4 MENTERI KABINET KERJA JOKOWI JK TEST DRIVE MOBIL LISTRIK DARI MITSUBISHI

Jakarta – Senin 26 Februari 2018, era kehadiran mobil listrik di Indonesia dapat dikatakan semakin dekat, setelah Mitsubishi memberikan donasi 10 unit mobil listrik kepada pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perindustrian.

Seremoni penyerahan 10 unit mobil listrik yang terdiri delapan unit Mitsubishi Outlander PHEV yang berdesain SUV dan  dua unit city car Mitsubishi i-MiEV berjalan semakin istimewa karena dihadiri langsung oleh empat Menteri dan satu wakil Menteri Kabinet Kerja Jokowi – JK. 

Seremoni penyerahan 10 unit mobil listrik Mitsubishi yang diserahkan langsung oleh CEO Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko, diterima langsung Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian, Siti Nurbaya selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Budi Karya selaku Menteri Perhubungan, Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara, serta Mardiasmo selaku Wakil Menteri Keuangan.

Turut hadir pula Unggul Priyanto selaku Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Kepala Korlantas Mabes Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa.

Langkah ini juga merupakan bagian komitmen Pemerintah RI untuk mempercepat pemberlakukan regulasi untuk produksi kendaraan emisi karbon rendah (Low Carbon Emission Vehicle/LCEV), termasuk di dalamnya adalah mobil listrik. Sekaligus menjadi langka serius pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29% secara mandiri dan 41% dengan bantuan internasional pada tahu 2030.

“Salah satu sumber pemanasan global adalah dari emisi gas buang CO2 kendaraan bermotor yang mengkonsumsi bahan bakar fosil,” kata Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, di sela-sela acara serah terima kendaraan listrik.

“Kami berharap kerjasama ini menjadi sebuah langkah positif dalam mempercepat pengembangan teknologi industri otomotif nasional yang ramah lingkungan dengan emisi karbon rendah,” imbuh Airlangga.

Mitsubishi Outlander PHEV yang merupakan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik memiliki kecepatan maksimal hingga 200 km/jam dan dapat menempuh jarak hingga 800 km melalui kombinasi kinerja bahan bakar bensin dan tenaga listriknya. Sedang jika mengandalkan tenaga listriknya bisa menempuh hingga jarak 55 km.

Sedangkan city car Mitsubishi i-MiEV memiliki kecepatan maksimal 120 km/jam dan jarak tempuh 120 km dengan kondisi baterei penuh.

Pada tahun 2025, Pemerintah Indonesia telah menargetkan jika 20 % dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah kendaraan LCEV termasuk kendaraan listrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s