MUKLADA SARAPUECH ASAPI PARA PEMBALAP COWOK DI RACE 2 SERI 1 KELAS AP250 ARRC 2018

Muklada Sarapuech menebus kesalahannya pada race 1, dan menjadi juara pada race 2. (sumber foto: Dok. Muklada Sarapuech)

Mancanegara (Thailand) – Balapan kelas Asian Production (AP) 250 ARRC 2018 nampaknya berjalan jauh lebih seru dan ketat dibanding tahun lalu.

Para pembalap Honda yang sebelumnya agak dominan dengan performa CBR250RR kini harus menarik napas lebih panjang. Persaingan ketat dari para pembalap Yamaha yang mengandalkan YZR250, plus Andy Muhammad Fadly yang mengandalkan performa generasi terbaru Kawasaki Ninja 250 menghadirkan ancaman yang lebih mencekam saat ini. 

Muklada Sarepuech dari tim AP Honda Racing Thailand. (Dok. Muklada Sarapuech)

Gak percaya? Coba deh buka kanal YouTube Asia Road Racing Championship khususnya pas race ke-2 hari ini Minggu 4 Maret 2018. Sepanjang balapan khususnya di paruh kedua pada balapan yang berlangsung 10 lap itu, tidak ada lagi dominasi warna merah.

Setidaknya ada 12 pembalap yang bersaing sangat ketat untuk meraih posisi pertama. Ada lima pembalap Honda, enam pembalap Yamaha, dan AM Fadly dari Manual Tech KYT Racing Team sebagai satu-satunya pembalap yang mengandalkan performa generasi terbaru Kawasaki Ninja 250 yang memang disebut-sebut lebih apik performanya dibanding generasi sebelumnya.

Bahwa akhirnya Muklada Sarapuech dari AP Honda Racing Thailand berhasil keluar sebagai juara pertama sekaligus membayar agresivitas membahayakannya pada race 1 kemarin (Sabtu 3 Maret 2018) pun harus dicapai dengan persaingan yang sangat sengit.

Di lap kedelapan pembalap cewek asal Thailand ini bahkan sempat keluar trek dan sempat tercecer.

Faerozi, pembalap muda berusia 15 tahun andalan terbaru dari tim Yamaha Racing Indonesia pun sempat beberapa kali memimpin di depan pada tiga lap terakhir, namun persaingan memang semakin ketat. Bukan lagi sekadar performa motor yang memegang peranan penting seperti dominasi Honda CBR250RR dari Astra Honda Racing Team di tahun 2017 lalu, tapi lebih jauh lagi kemampuan para pembalap dalam menyusun strategi kemenangan menjadi kunci penting.

Simak saja hasil akhirnya, Muklada hanya terpaut sekitar 0,1 detik di depan dua pembalap Yamaha yang finish di posisi kedua dan ketiga. Pembalap tim Yamaha Yamalube KYT TJM WR Super Battery asal Indonesia yaitu Rafid Topan Sucipto berhasil finish di posisi kedua hanya terpaut 0,182 detik. Sementara di posisi ketiga diraih pembalap dari Yamaha Racing Thailand Team yaitu Kanatat Jaiman dan hanya terpaut 0,185 detik di belakang Muklada.

Dua pembalap terdepan pada race pertama kemarin yaitu pambalap andalan Astra Honda Racing Team yaitu Mario Suryo Aji yang baru berusia 13 tahun dan pembalap senior Yamaha Thailand Racing Team yaitu Anupab Sarmoon harus puas finish di posisi ke-5 dan ke-6.

Alhasil posisi klasemen pembalap dari dua race di seri 1 AP250 ARRC 2018 pun sangat ketat sebagai berikut:

1. Anupab Sarmoon – Yamaha Thailand Racing Team (25 R1 + 10 R2) = 35 Poin

2. Muklada Sarapuech – AP Honda Racing Thailand (6 R1 + 25 R2) = 31 Poin

3. Mario Suryo Aji – Astra Honda Racing Team (20 R1 + 11 R2) = 31 Poin

4. Rafid Topan Sucipto – Yamaha Yamalube KYT TJM WR Super Battery  (11 R1 + 20 R2) = 31 Poin

5. Peerapong Boonlert – Yamaha Thailand Racing Team (13 R1 + 13 R2) = 26 Poin

Berdasarkan sistem poin di situs resmi ARRC sama dengan yang berlaku di MotoGP yaitu P1 = 25, P2 = 20, P3 = 16, P4 = 13, P5 = 11, P6 = 10, dan seterusnya hingga pembalap posisi ke-15 mendapat tambahan 1 poin.

Seri kedua ARRC 2018 sedianya akan dilangsungkan di sirkuit The Bend Motorsports Park, Australia pada tanggal 19 – 22 April 2018.

So, sampai ketemu di laporan balapan berikutnya, guys…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s