MELONGOK PASAR MOTOR TRAIL SEKEN 2018

Jakarta – Hobi main trail memang gak ada matinya, informasinya pun makin marak akhir-akhir ini seiring sang pemimpin pasar, Honda, turut bermain secara agresif yaitu CRF150L dan CRF250Rally.

Kehadiran kedua model trail dari Honda ini semakin meriuhkan pasar Kawasaki KLX150 dan KLX250.

Nah, buat yang baru main enggak ada salahnya berburu trail seken. Meski untuk itu, tetap harus ada hal-hal yang harus diperhatikan jangan sampai alih-alih ingin paket hemat tapi malah salah beli.

Mengingat motor trail cukup banyak yang di-custom, sebaiknya harus lebih detail memperhatikan spesifikasi dan kondisi trail yang dibidik. Cara termudah sih kalau beli sama orang yang sudah dikenal baik, ataupun showroom motor bekas terpercaya. Sementara kalau diawali pembicaraan secara online, baiknya bawa teman atau kenalan yang ngerti pada saat akan melakukan transaksi.

Hal umum lain yang krusial untuk diperhatikan adalah kondisi mesin, chassis dan kaki-kaki. Yah, namanya tiga sektor ini yang mendapat beban paling berat saat diajak melibas trek off road. Untuk itu pastikan test ride terlebih agar bisa merasakan kondisi motor khususnya di ketiga bagian itu.

Nah, jika sudah memahami tips-tips dasar, saatnya berburu, guys…

Suzuki TS 125

Trail lawas bermesin dua tak 125cc ini harganya cukup variatif, karena versi standarnya banderolnya lebih tinggi dibanding versi customnya. Jika melihat info di OLX, harganya kisaran Rp 15 jutaan – Rp 40 jutaan.

Suzuki TS125 disukai para penggemar trail paket hemat, karena akselerasinya cukup baik dan bobotnya ringan plus suku cadangnya mudah didapat, meski pihak Suzuki tidak lagi memasarkannya saat ini.

Karena kelebihannya itu, harga TS 125 sangat beragam dan variatif di pasaran.

Kawasaki KLX 150

Karakter mesin 4-tak Kawasaki KLX 150 tentu tidak seagresif Suzuki TS 125, namun yang lebih senang dengan penampilan desainnya lebih modern.

Masuk ke dalam kategori motor hobi, harga Kawasaki KLX 150 juga variatif. Di situs OLX, harganya antara Rp 15 juta – Rp 30 juta (wuih, nyaris setara harga barunya, gan). Ya, bahkan ada yang lebih tinggi jika sudah dimodifikasi.

Pilihan Lain

Selain kedua model trail di atas, tentu masih ada pilihan lain meski banderol harga dan spesifikasinya lebih tinggi.

Buat yang ingin kapasitas mesin yang lebih besar pilihan trail seken di antaranya Kawasaki KLX250, Honda CRF230, KTM 200, dan Yamaha WRF250.

Mau yang lebih mahal ada di antaranya KTM 250, Honda CRF 250X, dan Husqvarna TE 250.

Pilihan-pilihan ini tentunya lebih pas buat yang sudah berpengalaman main trail, sementara untuk pemula pilihan terfavorit Suzuki TS 125 atau Kawasaki KLX 150.

Ban Khusus Trail dari IRC

Produsen ban IRC juga menyediakan pilihan ban trail. Buat pehobi motor trail yang ingin ban yang bisa diajak on dan off road, pilihannya ada ban IRC GS45 yang memiliki pengendalian yang mudah baik di jalan biasa maupun berbatu.

Ban IRC GS45 punya profil kembangan yang kasar dan kokoh, serta konstruksi yang kuat.

Nah, yang hobi ikutan kompetisi off road, pilihannya ada ban IRC iX-05H. Ban ini memiliki spesial kompon dan kontruksi untuk pemakaian yang ekstrim, sehingga memberikan performa terbaik di medan yang ekstrim.

Buah pehobi motocross, pilihannya ada iX-09W yang memiliki fitur spesial kompon dan konstruksi untuk pemakaian yang ektrim, serta kombinasi bentuk kembangan yang kasar dan kokoh. Dengan fitur yang membekalinya, ban IRC iX-09W memiliki performa terbaik di medan yang ekstrim, serta daya cengkeram yang luar biasa di segala medan.

Lalu ada ban IRC TR yang secara peruntukan mirip dengan GS45 karena bisa dipakai di permukaan aspal maupun tanah. Ban ini memiliki karakter fitur dengan blok kembangan ban yang relatif besar, serta memiliki daya cengkeram yang baik dan tahan lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s