MASIH PENTINGKAH PUNYA MOBIL SENDIRI?

foto by: Derry Journey

Jakarta – Artikel kelas secangkir kopi ini sekadar artikel retorik, dalam arti jawabannya kembali pada diri tiap individu. Hanya saja jika pertanyaan ini ditujukan pada jbkderry.com, jawabannya “perlu!”

Mengapa? Yuk, coba kita urai dulu dari yang antipati punya mobil sendiri;

1. Kan sudah ada ojek online; Prosedur ojek online adalah order dan nunggu, lalu turun jika sudah sampai di tujuan. Saat mau pergi atau balik, harus order lagi. Ada banyak problem dengan menggunakan ojek online; nunggu, order, privasi kurang, adaptasi dengan pengemudi ojek online, jarak tempuh terbatas.

2. Rental mobil; Ya, ini bisa menghemat biaya beli kendaraan, biaya perawatan berkala, biaya pajak kendaraan, dan biaya asuransi kendaraan. Tapi tahukan Anda kondisi kesehatan dan kelaikan kendaraan, apalagi jika untuk perjalanan jauh. Mungkin Anda bisa ingat salah satunya insiden kecelakaan Saipul Jamal di tol Purbaluenyi menggunakan mobil rental?!

Ya, kita tidak tahu benar karakter dan kondisi kesehataan kendaraan rental; apakah remnya masih pakem, apakah bannya masih bagus, apakah mesinnya rajin diservis, apakah kabinnya bersih, dan lain-lain.

Sederhananya, mobil rental adalah bukan mobil pegangan kita yang lebih dipahami kondisinya.

3. Kendaraan Umum; Kategori apa dulu nih? Commuter Line atau Busway? Kedua model kendaraan umum ini punya inti masalah yang sama yaitu penuh di saat jam pergi dan pulang kantor, jadi kalau bawa keluarga khususnya anak-anak tentu kurang nyaman.

Belum lagi Anda harus menunggu beberapa saat sebelum kendaraan umumnya tiba, itu pun kalau bisa masuk ke dalam.

4. Naik motor: Rasanya kalau Anda sudah berkeluarga dan punya anak rasanya sudah tidak aman dan nyaman naik motor. Jika anak-anak Anda masih kecil, fisik mereka akan mudah lelah dan jika tertidur tentu mengganggu konsentrasi Anda berkendara, serta tentu berimbas pada faktor keselamatan berkendara.

Ya, kira-kira itu empat gambaran umum mode kendaraan yang bisa Anda gunakan selain memiliki mobil pribadi dan resikonya secara umum. Jika Anda tidak setuju, kurang setuju atau justru ingin menambahkan silakan taruh komentar Anda di bawah.

Awrait, sekarang coba dibahas apa saja sih faktor yang membuat memiliki mobil pribadi itu menjadi kebutuhan primer:

1. Bebas pergi kapan saja: Ya, Anda tidak perlu menunggu bepergian kemana saja. Ya, memang juga tetap harus menunggu pasangan dan anak-anak naik ke mobil, itu saja.

2. Bisa pergi kemana saja: Karena mobil punya sendiri, bisa bebas pergi kemana saja yang penting dana ada, kondisi fisik sehat, dan pastikan mobil Anda sehat bepergian jauh dengan mengeceknya di jaringan bengkel resmi (rekomendasi) atau terpercaya.

3. Lebih tahu kondisi kesehatan dan karakter kendaraan: Karena merupakan kendaraan pegangan sendiri, secara otomatis Anda mestinya lebih tahu dan lebih paham soal kondisi kendaraan, serta karakter mengemudikannya di sepanjang jalan.

4. Bisa berhenti kapan saja Anda mau: Tentu saja tidak bisa seketika, karena Anda harus mempertimbangkan kondisi keselamatan selama berkendara baik untuk diri sendiri maupun buat pengguna jalan lain di sekitar Anda. Untuk itu, pantaulah kondisi sekeliling sebelum Anda menyalakan lampu sein, serta jangan lupa menengok ke arah titik henti yang dituju untuk menghindari blind spot alias sisi yang tidak terlihat di kaca spion.

Awrait, sementara itu dulu, guys. Jika punya pendapat lain atau ingin menambahkan silakan berkomentar di bawah.

Terima kasih sudah mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s