CATATAN KAKI BEBERAPA TERBAIK DI OTOMOTIF AWARD 2018 KATEGORI MOBIL

Jakarta – Rabu 28 Maret 2018, ajang Otomotif Award telah diumumkan di Jakarta. Sejumlah pemenang pun telah disebutkan, berikut beberapa catatan kaki yang dibuat redaksi jbkderry.com. Semoga informasi ini berguna.

Car of the Year: Mitsubishi Xpander

Selain terpilih sebagai Mobil Terbaik di tahun 2018 versi Tabloid Otomotif, Mitsubishi Xpander juga berhasil menerima dua penghargaan lain di ajang tersebut yaitu Best of the Best MPV (Mobil Keluarga Terbaik) dan Best Low MPV.

Pesona Mitsubishi Xpander secara umum adalah tampilan desainnya yang menurut jbkderry.com, terbaik di kelasnya sementara ini (segmen Low MPV). Ya, kapan lagi Anda bisa membeli mobil keluarga dengan kesan SUV berkapasitas tujuh penumpang, dengan rentang harga Rp200 jutaan – Rp250 jutaan.

Kalau lintas segmen versi Gaikindo, rasanya hanya Toyota All New Rush (segmen Low SUV) yang bisa menjadi rival sebandingnya. Bagaimana menurut Anda?

Respon pasar pada Mitsubishi Xpander pun bisa disebut sebagai salah satu bintang dengan catatan penjualan terbaik. Di dua bulan pertama 2018, Mitsubishi Xpander telah terjual 14.479 unit atau dengan kata lain tembus di atas 7.000 unit per bulan. Berdasarkan data Gaikindo, dari enam varian yang ditawarkan, tipe terlaris masih varian teratas yaitu tipe Ultimate AT, diikuti tipe Sport AT, serta tipe Exceed AT dan tipe EX MT.

Dua Mobil Suzuki Raih 4 Penghargaan

Penghargaan yang diraih Suzuki di Otomotif Award 2018.

Suzuki Ignis meraih penghargaan untuk kategori “Best of City Hatchback” juga “Best of The Best Hatchback”. Sementara Suzuki New SX4 S-Cross sebagai “Best of Crossover” serta “Best of The Best Crossover”.

Khusus untuk Suzuki Ignis, agak unik juga kategorisasi yang ditetapkan pihak penyelenggara Otomotif Award 2018. Berdasarkan klasifikasi Gaikindo, Suzuki Ignis masuk di kategori City Car. Sementara di segmen Hatchback (masih berdasarkan data Gaikindo), Suzuki justru punya model lain yaitu Suzuki Baleno 1.5L.

Terlepas dari dualisme kategori versi Gaikindo dan di ajang Otomotif Award, penjualan Ignis masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Suzuki  di Indonesia. Di tahun 2017, penjualan Suzuki Ignis tembus 14.157 unit. Sementara di bulan Januari 2018 tercatat 1.922 unit namun di Februari turun cukup tajam menjadi 591 unit.

Sementara Suzuki New SX4 C-Cross yang berdasarkan klasifikasi Gaikindo ada di segmen Low SUV dan berhadapan dengan rival-rival berat seperti Honda HR-V, Honda BR-V, Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios dan Chevrolet Trax mendapat tantangan pasar yang lebih berat di awal tahun 2018 ini.

Di tahun 2017, Suzuki New SX4 C-Cross bisa terjual 3.325 unit atau sekitar 277 unit per bulan. Di tahun 2018 ini, di bulan Januari angka penjualannya tercatat 84 unit dan di bulan Februari tercatat 137 unit (data Gaikindo).

Hyundai Ulangi Prestasi 2 Tahun Terakhir

Dua model kendaraan dari Hyundai kembali mengulangi prestasi yang sama di ajang Otomotif Award, yaitu Hyundai Tucson dan Hyundai i20.

Hyundai Tucson kembali terpilih sebagai Best of Medium SUV. Ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya Hyundai Tucson setelah mendapatkan penghargaan yang sama sebagai Best of Medium SUV & Best of the Best SUV di tahun 2017.

Sementara Hyundai i20 berhasil meraih penghargaan OTOMOTIF AWARD 2018 sebagai Best of Small Hatchback dari Tabloid Otomotif. Ini merupakan penghargaan yang kedua kalinya Hyundai i20 setelah mendapatkan penghargaan yang sama di tahun 2017.

Informasi lebih lanjut mengenai kedua model kendaraan ini sudah beberapa kali di ulas di jbkderry.com, Anda tinggal memasukkan kata kunci “Hyundai Tucson” dan “Hyundai i20” di menu pencari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s