PILIH MANA MITSUBISHI XPANDER ATAU SUZUKI ERTIGA TERBARU?

Jakarta – Pasar mobil keluarga di segmen low MPV semakin riuh dengan kehadiran Suzuki All New Ertiga di ajang IIMS 2018. Buat ulasan detail mobil satu ini tentu tinggal masukkan kata kunci di Google. Kali ini jbkderry.com tertarik mengulas secara khas a la secangkir kopi, pilih mana Mitsubishi Xpander atau Suzuki Ertiga?

Ya, hitung-hitungan momen mudik Lebaran yang sebentar lagi mungkin gak ngejar untuk mendapatkan salah satunya, karena proses inden dan kesiapan surat legal STNK serta plat nomer. Tapi balik lagi pilih mana Mitsubishi Xpander atau Suzuki Ertiga?

Kalau pertanyaan buat jbkderry.com tentu saja pilih Xpander, desainnya keren kelihatan tangguh dan sudah terbukti nyaman dikendarai (nanti diunggah vlognya di kanal YouTube Derry Journey). Meski demikian bukan berarti Suzuki All New Ertiga gak sepadan sebagai rival.

Apalagi kini dimensi alias ukuran All New Ertiga pun menggelembung, ibarat petinju profesional yang naikin bobot biar bisa menantang lawan di kelas yang lebih tinggi.

Perbandingan Dimensi & Manfaatnya

All New Ertiga panjangnya menggelembung 135 mm dari 4.265 mm menjadi 4.400 mm, lebarnya tambah 25 mm dari 1.695 mm menjadi 1.720mm, tingginya naik 10 mm dari 1.685 mm menjadi 1.695 mm, meski jarak antar sumbu rodanya tetap 2.740 mm.

Meski dibandingkan Mitsubishi Xpander, All New Ertiga masih sedikit kalah ukuran. Mitsubishi Xpander punya panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm, dan jarak antar sumbu roda 2.775 mm.

Hitung-hitungan dimensi kayak gini apa sih gunanya? Hmm, menurut pengalaman jbkderry.com, ini terkait ukuran carport atau lahan garasi di rumah Anda. Keliru ngukur kalau garasinya minimalis bisa-bisa kayak seorang kawan jbkderry.com, sudah bongkar kamar depan, eh, ternyata mobilnya tetap gak bisa masuk garasi. Alhasil, dia mesti keluarin uang lagi buat bayar tukang bangunan renovasi ulang.

Oh, hampir lupa. Untuk ukuran jarak terendah bodi ke tanah, Mitsubishi Xpander cukup unggul signifikan dengan ground clearance 200mm dan 205mm tergantung tipe. Sementara All New Ertiga “hanya” 180 mm. Pengaruhnya apa? Yah, kalau lewat jalan rusak dan polisi tidur berasa banget.

Perbandingan Mesin

All New Ertiga kini sudah mengusung mesin 1,5L (sebelumnya 1,4L) atau lebih jelasnya kini 1.462cc. Mesin ini disebut mesin baru dengan kode K14B yang diklaim lebih kecil ukurannya dibanding mesin sebelumnya, serta disebut lebih minim getaran dan kebisingan.

Mesin ini mampu meletupkan tenaga puncak 104,7 ps / 6.000 rpm dan torsi 138 Nm / 4.400 rpm.

Rivalnya Mitsubishi Xpander punya kapasitas mesin sedikit lebih besar 1.499cc yang mampu meletupkan tenaga 104 ps / 6.000 rpm dan torsi 141 Nm / 4.000 rpm.

Artinya untuk kemampuan berakselerasi di atas kertas Mitsubishi Xpander sedikit lebih unggul. Selain torsinya lebih besar 3 Nm bisa dicapai di putaran mesin lebih rendah.

Sebenarnya menurut jbkderry.com, perbandingan ini tidak terlalu berdampak, karena ini mobil keluarga bukan mobil balap. Soalnya kalau founder jbkderry.com yang bawa mobil agak balap dikit, pasti bininya langsung marahin minta turunin kecepatan.

Perbandingan Desain

Secara desain, banyak ulasan yang menyebut Suzuki All New Ertiga mirip dengan Mitsubishi Xpander. Coba saja masukkan kata kunci “desain all new ertiga” di Google, datanya seabrek.

Meski demikian, menurut jbkderry.com beda. Keduanya tetap punya signature atau ciri khas masing-masing. Tapi jbkderry.com lebih suka konsep desain Dynamic Shield punya Mitsubishi Xpander. Alasannya sederhana rupa depannya itu keren dan terkesan tangguh.

Oh, iya radius putar keduanya sama-sama 5,2 meter. Cukup pendek dan kompromi khususnya saat ingin berputar atau berbelok di ruas jalan yang cukup sempit.

Perbandingan Harga

Jika mengacu pada kebiasaan orang Indonesia, maka pilihan biasanya akan jatuh pada tipe tertinggi, lalu tipe menengah.

Nah, urusan ini All New Ertiga melalui tipe GX (tipe tertinggi) lebih bisa saving budget, dengan harga Rp 223 juta hingga Rp 238,5 juta on the road Jabodatebek saat artikel ini dibuat. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Sementara Mitsubishi Xpander untuk dua tipe teratas, Ultimate harganya Rp 253,4 juta dan Sport Rp 245,2 juta on the road Jabodetabek saat artikel ini dibuat. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Jadi cara bacanya bagaimana? Ini versi jbkderry.com yah…, jadi kalau mau beli mobil selevel tapi bisa hemat belasan hingga puluhan juta, jawabannya yah Suzuki All New Ertiga.

Apakah ada diskon? Keknya bakal belum ada untuk keduanya. Mitsubishi Xpander gak diskon saja antrian indennya masih panjang. Sementara Suzuki All New Ertiga namanya produk baru yah, pasti berusaha stick di harga normal dulu.

Dari perbandingan ini jadi pilih mana Mitsubishi Xpander atau Suzuki Ertiga? Kalau ingin lebih cepat dapat unit, mungkin Suzuki Ertiga lebih cepat kali yah…. Kok bisa gitu? Nah, Mitsubishi Xpander rencananya baru Juli 2018 akan dinaikkan kapasitas produksinya lagi dari 8.000 unit per bulan jadi 10.000 ribu per bulan, dimana 30 persen sedianya untuk pasar ekspor.

Pilihan Ban Mobil Berkualitas di Kelas Low MPV

Ukuran ban standar Mitsubishi Xpander untuk tipe bawah menggunakan ukuran 185/65R15. Sementara tipe tengah Exceed, serta tertinggi Ultimate dan Sport menggunakan ukuran 205/55R15.

Sementara Suzuki All New Ertiga menggunakan ukuran ban standar 185/65R15.

Nah, jika Anda ingin mengganti ban standar 185/65R15 dengan ban ukuran sama namun dengan kualitas yang lebih baik (lebih hening/tidak berisik, lebih grip dan lebih hemat bahan bakar) pilihannya ada ban GT Radial Champiro Eco 185/65R15. Ini ban yang dulu dipakai di Nissan Grand Livina milik jbkderry.com saat dipakai lintas perjalanan Jakarta – Bali – Jakarta menjelang pergantian Tahun Baru 2014/2015.

Menurut pengalaman jbkderry.com, pilihan ban replacement yang dipilih menggantikan performa ban standar, kinerjanya lebih baik (lebih hening/tidak berisik, lebih grip dan lebih hemat bahan bakar), serta harganya relatif ramah untuk ukuran kantong kami.

Berdasarkan informasi pabrikan, ban GT Radial Champiro Eco punya keunggulan sebagai berikut; profil ban yang nyaman dan aman dikendarai serta cepat dan efektif dalam menepis air.

Ban yang dibuat dengan regulasi Eropa ini memiliki standar keheningan yang sangat baik, membuat momen sepanjang perjalanan saat itu pun terasa lebih nyaman ketimbang profil ban standar yang lumayan berisik saat melintasi kondisi jalan tertentu.

Ban ini juga memiliki lapisan inner liner dengan teknologi nanosilika. Manfaatnya tekanan angin di ban bertahan lebih lama, hal ini berimbas pada beberapa manfaat yang bisa langsung dirasakan yaitu efek pengendalian dan pengereman kendaraan yang lebih mantap, serta mampu mengurangi efek aquaplanning. 

Kompon silika pada ban juga membuat daya cengkeram yang dihasilkan baik di jalan basah dan kering berlangsung baik, serta memberikan manfaat lainnya dalam efisiensi konsumsi bahan bakar.

Jika Anda membutuhkan ban GT Radial yang mengutamakan performa tinggi dan penampilan yang keren ada Champiro GTX Pro. Ban tuning performa tinggi ini didesain khusus dan dikembangkan untuk para penggemar mobil masa kini yang mengutamakan dan performa tinggi.

Ban GT Radial Champiro GTX Pro ini juga menggunakan high tensile steel belt yang lebar dan sabuk tanpa sambungan (jointless belt), sehingga mampu bekerja optimal pada permukaan jalan serta dapat meningkatkan kemampuan berkendara pada kecepatan tinggi.

Ban GT Radial Champiro GTX Pro tersedia dalam 44 ukuran yang ditawarkan, termasuk ukuran 185/65R15 dan ukuran 205/55R16 (seperti yang dipakai oleh Mitsubishi Xpander tipe Exceed.

Awrait, demikian dulu artikel a la secangkir kopi kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk Follow jbkderry.com melalui email, agar bisa dapat informasi terkini setiap saat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s