RADITYA DIKA KHAWATIR PADA RIA RICIS DAN ATTA HALILINTAR?

Jakarta – Lha, kok kayak artikel gosip judulnya? Yah, gak papa memang sengaja, namanya juga media kelas secangkir kopi bebaslah. Mudah-mudahan sih bisa nambah wawasan, paling enggak menghiburlah sambil nunggu momen buka puasa kayak penulisnya…

Sebagai blogger dan vlogger remeh temeh kelas secangkir kopi bukan berarti jadi males belajar dong, termasuk mantau dari yang sudah sukses di bidangnya.

Jadi semalam, pas liat konten terbaru di kanal YouTube Raditya Dika yang temanya “Perang Bubur! Mencari yang Terenak! (Feat. Arief Muhammad)” ada beberapa informasi yang kesannya remeh temeh tapi mungkin penting bagi para vlogger atau penggemar vlog YouTube kelas secangkir kopi seperti Derry Journey.

Di video berdurasi 17:35, itu terungkap dari Arief Muhammad jika Raditya Dika suka nyari pasangan yang jelek buat kanal YouTube-nya. Kalau dulu ada Yudha Keling, sekarang pasti pada tahu ada nama Pandu Winoto anak Tomang yang lulusan SD dan suka jualan followers Ig.

Nah, Pandu ini kerap diajak sama Raditya Dika untuk konten perang makanan, dan kini nampak Pandu pun makin terkenal dan rada – rada kena post-power syndrome.

Fakta lain ada di penghujung video nampak kekhawatiran Raditya Dika soal perkembangan subscribers Ria Ricis dan Atta Halilintar yang sedemikian pesat. Saat artikel remeh temeh ini dibuat, subscibers Raditya Dika sudah 3,9 juta, Ria Ricis 3,8 juta dan Atta Halilintar 3,3 juta.

Buat jbkderry.com, para YouTuber kondang ini jadi fenomena tersendiri buat disimak, kali-kali ada nilai positif dan pembelajaran buat perkembangan ke depan. Yang menarik, setiap konten yang di-publish oleh para YouTuber kondang ini begitu cepat diserap dan ditonton oleh puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang dalam waktu sedemikian cepat.

Tidak hanya itu, setiap konten yang dipublish juga menjadi media interaksi dan komunikasi antara penyedia konten dan audiensnya. Jadi mirip kayak ngobrol dan gosip a la anak-anak muda millenial.

Padahal jika jujur secara konten, tidak ada pesan yang luar biasa kecuali kesan menghiburnya yang dapet. Kalau di kanal YouTube Raditya Dika, penonton kini umumnya disuguhi soal perang makanan. Pesan yang bisa didapat adalah tempat-tempat makanan enak di Jakarta, harganya dan kira-kira rasanya bagaimana saat dikecapi.

Nah, kalau isi konten kanal YouTube Ria Ricis jujur jbkderry.com jarang banget nonton, tapi sekilas kalau lihat tumbnail cover-nya hampir mirip-mirip Atta Halilintar, jadi lebih kayak reality show kehidupan penyedia konten. Meski secara implementasi agak beda outputnya.

Ria Ricis lebih variatif soal cover lagu, kolaborasi dengan YouTuber lain, tentang squishy, atau tutorial. Sementara Atta lebih ke arah narsis dengan slogan, “Selamat datang ke kanal terkece, terkeren, ter (apalagi yah, lupa hahahaha)” lalu dihiasi dengan usaha clothing-nya merek AHHA, atau soal antusiasme untuk mengisi konten otomotif di kanal YouTubenya.

Saat artikel ini dibuat, Atta lagi minta bantuan para penggemarnya untuk pilih moge.

Secara umum, ketiga kanal YouTuber kondang tersebut hanya berisi hal-hal sederhana. Ya kalau orang kaya kayak Atta beli mobil atau motor mahal yang lumrah, tapi pertanyaannya kenapa hal ini bisa menjadi fenomena yang menarik perhatian?

Di sisi lain, kehadiran mereka diakui atau tidak pun menjadi ancaman bagi para media mainstream dalam berebut budget promosi. Di kanal YouTube Raditya Dika misalnya beberapa kali ada gift away dari Asus. Ke depan tidak menutup kemungkinan produsen produk lebih suka bekerjasama dengan para K.O.L atau influencer ini, yang mungkin secara budget promosi bisa lebih ditekan namun dampaknya ke masyarakat bisa lebih masif.

Ya, kanal YouTube pun bisa menarik perhatian para selebriti kondang di layar kaca untuk menggarap secara lebih serius seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang membentuk kanal YouTube dengan nama akun Rans Entertainment (1,2 juta subscibers), atau Deddy Corbuzier (1,3 juta subscibers) dengan inisial namanya sendiri.

Ya, YouTube sudah menjadi peluang bisnis tersendiri dalam industri komunikasi dan promosi. Kembali soal Raditya Dika yang sejauh sepengetahuan jbkderry.com menjadi YouTuber dengan jumlah subscribers terbanyak sejauh ini…

Apakah pesatnya jumlah followersnya Ria Ricis dan Atta Halilintar akan membuatnya kembali kehilangan mahkota lainnya. Setelah tanggal dari Presiden Jomblo di Indonesia, apakah dalam beberapa saat ke depan dirinya juga akan kehilangan tahta sebagai YouTuber dengan jumlah subscribers terbanyak?

Ya, mungkin saja. Apakah ini akan menjadi hal yang penting? Redaksi jbkderry.com sendiri meski rajin mantau konten Raditya Dika dan Atta Halilintar belum tertarik jadi subscribers.

Apakah karena gengsi atau ada sebab lainnya? Ya, mungkin juga. Yang jelas artikel ngaco ini lebih bertujuan untuk menghibur diri penulisnya, sekaligus nunggu waktu buka puasa yang sebentar lagi tiba…

Selamat menunggu buka puasa juga yah buat yang di Indonesia Bagian Barat. Maaf, kalau artikel kali ini terasa gak ada manfaatnya, tapi tetep jangan lupa untuk subscriber di kanal YouTube Derry Journey dan follow konten jbkderry.com by register alamat email yah.

Terima kasih sudah mampir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s