CATATAN BERKESAN DARI ACARA BUKA PUASA BERSAMA YAMAHA

Jakarta – Saat artikel a la secangkir kopi khas jbkderry.com ini dibuat dan diunggah, bulan Ramadan di tahun 2018 telah berlalu dan telah menginjak H+2 Lebaran.

Secara profesi kerja, bulan Ramadan lalu juga memberi banyak kesan buat jbkderry.com karena di bulan yang suci itu, eksistensi sebagai media kelas secangkir kopi semakin diakui di antaranya mendapat undangan dari cukup banyak pelaku industri di bidang otomotif.

Satu di antaranya dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada tanggal 22 Mei 2018 di Papa Jack – Kelapa Gading. 

Disebut berkesan, bukan hanya dari menu makanan dan minuman yang spesial enaknya, tapi juga karena sambutan hangat dari pihak Manajemen PT YIMM dalam formasi yang baru di bidang Marketing dan Public Relation.

Di awal pertemuan acara buka puasa yang berlangsung di lantai 3 restauran dengan menu makanan dan minuman yang endes (baca: enak) itu, 17 blogger dan vlogger yang diundang diminta mengisi lembaran kuesioner. Sayang atas permintaan yang sifatnya kepentingan privasi pihak YIMM, kami tidak diperbolehkan memotret daftar pertanyaan kuesioner tersebut.

Hanya saja melalui kuesioner itu, pihak Yamaha Indonesia berharap para blogger undangan dapat memberi masukan mengenai beberapa hal, termasuk dalam hal intensitas distribusi press release dan mekanisme komunikasi serta salurannya antara pihak pabrikan dengan blogger yang dianggap memiliki kredibilitas.

Beberapa di antaranya tersebut melalui pembentukan grup diskusi kecil ataupun melalui perjalanan touring yang dapat memperat hubungan kekeluargaan.

“Ke depan, kami ingin lebih intens untuk berdiskusi dengan kawan-kawan blogger dan vlogger, baik dalam hal menyampaikan informasi penting dari pihak perusahaan termasuk berkenaan dengan product knowledge, ataupun untuk mendapat masukan dari kawan-kawan blogger,” kata pak Yordan Satriadi yang per awal April 2018 menjabat posisi baru sebagai General Manager Marketing PT YIMM.

Menurut jbkderry.com, upaya dari pihak YIMM untuk lebih dekat termasuk dalam hal komunikasi dua arah dengan pihak blogger di tanah air sangat patut mendapat apresiasi.

Ya, pada dasarnya tugas blogger secara umum memiliki kesamaan dengan pekerjaan public relation dan jurnalis (dari media mainstream), karena melibatkan stakeholder atau pemangku kepentingan lainnya yaitu publik atau audiens. Apalagi di era digital ini, audiens pun memiliki kanal untuk menyampaikan suaranya dengan jangkauan luas melalui sosial media.

Nah, sudah menjadi tugas utama blogger juga untuk dapat proporsional atau berimbang dalam menyampaikan laporan kerjanya baik dalam format artikel maupun liputan video.

Karya informasi yang terlalu berat ke suatu brand industri juga tentu kurang baik, karena publik semakin kritis untuk menilai dan membedakan mana artikel atau video review yang sarat pesanan sponsor dengan yang proporsional dalam arti mewakili kepentingan dan kebutuhan publik.

Pun demikian dengan distribusi press release yang terlalu intens juga berdampak kurang baik buat perkembangan eksistensi media, bahkan untuk sekelas blogger sekalipun yang masih kerap dianggap sebagai second layer, padahal kemampuan penetrasi informasinya tidak jarang lebih kena di hati dan pikiran audiens.

Kembali ke momen buka puasa bersama Yamaha di akhir Mei 2018 lalu, pak Yordan pun sempat menuturkan mengenai pentingnya blogger untuk dapat lebih mengenali spesifikasi, kemampuan dan performa yang dimiliki oleh produk terbarunya Yamaha Lexi.

“Yamaha Lexi itu memiliki dan menawarkan banyak fitur yang memiliki value atau nilai manfaat ketimbang posisi harganya. Untuk Yamaha Lexi tipe S, berdasarkan kalkulasi kami, konsumen bisa lebih hemat sekitar 54 persen dengan keberadaan fitur  Smart Key System, Special Luxury Seat dan Sub Tank Suspension,” tambah pak Yordan.

Dalam pengalaman jbkderry.com yang dikasih kesempatan test ride Yamaha Lexi tipe S dari tanggal 7 hingga 20 Juli 2018 nanti, skutik MAXI Series dengan harga paling terjangkau ini memang menawarkan banyak manfaat, bahkan ada fitur yang tidak atau setidaknya belum terdapat di Yamaha Aerox atau Yamaha NMax yaitu Smart Motor Generator dan Smart Stop System.

Hmm,  jika demikian ada benarnya juga yang disampaikan oleh pak Yordan, jika konsumen Yamaha Lexi bisa mendapatkan spesifikasi skutik premium di kelas MAXI Series dengan harga lebih terjangkau namun manfaat lebih banyak.

Bagaimana menurutmu, guys?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s