mulai ulas satu-satu yah…

Aktivitas Liputan Produksi Mitsubishi Xpander 

sumber foto: Dokumentasi Jerry Amran – Section Head PR & CSR Section Coordination Office PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) 

Di hari itu, tim PR Mitsubishi sekali lagi mengajak para jurnalis dari media-media mainstream untuk berkunjung ke pabrik mereka di Cikarang, tempat di mana bintang penjualan mereka yaitu Xpander diproduksi.

Terlepas dari informasi kapasitas produksi Xpander yang kabarnya akan digenjot hingga 10 ribu unit per bulan untuk mengejar permintaan domestik yang kabarnya membludak lebih dari 50 ribu unit hingga Januari 2018, ada nilai lebih dari perspektif PR yang jbkderry.com lihat.

Apa itu? Tentu yang utama adalah pihak APM Mitsubishi Indonesia menggandeng para jurnalis media mainstream sebagai pihak ketiga, jika mereka enggak kendor dalam memenuhi permintaan konsumen bahkan menaikkan kapasitas produksi demi mempercepat pemenuhan pesanan konsumen.

Upaya membangun awareness atau perhatian publik ini tentu sangat penting bagi Mitsubishi, mengingat ini pertama kali mereka sukses besar di segmen kendaraan penumpang melalui Xpander. Dan mereka pun punya kans menjadi raja baru di segmen terpopuler di Indonesia yaitu low MPV.

Bukan apa-apa, jika hal ini tidak diberitakan bisa jadi calon peminat memalingkan perhatian dari Xpander ke produk lain, karena alih-alih lamanya masa menunggu untuk terima unit kendaraan pesanan.

Kalau dialihkan memang kans terbesar ke mana? Nah, itulah yang menjadi inti pesan di artikel ini, yaitu All New Toyota Rush.

Aktivitas Sesi Foto  All New Toyota Rush di Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Di hari yang sama pula, melalui hasil stalking di Instagram om Rouli Sijabat yang merupakan PR Manager PT Toyota Astra Motor, ditemukan informasi kegiatan melibatkan All New Rush dan model cantik di Bandung.

Bertempat di Taman Hutan Raya – Dago Pakar yang merupakan kawasan wisata dekat kota Bandung, om Rouli Sijabat nampak beberapa pewarta foto untuk melakukan sesi foto All New Toyota Rush. Dan tidak hanya sekadar foto, pasalnya seorang model cantik bernama Putri Ariania juga diajak sebagai model.

Buat yang penasaran melihat kecantikan Putri Ariani bisa segera bergegas stalking akun Instagramnya di @utiariani. Sekilas kecantikannya mengingatkan pada pemeran Bella Swan di film Twilight, setuju gak?

Ya, meski banyak yang membantah keduanya bertarung di kelas yang sama, kenyataannya Mitsubishi Xpander beririsan All New Toyota Rush sangat banyak di berbagai sisi.

Yuk, kalkukasi di antaranya yaitu sama-sama mengusung mesin 1.500cc, sama-sama berkapasitas tujuh penumpang, rentang harganya mirip, plus yang keduanya mengusung DNA SUV.

Mitsubishi menyebut Xpander sebagai small MPV dengan cita rasa SUV yang kental, sementara Toyota menyebut All New Rush sebagai Small SUV (yang kuat rasa MPVnya karena sekarang ban serep sudah gak digendong plus juga memprioritaskan kapasitas tujuh kursi duduk, sementara versi sebelumnya lebih ke lima kursi duduk).

Ya, kira-kira begitu saja artikel ringan kali ini. Meski mungkin kelihatannya remeh temeh dari perspektif nilai jurnalistik, tapi rasanya sayang juga kalau enggak diangkat. Toh, jbkderry.com kan media ringan, seringan seruputan nikmatnya kopi di waktu sore yang mendung di luar sana.

Terima kasih sudah membaca, guysStay awesome.

Oh iya, kalau kalian lebih suka Mitsubishi Xpander atau All New Toyota Rush?

Tim PR PT Toyota Astra Motor (TAM) bersama sang model Putri Ariani dan All New Toyota Rush (sumber foto: dokumentasi om Rouli Sijabat).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s