CORAT CORET TENTANG MUDIK 2018

Jakarta – Artikel ini sebutlah sekadar pengisi konten jbkderry.com hari ini, tapi semoga ada manfaatnya di perayaan malam Takbiran menjelang Hari Kemenangan Idul Fitri 1439 H.

Jadi tadi sore, seorang kawan mampir ke mabes (atau macil sih tepatnya alias markas kecil) jbkderry.com. Ternyata dia masih masuk kerja.

“Gw cuma drop anak bini di Tasikmalaya Sabtu kemarin terus balik lagi naik bus, mobil gw taruh di sana. Nanti hari besok sore rencana gw jalan lagi ke Tasikmalaya, terus Minggu balik ke sini,” katanya. 

Sempat kepikiran juga nih teman dengan traffic arus mudik dan arus balik yang unpredictable, temen ini kuat juga fisiknya bolak-balik. Kalau founder jbkderry.com sih masih rada trauma, pasalnya tahun lalu masih terbayang nyetir 16 jam dari Bogor ke Ciamis pas momen mudik lebaran.

Tapi tiba-tiba keingatan jika dari berbagai informasi jika momen arus mudik kali ini untuk pertama kalinya tidak sepenuhnya jadi mimpi buruk.

Pasalnya banyak juga pemudik yang bisa mudik lebih lancar karena masifnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah saat ini. Walaupun belum ketahunan nanti apakah pas arus balik akan juga mayoritas bisa lancar. Jika iya, bakalan jadi rekor neeh minim keluh kesah di sosial media, kecuali bagi para partisan politik oposisi pemerintahan.

Hmm, segitu doang nih pesan artikel kali ini? Ya enggaklah, kan moto media a la secangkir kopi ini adalah “Banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan.”

Jadi gini masih terkait obrolan dengan seorang kawan tadi siang. Jadi dia ngaku kalau Kia Carens matik keluaran tahun 2001 miliknya sempat mengalami masalah ABS pas selepas pintu gerbang Cileunyi menuju Rancaekek.

“Jadi pas di putaran balik mau masuk Rancaekek, tiba-tiba dua roda depan mobil bunyi “gruk-gruk” dan lampu indikator ABS nyala. Gw baru ingat kalau mestinya kampas rem diganti. Untuk gak jauh dari situ ada bengkel, dan gw memang sudah siapkan kampas remnya. Setelah diganti, lampu ABS langsung padam dan perjalanan lancar alhamdulillah sampai Tasikmalaya,” terangnya.

Lagi-lagi pesan moralnya adalah hal terpenting adalah persiapkan kondisi kesehatan dan kelaikan kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik. Karena persoalan di perjalanan di jalanan jauh lebih mungkin diredam jika kondisi kendaraan sehat.

Founder jbkderry.com juga zaman masih main motor atau sekarang mudik bawa mobil (karena anaknya banyak, brosis), pasti selalu mampir ke bengkel resmi atau setidaknya bengkel terpercaya untuk pastikan kondisi kesehatan dan kelaikan kendaraan untuk perjalanan jauh dengan waktu tempo yang relatif lebih lama saat momen mudik lebaran.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan fisik Anda sebagai pengemudi sehat dan hati gembira (gak banyak pikiran), supaya bisa lebih rileks sepanjang mengemudi mengingat akan banyak gangguan yang bisa memancing emosi sepanjang perjalanan, seperti pengemudi potong lajur tiba-tiba, emak-emak tetiba nyebrang atau neng-neng cantik seketika melintas.

Pokoknya harus selalu fokus mengemudi, full time job.

Hal berikutnya usahakanlah mengemudi pada jam biologis atau kebiasaan Anda terjaga setiap hari. Misalnya suka bangun pagi dan istirahat saat malam, maka sebaiknya hindari mengemudi malam. Founder jbkderry.com misalnya, kalau melakukan perjalanan jauh, biasanya maksimal jam 6 – 7 malam akan berhenti di kota terakhir yang disinggapi, bergegas mencari penginapan, baru keesokan pagi melanjutkan perjalanan.

Hmm, apalagi yah? Pokoknya pastikan selalu fokus dan hati bergembira selama mengemudi seperti hakikat Idul Fitri yaitu merayakan kemenangan dan kembali fitri.

Awrait, demikian dulu, guys. Semoga corat-coret sederhana di malam Takbiran ini ada manfaatnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s