HONDA TARIK 350 RIBU UNIT CR-V TURBO DAN CIVIC 1.5L KARENA POTENSI MASALAH DI MESIN

Mancanegara (China) – Senin 12 Februari 2018, Honda yang melakukan joint venture dengan Dongfeng Motor Group Co Ltd mengumumkan kampanye penarikan pada sekitar 350 ribu unit mobil produksinya untuk model CR-V dan Civic karena potensi masalah pada mesin 1.5L Turbo.

Pihak Honda dalam pernyataan resminya sebagaimana dikutip dari situs The Star Online menyebut, permasalahan pada pelumasan di oil pan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menyebabkan lampu indikator mesin bermasalah menyala, belum sampai menimbulkan insiden apa-apa  ataupun mempengaruhi performa mesin.

Kedua model kendaraan ini juga telah dipasarkan di Indonesia, meski belum ada informasi lebih lanjut apakah permasalahan yang sama terjadi pada Honda CR-V dan Honda Civic bermesin 1.5 Turbo di China juga terjadi di tanah air. 

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di tanah air sendiri pada dua bulan pertama 2018 ini telah melakukan dua kali mengumumkan upaya penarikan kembali (recall) kendaraan.

Pertama di tanggal 26 Januari untuk pemanggilan untuk 463.891 unit mobil yang terdiri dari lima model kendaraan produksi 2014 – 2017 yaitu Honda Mobilio, Honda Brio, Honda Jazz, Honda HR-V dan Honda BR-V, karena potensi masalah di sistem pengereman.

Kedua pada 1 Februari 2018, HPM kembali mengumumkan recall 4.711 unit kendaraan untuk dua model produksinya yaitu Honda Odyssey dan Honda Accord (produksi 2013 – 2017) karena potensi swicth door mirror.

Untuk Honda Civic 1.5L Turbo sendiri meski belum ada pernyataan resmi, namun pihak HPM tengah menghadapi tuntutan dari seorang konsumennya karena permasalahan di mesin. (silakan baca BELAJAR DARI KASUS TUNTUTAN KONSUMEN HONDA CIVIC TURBO BERMASALAH).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s