SABTU NAN KELABU DI KIEV

sumber image: tribunnews.com

Mancanegara (Final Liga Champions) – Sabtu 26 Mei 2018 di Olimpiyskiy Stadium di Kiev – Ukrania seyogyanya menjadi salah satu hari paling kelabu buat para penggemar Liverpool di berbagai belahan penjuru dunia termasuk di markas jbkderry.com yang ukurannya seuprit.

Sebenarnya saat striker andalan Mo Salah masih berada di lapangan, tegak dagu para penggemar sejati Liverpool FC masih tinggi mendongak. Namun pelanggaran kotor Sergio Ramos yang membuat cidera serius di bahu Salah pada menit ke-30 mengubah segalanya. 

Bombardir serangan anak-anak asukan Jurgen Klopp ke lini pertahanan Real Madrid seketika berhenti. Sebaliknya buat Real Madrid, keluarnya Mo Salah seperti realisasi misi yang tuntas. Hanya menunggu waktu, mereka akan mempertahankan tropi Liga Champions untuk ketiga kali berturut.

Hal ini juga seakan mengamini optimisme masyarakat Madrid jika laga final ini akan menjadi yang termudah. Ya, tidak ada goal di babak pertama memang, tapi selepas keluarnya Mo Salah, giliran lini pertahanan Liverpool yang diuji. Beruntung, Klopp seperti menemukan ramuan untuk mengunci Cristiano Ronaldo melalui Virgil van Dijk.

Sang top skorer Liga Champions 2017/2018 itu tidak berkutik sepanjang 2×45 menit di Kiev.

Masuk ke babak kedua, rasa gugup anak-anak Liverpool terbaca oleh kematangan emosional oleh Zinedine Zidane dan pasukannya. Konsep menyerang tridente a la Liverpool FC hari itu semakin tidak berjalan sempurna, setelah Roberto Firmino yang berada di center serangan seperti mati kutu sepanjang pertandingan.

Hanya Sadio Mané pemain asal Senegal yang berusaha terus menjaga asa, jika hari belum berakhir tanpa Mo Salah. Ya, sebatas sugesti yang membesarkan hati sebenarnya.

Baru lima menit babak kedua berjalan, Loris Karius memulai sebuah hari terburuk sepanjang karir profesionalnya. Blundernya dalam melempar bola berhasil dipotong oleh Karim Benzema, dan terciptalah goal salah satu proses goal terbodoh sepanjang sejarah final Liga Champions.

Asa kembali bangkit empat menit kemudian, setelah Sadio Mané menunjukkan level power anak-anak Liverpool. Kedudukan pun berubah 1 – 1.

Di menit ke 61, Zinedine Zidane melakukan proses pergantian strategi dengan memasukkan Gareth Bale menggantikan Isco. Sebuah strategi terbaik yang tentu akan selalu dikenang oleh para penggemar Real Madrid di seluruh penjuru dunia.

Hanya butuh dua menit di lapangan, penyerang bertinggi 185 cm asal Wales itu menjadi mimpi buruk buat anak-anak Liverpool FC. Sebuah umpan lambung dari Marcelo disambut dengan tendangan salto kaki kiri yang mematikan dari Bale. Karius hanya bisa terbang menangkap angin, bola sudah terlanjur mengalir deras ke pojok kanan atas gawangnya.

Selepas itu ada dua kesempatan emas buat anak-anak Liverpool FC. Sebuah tendangan dari Sadio Mané membentur tiang gawang. Beberapa saat kemudian, sebuah proses handsball di kotak penalti Real Madrid diabaikan oleh wasit. Padahal jelas bola membentur siku pemain pertahanan Madrid.

Ya, hanya sampai di situ, karena kemudian anak-anak pasukan Klopp harus mengakui mereka sudah kehabisan strategi menciptakan goal balasan kedua. Puncaknya di menit ke-82, sebuah blunder terbodoh sepanjang sejarah final Liga Champions kembali diulangi oleh Loris Karius.

Sebuah tendangan jarak jauh dari Gareth Bale dihalau dengan ceroboh oleh penjaga gawang berusia 24 tahun itu. Alhasil untuk ketiga kalinya gawang Liverpool FC malam itu kebobolan.

Sebuah blunder kedua yang menyesakkan oleh kiper yang lebih mirip peran Orlando Bloom di trilogi film Lord of the Rings.

Hmm, apa bagusnya Loris Karius coba peruntungan baru di tahun mendatang sebagai bintang film di Hollywood yah? Sebuah usulan yang bagus juga, biar tahun mendatang Liverpool FC bisa ganti kiper. Kalau ganti presiden? Ah, itu biar urusan orang-orang yang suka cari kekuasaan politik saja. Di jbkderry.com, kita senang-senang saja sekarang dan ke depannya.

#YNWA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s