ALDI SATYA MAHENDRA TAMPIL SEMAKIN CEPAT DI YAMAHA SUNDAY RACE 2018

Dok. Yamaha Racing Indonesia, @yamaharacingidn

Sentul (Bogor) – Aldy Satya Mahendra (11 tahun) asal Yogyakarta tampil mengkilap di Yamaha Sunday Race 2018 seri 1 di Sirkuit Sentul International, Minggu 8 April.

Pembalap kelahiran 27 Juni 2006 itu menunjukkan kedigdayaannya dalam memacu Yamaha R15.

Di kelas Sport 150cc Pro Rider misalnya, adik kandung pembalap Galang Hendra itu tidak gentar bertarung dengan beberapa pembalap senior sekelas Rafid Topan Sucipto, Syahrul Amin, Richard Taroreh, Wahyu Aji Trilaksana dan Gupita Kresna. 

Meski dalam balapan yang berlangsung delapan lap tersebut, Aldi harus puas finish di posisi ke-8 namun ada catatan unik tersisa. Pasalnya catatan lap terbaiknya mampu tembus 1 menit 50an detik, tepatnya 1 menit 50,885 detik.

Hanya tiga pembalap yang mampu tembus di catatan 1 menit 50an detik di balapan tersebut selain dirinya sendiri, yaitu Wahyu Aji Trilaksana 1 menit 50,878 detik dan Reynaldi Prada 1 menit 50,998 detik. Itu berarti catatan lap terbaik Aldi hanya kalah Wahyu Aji Trilaksana yang notabene merupakan pembalap senior dengan catatan prestasi cukup mentereng di level Asia, khususnya di kelas Under Bone.

Tiga pembalap yang meraih podium di kelas bergengsi di ajang Yamaha Sunday Race 2018 ini sendiri yaitu Rafid Topan Sucipto P1, Syahrul Amin P2 dan Richard Taroreh P3 memiliki lap time terbaik di 1 menit 51an detik.

Kampiun Di Kelas All New R15 Idemitsu Junior Pro

Aksi Aldi Satya Mahendra di atas motornya di kelas All New R15 Idemitsu Junior Pro (Dok. Yamaha Racing Indonesia, @yamaharacingidn)

Salah satu hal paling menarik di ajang Yamaha Sunday Race yaitu adanya kelas baru All New R15 Idemitsu Junior Pro.

“Jadi kelas ini merupakan baru dan diproyeksikan sebagai para pembalap muda masa depan Indonesia. Ada 17 pembalap muda yang ikut serta di kelas All New R15 Idemitsu Junior Pro dan semuanya usianya masih di bawah 16 tahun. Mereka direkrut dari tiga wadah yaitu Yamaha Cup Race, MotoPrix dan beberapa sekolah balap ternama di tanah air. Ada juga satu peserta perempuan asal Medan, namanya Nia Ramadhani usia 15 tahun yang sempat jadi juara dua di Yamaha Cup Race Medan,” kata Robby Winaldy selaku Koordinator Yamaha Sunday Race.

Nah, di kelas ini Aldi Satya Mahendra menjadi salah satu bintangnya, namun bukan berarti tanpa saingan berat. Ada nama Murobbil Fatoni alias Robby Sakera (12 tahun) asal yang sempat menjadi kampiun di race 1 di Kejurnas IRS Sport 150cc di Sirkuit Sentul International pada pertengahan Maret lalu.

Lalu ada nama Wahyu Nugroho (12 tahun) yang merupakan adik kandung Free Styler nomor satu Indonesia Wawan Tembong.

Intinya aroma persaingan di kelas All New R15 Idemitsu Junior Pro ini terbilang ketat, karena spesifikasi dan setelan motor relatif sama dan seimbang.

Dalam balapan yang berlangsung enam lap tersebut, Aldi Satya Mahendra menunjukkan konsistensinya yang sudah ia torehkan sejak babak free practice, qualifiying dan warm up. Hasilnya secara meyakinkan, Aldi berhasil menyelesaikan balapan dalam waktu 15 menit 19,206 dan menjadi juara pertama dengan keunggulan waktu 5,303 detik di depan Wahyu Nugroho di posisi kedua.

Di kelas ini sendiri, catatan lap terbaik Aldi terjadi saat babak qualifiying dengan catatan waktu 2 menit 00,045 detik. Sementara pada saat balapan, catatan lap time terbaik Aldi yaitu 2 menit 00,884 detik. Catatan waktu Aldi ini praktis hanya bisa disaingi oleh Murobbil Fatoni alias Robby Sakera yang sempat membukukan waktu lap time terbaik 2 menit 00,713 detik di babak qualifiying. Saat race sendiri, Robby Sakera harus puas finish di posisi ke-5 terpaut 14,966 detik di belakang Aldi.

Selamat buat Aldi Satya Mahendra. Semoga kelak bisa mengikuti jejak prestasi sang kakak, Galang Hendra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s