SKYACTIV-X GENERASI MESIN BENSIN MASA DEPAN DARI MAZDA

Jakarta – Di ajang pameran tahunan IIMS 2018 lalu, teknologi mesin bensin masa depan dari Mazda yaitu Skyactiv-X dipamerkan pertama kali untuk masyarakat Indonesia.

Sebenarnya Mazda telah memperkenalkan teknologi Skyactive-X pertama kali pada bulan Agustus 2017. Kecanggihan mesin ini karena mampu menggabungkan karakteristik kerja mesin bensin dan mesin diesel. Kolaborasi sistem kerja tersebut dimungkinkan dicapai melalui metode pembakaran unik yang diberi nama SPCCI (Spark Controlled Compression Ignition).

Buat gambaran penjelasan visualnya bisa Anda simak melalui video di bawah ini…

Melalui mesin bensin masa depan Skyactiv-X, karakter output khas mesin diesel seperti konsumsi BBM yang lebih irit, serta torsi yang lebih berlimpah dan lebih dini pada putaran mesin yang lebih rendah bisa tercapai. Ya itu tadi, hal ini dimungkinkan karena aplikasi teknologi SPCCI dan diklaim sebagai mesin bensin pertama di dunia yang menganut mekanisme kerja mesin diesel (compression ignition).

Kabarnya melalui sistem ini, konsumsi BBM yang dihasilkan bisa lebih irit antara 20 hingga 30 persen dibanding mesin bensin standar. Jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yaitu Skyactiv-G, teknologi Skyactiv-X ini diklaim setidaknya lebih irit 10%.  Sementara output torsinya bisa lebih tinggi hingga mencapai 30%.

Uniknya meski rasio kompresi mesinnya tinggi yaitu 16:1, klasifikasi jenis bahan bakar yang dibutuhkan justru yang RON-nya lebih rendah karena disebut lebih mempermudah proses pembakaran.

Menurut keterangan pihak Mazda Indonesia yang didapatkan di jagat maya, mesin bensin berteknologi Skyactiv-X ini cukup dengan RON 91 (antara Pertalite dan Pertamax) ketimbang RON 95 ke atas (Pertamax Turbo atau Shell V-Power) yang justru akan menyulitkan proses pembakaran.

Meski demikian jika Anda tertarik perlu sedikit bersabar menunggu kehadirannya, mengingat kabarnya pihak PT Eurokars Motor Indonesia selaku pihak distributor resmi di tanah air kabarnya baru akan mendatangkannya di tahun 2019 mendatang.

Melalui model kendaraan yang mana? Desas-desus di jagat maya menyebutkan akan masuk pertama kali melalui generasi terbaru Mazda3 yang sedianya diperkenalkan di tahun depan.

Menurut kalkulasi  khas secangkir kopi a la jbkderry.com, aplikasi teknologi Skyactiv-X ini pas banget buat kondisi Indonesia. Mengapa? Ada beberapa alasan khas secangkir kopi di antaranya:

1. Soal harga bahan bakar yang masih sering jadi polemik khususnya di pulau Jawa tidak perlu lagi dikhawatirkan nantinya. Bayangkan, ada mobil baru dengan mesin bensin canggih tapi kebutuhan BBMnya cukup Pertalite.

2. Kondisi jalanan di Indonesia yang identik dengan perbukitan, tanjakan atapun situasi stop-and-go (baca: macet) membutuhkan output torsi yang lebih andal namun lebih irit konsumsi BBM, jadi pas berkendara gak perlu lagi dong merasa khawatir berlebihan karena bakal boros BBM saat melalui tanjakan ataupun kemacetan.

3. Pas banget dipakai buat mudik ataupun liburan keluar kota. Ya, iyalah, saat mudik dan liburan jauh keluar kota kan kita butuh biaya belanja yang lebih besar. Dengan dukungan mesin bensin canggih, lebih bertenaga namun bisa lebih irit hingga 30% tentu bisa menyisakan biaya BBM yang lebih banyak buat beli oleh-oleh menarik yang ada di perjalanan yang dilalui.

Bagaimana pendapat Anda? Silakan tinggalkan komentar di bawah.

Oh iya, menjelang momen mudik lebaran 2018 yang sebentar lagi dimulai, sebenarnya masih ada beberapa tips agar kendaraan Anda lebih andal, lebih nyaman dan lebih efisien dalam konsumsi BBM.

Salah satu caranya adalah melalui pemilihan ban yang tepat. Jika Anda menggunakan kendaraan keluarga sekelas hatchback ataupun low MPV pilihan di antaranya ada GT Radial GTX-Pro yang baru diperkenalkan di GIIAS 2016. Ban ini memiliki karakter desain yang enak dipandang, sesuai dengan kemampuan grip-nya ke permukaan jalan bahkan pada kecepatan tinggi.

Ban ini juga memiliki level kebisingan yang rendah, serta andal saat diajak berakselerasi dan saat melakukan pengereman. Tersedia dalam 44 ukuran termasuk ukuran 185/65R15 yang umum dipakai mobil keluarga seperti Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander (tipe terbawah), ataupun seperti Nissan Grand Livina yang pernah dipakai 4 tahun sama founder jbkderry.com.

Sementara kalau punya kendaraan berdesain SUV seperti Darth Vader bisa memilih GT Radial Savero SUV

Ban GT Radial Savero SUV ini dirancang khusus untuk kendaraan berdesain SUV dan crossover. Soal keandalannnya, Darth Vader punya founder jbkderry.com sudah merasakannya. Ban ini punya grip yang baik di jalan kering maupun basah. Pun demikian saat melakukan pengereman di jalan kering maupun basah. Level kebisingannya pun rendah.

Awrait, demikian dulu sementara, guys. Semoga informasi ini bermanfaat yah. Tetap prioritaskan keselamatan jika berkendara saat mudik nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s