SECANGKIR KOPI DENGAN PRESIDEN DIREKTUR PT TATA MOTORS INDONESIA

Jakarta – Senin 4 Juni 2018, saat acara buka puasa bersama Tata Motors Indonesia di sebuah restoran di Senayan City, jbkderry.com sempat merekam beberapa pernyataan penting dari Biswadev Sengupta yang merupakan Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia.

Agar lebih mudah dimengerti dan sederhana dibaca, dibuat model tanya jawab saja yah…

Tanya: Bagaimana target Tata Motors di Indonesia pada tahun 2018 ini, apakah ada revisi target penjualan? Dan bagaimana pasar pickup, apakah ini akan menjadi fokus utama khususnya di GIIAS nanti?

Jawab: Pasar pickup memang tengah tumbuh baik di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari populasinya yang mencapai 5% dari total market. Tapi di GIIAS nanti, kami berencana memperkenalkan 3 – 4 model truk terbaru, karena kami melihat pertumbuhan di pasar truk lebih pesat lagi.

Truk yang kami perkenalkan nanti di GIIAS sudah diperkenalkan di India (jika melihat di website Tata Motors India, itu berarti di antaranya adalah Tata Prima Series). Truk yang kami perkenalkan di antaranya akan menyasar pasar kebutuhan tambang dan konstruksi.

Meski sudah diperkenalkan di India, model kendaraan truk ini akan mengalami modifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan potensial konsumen dan medan di Indonesia.

Tiga sektor yang akan mengalami penyesuaian modifikasi yaitu pada faktor reliabilitas, efisiensi konsumsi BBM dan kemampuan daya angkut yang lebih besar.

Untuk target penjualan, kami tetap fokus untuk merealisasikan menaikkan angka penjualan dua kali lipat pada tahun ini.

Tanya: (Inti pertanyaan ini juga bisa Anda googling dengan keyword “tata motors pindad” yang telah melakukan kerjasama sejak tahun 2016) Bagaimana perkembangan kerjasama dengan Pindad?

Jawab: Kolaborasi dengan Pindad berjalan dengan baik. Sudah banyak kendaraan yang diuji. Kami berharap akan banyak kendaraan yang akan digunakan untuk kebutuhan militer dan pertahahanan oleh Pindad.

Untuk diketahui, kami juga telah bekerjasama pihak Kepolisian RI di antaranya untuk penyediaan kendaraan wator canon.

Tanya: Bagaimana Tata Motors melihat prospek bisnis di Indonesia sekarang dan ke depan?

Jawab: Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar saat ini di Asia Tenggara, dan kami optimis dengan potensi bisnis yang kami lakukan. Kami melihat pasar di Indonesia juga ideal untuk Tata Motors, karena kebutuhan konsumennya sejalan dengan visi dan kemampuan kami.

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan PM India pada akhir Mei 2018 lalu juga menunjukkan baiknya hubungan Indonesia dan India.

Di tahun keempat di Indonesia, Tata Motors juga akan lebih fokus dalam upaya memperkuat brand dan network, serta pengembangan sumber daya manusia.

Untuk penetrasi pasar sendiri, di wilayah Jawa kami sudah cukup kuat. Sementara ini kami juga sedang fokus membangun pasar di wilayah Sumatera dan Sulawesi. Berikutnya target di Kalimantan.

Tanya: Bagaimana menghadapi tahun politik yang akan terjadi di tahun 2018 dan 2019 mendatang di Indonesia?

Jawab: Kami tidak menaruh kekhawatiran berlebih pada tahun politik, karena pasar kendaraan komersial punya ruangnya sendiri. Hal yang sama tengah dihadapi di India, dimana tahun 2019 juga akan menjadi tahun politik. Dan sejauh ini pandangan kami, hal-hal politik tidak berdampak banyak pada perkembangan pasar mobil komersial.

Apalagi pertumbuhan ekonomi di India dan Indonesia tumbuh baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s