PEMBALAP ASTRA HONDA DAN KAWASAKI INDONESIA SAPU BERSIH PODIUM DI AUSTRALIA

sumber foto: Asia Road Racing Championship (ARRC)

Mancanegara (Australia) – Sabtu 21 April 2018 di race 1 putaran kedua Asia Road Racing Championship (ARRC) di The Bend Motorsports Park – Australia, pembalap Astra Honda Racing Team dan tim Kawasaki Indonesia menyapu bersih posisi podium di kelas AP 250.

Dalam balapan yang berlangsung sembilan lap, tiga pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yaitu Rheza Danica Ahrens, Mario Suryo Aji dan Awhin Sanjaya langsung merangsek ke posisi grup terdepan. Performa ketiganya yang mengandalkan performa Honda CBR250RR masih dapat disaingi oleh Andy Muhammad Fadly (Manual Tech KYT Kawasaki Racing) yang mengandalkan performa Kawasaki Ninja 250 generasi terbaru yang diperkenalkan di akhir tahun 2017 lalu. 

Peningkatan daya maksimum menjadi 39 PS/ 12.500 rpm dan torsi puncak 23,5 Nm/10.000 rpm pada generasi terbaru Kawasaki Ninja 250 , terbukti mampu meladeni performa mesin Honda CBR250RR yang memiliki tenaga puncak 38,7 PS/12.500 rpm dan torsi maksimal 23,3 Nm/11.000 rpm  (mengacu pada data standar masing-masing pabrikan).

Meski demikian di race 1 AP 250 Australia 2018, Kawasaki Ninja 250 tunggangan Andy Muhammad Fadly baru bisa mengimbangi performa motor Honda CBR250RR bawaan Rheza Danica dan Awhin Sanjaya. Sementara pembalap belia AHRT Mario Aji langsung melesat menciptakan gap di atas satu detik sejak lap awal.

Setelah separuh balapan, Rheza Dhanica mulai menaikkan performanya. Hasilnya, pembalap bernomor start #123 ini mampu mengejar dan bahkan lewati Honda CBR250RR milik Mario Aji untuk memimpin balapan.

Di akhir race 1, Rheza Dhanica berhasil mengunci titel juara 1. Sementara rekan setimnya Mario Aji terpaut 0,079 detik di belakangnya.

Pertarungan ketat terjadi untuk posisi podium ketiga antara Andy Muhammad Fadly, Anupab Sarmoon (Thailand/Yamaha Thailand Racing Team) yang mengandalkan performa Yamaha R25, dan Awhin Sanjaya. Di tikungan 17, Awhin terjatuh dan gagal melanjutkan balapan.

Pertarungan ini akhirnya dimenangkan oleh Andy Muhammad Fadly, sekaligus membuat posisi podium disapu bersih oleh para pembalap Indonesia. Hasil ini pun semakin membuktikan jika level pembalap asal Indonesia kini sudah naik ke step yang lebih tinggi di kelas motorsport, mengingat selama ini stigmanya pembalap tanah air masih sebatas jagoan di kelas under bone.

Dengan hasil race 1 ini, pembalap Anupab Sarmoon masih memimpin klasemen sementara dengan nilai 49, diiikuti ketat oleh Rheza Danica Ahrens di posisi kedua dengan nilai 48 dan Mario Aji di posisi ketiga dengan nilai 46.

Race kedua sedianya berlangsung hari ini Minggu 22 April 2018 dan bisa Anda saksikan langsung di akun Facebook Asia Road Racing Championship (ARRC).

Naiknya animo balapan kelas motorsport 250cc di tanah air pun telah dilirik bahkan digarap serius oleh produsen ban IRC. Di tahun 2018 ini, ban IRC telah berkomitmen memproduksi dan memperkenalkan ban balap khusus kelas sport 250.

Nah, rupanya balap IRC Fasti 1 untuk motorsport 250cc sudah ada, guys. Melongok sebuah artikel keren di permanatriaz.com, Anda bisa mengetahui informasi tersebut. Silakan klik di sini link artikelnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s