HYUNDAI KERJASAMA DENGAN AUDI DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI FUEL CELL

Mancanegara – Rabu 20 Juni 2018, Hyundai dan Audi melakukan pengumuman kerjasama di antaranya dalam pengembangan komponen dan teknologi fuel cell electric vehicle (FCEV).

Dalam kesepakatan kerjasama tersebut, pabrikan nomor lima di dunia dan pembuat mobil mewah asal Jerman itu akan melakukan upaya bersama dalam pengembangan kendaraan FCEV. Upaya kerjasama ini diharapkan menjadikan kedua belah pihak akan menjadikan kedua pabrikan otomotif tersebut terdepan dalam pengembangan teknologi masa depan yang berkelanjutan. 

Kerjasama ini tidak hanya terpaku pada kedua brand tersebut, tapi juga pada afiliasinya. Pengembangan kedua belah pihak juga akan berdampak pada Kia Motors Corporation, serta induk perusahaan  Audi yaitu Volkswagen AG.

Belum ada pengumuman lebih lanjut berapa lama durasi dari kerjasama kedua belah pihak ini. Hanya saja dalam kerjasama tersebut juga disebutkan soal akses penggunaan komponen fuel cell yang sama. Dalam tahap awal, Hyundai akan memberikan akses komponen pada Hyundai NEXO.

Sementara Audi akan bertanggungjawab pada pengembangan teknologi fuel cell bersama Volkswagen Group, dengan memanfaatkan keuntungan penuh pada suplai komponen penuh dari kendaraan FCEV Hyundai.

Hyundai sendiri tercatat sebagai produsen produksi massal kendaraan fuel cell pertama di dunia sejak tahun 2013 dan saat ini telah dipasarkan di 18 negara.

“Kesepakatan ini kembali menunjukkan komitmen kuat Hyundai dalam pengembangan berkelanjutan mobil bertenaga hidrogen, yang merupakan jalan tercepat dalam menciptakan kendaraan tanpa emisi. Kami percaya diri kerjasama Hyundai dan Audi ini akan sukses mendemonstrasikan visi dan manfaat dari FCEV kepada masyarakat dunia,” kata Euisun Chung, Vice Chairman dari Hyundai Motor Company.

Fuel cell merupakan format paling sistematik dari kendaraan listrik, dan menjadi aset potensial dalam portfolio teknologi kami dalam mengembangkan mobil mewa masa depan yang bebas emisi. Dalam perjalanan FCEV Audi, kami bekerjasama dengan partner yang kuat sekelas Hyundai. Ini merupakan cara cerdas dalam upaya terobosan pengembangan teknologi berkelanjutan, serta memimpin inovasi dengan struktur pembiayaan yang lebih menarik,” kata Peter Mertens, Board Member for Technical Development di Audi AG.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s