GALANG HENDRA WUJUD INSPIRASI ANAK MUDA ZAMAN NOW

Galang Hendra, sosok anak muda “jaman now” yang bagus jadi inspirasi dan panutan (sumber foto: Instagram @galanghendra55real)

Jakarta – 17 September 2017 (tahun lalu) di Sirkuit Portimao – Portugal, semestinya menjadi kesempatan emas buat pembalap belia berusia 19 tahun hasil didikan Yamaha Racing Indonesia, Galang Hendra.

Tampil sebagai pembalap wild card, pemuda belia asal Yogyakarta ini merenda mimpi di kejuaraan World SuperSport (WorldSSP300). Saat kesempatan emas itu datang, pembalap muda asal Yogyakarta ini masih berlaga di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production 250.

Wajar, Galang Hendra punya optimisme tinggi, karena basic motor yang dikendarainya di WorldSSP300 adalah Yamaha YZF-R3 yang juga dikembangkan, diproduksi dan dipasarkan di Indonesia dengan nama Yamaha YZF-R250. Jadi di atas kertas, Galang Hendra punya referensi yang cukup baik berada di atas tunggangan barunya di ajang WorldSSP300.

“Galang telah menjalani tempaan kompetisi yang berjenjang, sehingga kemampuan dan semangatnya bertarung diharapkan bisa mengantarkannya ke jenjang balapan yang lebih tinggi,” kata M Abidin, General Manager After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Start dari posisi ke-10 di Sirkuit Portimao, Galang menjaga asa untuk bisa menerbangkan prestasinya lebih tinggi, kali ini di level Eropa bahkan dunia. “Saya punya kepercayaan, jika pembalap Asia itu lebih agresif dibanding pembalap Eropa. Saya akan memanfaatkan faktor tersebut untuk bisa meraih hasil terbaik,” katanya sebelum berangkat ke Eropa kala itu.

Dua lap awal berlalu di Sirkuit Portimao, Galang Hendra berhasil melaju ke posisi kedelapan. Sayang, kendala pada sistem elektronik membuatnya terhenti di lap ke-8.

Selepas dari hasil kurang baik di Sirkuit Portimao, Galang Hendra masih menjaga asa dan nasib baik pun kembali datang dalam hidupnya.

Terbang Lebih Tinggi di Sirkuit Jerez

Atas prakarsa PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), sebuah kesempatan kedua datang di ajang WorldSSP300 pada tanggal 20 – 22 Oktober 2017 di seri penutup yang berlangsung di Sirkuit Jerez – Spanyol.

Kali ini, Galang Hendra tidak melewatkan kesempatan emas. Dia menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil menjadi juara pertama di seri kejuaraan balap motor level dunia.

“Saat kesempatan kedua datang dari Yamaha Indonesia, saya tidak ingin menyiakan lagi kesempatan ini. Sebelum start di Jerez, sebenarnya saya merasa sangat nervous sekali. Tapi setelah balapan dimulai, saya merasakan kesempatan untuk fight di top group memang besar. Jadi saya mulai atur ritme balap dan atur emosi, dan beberapa kali coba menyerang. Alhamdulillah, hasilnya bisa jadi juara satu,” kata Galang Hendra, saat sesi konferensi pers di sela-sela Yamaha Sunday Race 2018 seri pertama di Sirkuit Sentul International, Minggu 8 April lalu.

Dan ini tentu bukan pencapaian sederhana, ia menjadi juara satu  di sebuah kejuaraan balap motor berlevel dunia dan langsung berada di kalender utama FIM (International Motorcycling International). Atas pencapaiannya di Sirkuit Jerez, Galang Hendra pun berhasil meraih poin maksimal, 25 poin.

Tampil Semusim Penuh di Tahun 2018

Tahun 2018 ini menjadi semacam gong terbukanya pintu gerbang buat Galang Hendra ke balapan motor level dunia sekelas WorldSSP300. Pasalnya, ia tidak lagi tampil sebagai pembalap wild card.

Bergabung di bawah bendera tim Biblion Yamaha MotoXRacing, Galang Hendra akan tampil semusim penuh dengan mengandalkan performa Yamaha YZF-R3.

Ya, di pundaknya kini Galang Hendra telah menjadi inspirasi anak muda zaman now. Teruslah berprestasi Galang Hendra, kibarkan Bendera Merah Putih di setiap puncak tiang tertinggi di sirkuit – sirkuit balapan berkelas dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s