AKHIRNYA JORGE LORENZO BISA JUARA BERSAMA DUCATI

    sumber image: http://www.autosport.com

Mancanegara (MotoGP) – Seri ke-6 MotoGP 2018 di sirkuit Mugello – Italia akhirnya menjadi saksi sejarah jika Jorge Lorenzo belum habis di Ducati. Bahkan saat muncul desas-desus jika dirinya akan terdepak tahun depan dari pabrikan Italia ini setelah seri ke-6 ternyata tidak terbukti, setidaknya belum.

Kenapa? Ya, karena akhirnya Jorge Lorenzo bisa juara bersama Ducati. Salah satu kunci kemenangan Jorge Lorenzo kali ini, karena permintaannya akan perubahan desain tangki motor Ducati Desmosedici GP18 miliknya diakomodir oleh timnya.

Hasilnya, rider berkebangsaan Spanyol bisa naik di podium juara 1 dalam balapan yang berlangsung 23 lap tersebut. 

Jalannya Race

Selepas lima lampu indikator merah padam, Jorge Lorenzo yang start dari grid kedua langsung melesat terdepan. Sebaliknya sang pemegang pole Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) justru harus berjibaku dengan sang pemimpin klasemen sementara Marc Marquez (Repsol Honda) untuk berada di posisi kedua.

Janji Marc Marquez yang menggunakan ban compound keras (hard) di roda belakang dan akan memberikan ancaman sejak awal ternyata terbukti. Rider asal Spanyol ini seperti biasa tampil super agresif. Adalah Danilo Petrucci (Pramac Ducati) yang merasakan tekanan side-by-side  khas Marquez dan membuatnya sempat keluar lintasan di lap pertama.

Kombinasi sempurna Marc Marquez dengan Honda RCV213V 2018 nampak akan kembali menjadi momok menakutkan bagi seluruh pembalap. Tidak butuh waktu lama, ia sudah bisa berada tepat di belakang Desmosedici GP18 milik Lorenzo.

Sayangnya setelah lima lap berlalu, Rossi ternyata juga gak mengendurkan tekanan dan petaka pun terjadi buat Marquez. Sebelum race dimulai, Marquez sempat mengatakan pada media Spanyol, Marca, jika ia khawatir jika Rossi berada di belakangnya. Hasilnya kalau istilah bahasa Makassar, “Tarana Marquez pun kembut-kembut!” (baca: bokong Marquez ketar-ketir)

Meski terjatuh, rasa manunggal Marquez dengan motornya memang terbukti. Buktinya ia bisa tetap steady memegang handel motornya hingga di gravel, mendirikannya dan membalap kembali, meski itu semua akhirnya tidak menolongnya untuk menambah satu poin pun di Mugello. Ia harus puas finish di urutan 16 atau di luar batas akhir satu poin di posisi ke-15.

Dengan hasil di Mugello ini, pabrikan Ducati tentu yang punya PR besar apakah akan memperpanjang kontrak Jorge Lorenzo tahun depan? Apakah Jorge Lorenzo akan kembali trengginas di seri ke-7 di Catalunya – Spanyol pada tanggal 17 Juni mendatang?

Apakah Valentino Rossi akan kembali hanya puas bisa dapat podium karena masalah di motornya, atau justru ingin meraih kemenangan perdananya musim ini sekaligus semakin mengukuhkan dirinya sebagai pembalap dengan rekor paling banyak di Catalunya? Sejauh ini, Rossi sudah mengantongi enam kali kemenangan di sirkuit yang memiliki panjang lap 4,7 km tersebut.

Apakah Andrea Dovizioso makin termotivasi tampil lebih baik atas kemenangan rekor setimnya sekaligus memangkas jarak dengan Marquez? Lantas bagaimana nasib Andrea Iannone setelah kabar kontraknya di tim Suzuki Ecstar tidak diperpanjang?

Yuk, sama-sama kita nantikan dua minggu dari sekarang, guys…

5 Besar Hasil MotoGP Seri 6 – sirkuit Mugello Italia

1. Jorge Lorenzo (Ducati) catatan waktu 41’43.230

2. Andrea Dovizioso (Ducati) +6,370 detik

3. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) +6,629 detik

4. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) +7,885 detik

5. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +7,907 detik

 

5 Besar Klasemen MotoGP 2018 (hingga seri ke-6)

1. Marc Marquez (Respol Honda) 95

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 72 (-23 poin)

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 67 (-28 poin)

4. Andrea Dovizioso (Ducati) 64 (-31 poin)

5. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 64 (-31 poin)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s