INI DIA PERBEDAAN TVS APACHE RR 310 DENGAN BMW G310R

sumber foto: motoroctane.com

Jakarta – Saat membuat artikel tentang TVS Apache RR 310 pada tanggal 2 Juni 2018 (dan masih terus menjadi artikel yang paling banyak disimak selama sepekan terakhir), jbkderry.com pun mencari referensi kuat untuk lebih mengetahui profil sport bike keren yang banderolnya “hanya” Rp 49 juta on the road di Jakarta Fair Kemayoran 2018.

Salah satu referensi yang cukup menarik adalah dari kanal YouTube Autocar India yang berdurasi 7:35. Nah, pada menit 2:50 dan beberapa detik setelahnya disebutkan oleh test rider-nya jika TVS Apache RR 310 tetap memiliki detail perbedaan spesifikasi mesin dengan BMW G310R, meski secara basis pengembangannya merupakan hasil kerja kolaborasi.

Lantas apa perbedaannya?

Menurut test rider Autocar India di antaranya pada sistem injeksi RR 310 yang sepenuhnya dikembangkan oleh TVS dan berimbas pada respon bukaan gas yang disebut lebih presisi, serta pada klaim top speed. TVS RR 310 diklaim punya top speed hingga 160 km/jam, sementara BMW G310R kabarnya mentok di kecepatan 143 km/jam.

Berangkat dari rasa penasaran tersebut, jbkderry.com pun tertarik mencari tahu lebih banyak mengenai perbedaan dari kedua motor tersebut. Berbekal kata kunci “different tvs apache rr 310 bmw g310” di mbah Goggle, sederet referensi pun tersaji.

Dari situs overdrive.in (hmm, juga situs otomotif di India neeh, guys) disebutkan ada lima perbedaan di antara keduanya sebagai berikut:

Frame: Basis frame kedua motor ini sebenarnya juga sama, tapi TVS membuat perbedaan di bagian subframe belakang agar dapat lebih menyesuaikan dengan proposi sebagai motorsport.

sumber image: http://overdrive.in

ECU: Ternyata pernyataan test rider Autocar India di atas itu terpangaruh pada hal ini yaitu TVS mengembangkan custom ECU sendiri demi mengejar performa dan bukaan gas yang lebih enteng, sehingga membuatnya bisa tampil lebih agresif ketimbang BMW G310R.

Sumber image: http://overdrive.in

Perbedaan peruntukan: Terlepas dari soal G310R menjadi lineup model dengan kapasitas mesin terkecil di jajaran BMW Motorrad, dan Apache RR 310 menjadi model dengan kapasitas mesin terbesar di TVS sekaligus menjadi produk flagship (model tertinggi), keduanya juga punya peruntukan yang berbeda.

BMW G310R lebih untuk kebutuhan riding perkotaan dan komuter, maka TVS Apache RR 310 yang tampil dengan identitas motorsport fairing punya karakter sirkuit yang kuat meski untuk kebutuhan komuter ataupun touring-nya juga kuat.

Gearing: Keduanya menggunakan gearbox enam-percepatan yang sama, namun terdapat perbedaan pada final gear dimana Apache RR 310 menggunakan sprocket yang lebih besar (41), sementara G310R menggunakan sprocket ukuran 40 gigi.

Faktor ini juga yang membuat TVS punya top speed yang lebih tinggi.

Sumber image: http://overdrive.in

Fairing: Ya, berbeda dengan BMW G310R yang tampil naked, TVS Apache RR 310 tampil dengan desain fairing dan diklaim punya aerodinamika terbaik di kelasnya.

Ukuran Ban Standar TVS Apache RR 310 & Pilihan Modifikasi

Jika mengacu pada data teknis TVS di India, Apache  RR 310 menggunakan ban ukuran 110/70-17 di depan dan 150/60-17 di belakang. Jadi buat para peminatnya atau bahkan yang sudah menebusnya di Jakarta Fair Kemayoran 2018, plus berniat ganti ban standar pilihan berkualitas di antaranya adalah ban baru IRC RMC810 Radial.

Ban IRC RMC810 Radial didesain khusus dan terbaik dengan teknologi IRC Jepang untuk memaksimalkan performa dan kenyamanan selama berkendara. Salah satu tempat untuk mendapatkannya yaitu di Yamaha Mekar Motor Bintaro.

Menurut informasi dari blog otomotif keren, permanatriaz.com, ban radial dibanderol dengan harga cukup terjangkau untuk kualitas yang ditawarkan, cuma Rp 1 jutaan. Dan bisa dipacu hingga kecepatan 270 km/jam, atau dengan kata lain kalau hanya sekadar ingin ngetes top speed TVS Apache RR 310 sih tembus, gan…

Cuma ingat, tetap prioritaskan keselamatan waktu mengujinya. Mending kalau minat di sirkuit Sentul kan bisa. Gak percaya? Coba deh masukin kata kunci “biaya balapan di sirkuit sentul”, semoga bermanfaat…

Kembali ke soal ban IRC RMC810 yang Radial diciptakan untuk para pengendara motor sport yang antusias dan selalu mengedepankan faktor keselamatan.

Ban IRC RMC810 Radial tersedia dalam 2 (dua) pilihan rating yaitu ZR Rating dan H Rating. Tapi untuk konsumen TVS Apache RR 310 baiknya yang ZR Rating.

Jadi bagaimana, makin naksir nebus TVS Apache RR 310? Jika iya, sama dong kayak jbkderry.com, cuma masih perlu ngejar rezekinya dulu neeh, gan…

Terima kasih sudah menyempatkan mampir yah. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa cantukan alamat email yah di kolom “Follow” supaya bisa selalu mendapatkan informasi terbaru di jbkderry.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s