PERTARUNGAN ABADI HONDA JAZZ VS TOYOTA YARIS

Jakarta – Entah apa jadinya pasar hatchback (sedan tanpa buntut/kompartemen bagasi) di Indonesia, jika tidak ada nama Honda Jazz dan Toyota Yaris…

Bayangkan (berdasarkan data Gaikindo), pertarungan ketat keduanya sudah berlangsung sejak tahun 2006, sumbangsih keduanya selalu bisa melampaui persentasi di atas 50% di segmennya. Simak image datanya di bawah:

Ya, jika mengacu pada data di atas, pasar di segmen hatchback di tanah air bisa dikatakan kurang bisa berkembang. Salah satu indikatornya dapat dilihat dari data di atas jika sejak tahun 2014 hingga 2017, angka penjualan di segmen ini terus mengalami penyusutan.

Meski demikian, minat beli tetap ada di segmen ini. Terlebih kendaraan berdesain hatchback ini pada dasarnya lebih mantap dan stabil (karena center of gravity-nya yang notabene rendah), plus dimensinya lebih ringkas untuk bermanuver aman di lalu lintas perkotaan.

Kembali ke perseteruan abadi Honda Jazz versus Toyota Yaris.

Honda Jazz lebih dulu hadir di pasar tanah air pada tahun 2004, sedang Toyota Yaris datang dua tahun berselang di tahun 2006.

Sejak awal kehadirannya, Honda Jazz setidaknya telah mengalami tiga kali evolusi desain untuk pasar Indonesia. Generasi pertama yang dipasarkan mulai tahun 2004 – 2008, lalu di tahun 2008 generasi kedua mulai dipasarkan hingga tahun 2014, dan generasi terbaru saat ini yang mengalami facelift pada Juni 2017.

Sementara Toyota Yaris yang dipasarkan di Indonesia mulai tahun 2006 sebenarnya adalah generasi kedua. Generasi pertama yang tidak masuk Indonesia dilahirkan pada tahun 1998 di Jepang sebagai model pengganti Toyota Starlet.

Di tahun 2010, generasi ketiga dilahirkan di Jepang namun kembali tidak masuk ke Indonesia. Dan generasi kedua yang dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2014 sebenarnya merupakan generasi keempat. Generasi keempat ini pada tahun 2016 juga dipasarkan dengan varian baru yang diberi imbuhan nama Yaris Heykers dan di tahun 2018 ini mengalami penyegaran desain.

Mobil Keluarga Muda dan Anak Muda

Ya, segmen keluarga muda dan anak muda adalah pasar yang pas buat kendaraan hatchback sekelas Honda Jazz maupun Toyota Yaris, mengingat dimensinya yang lebih ringkas dan praktis, serta kapasitas mesinnya memadai secara performa dan efisiensi BBM.

Toyota Yaris yang hadir dengan dukungan mesin 1,5-liter 4-silinder DOHC Dual-VVTi, serta pilihan transmisi manual 5-percepatan manual atau 7-percepatan CVT, juga dua pilihan ukuran ban.

Untuk Toyota Yaris E dilengkapi ban berukuran 185/60R15, sementara untuk tipe G dan TRD Sportivo dilengkapi ban berukuran 195/50R16.

Sementara untuk Honda Jazz yang dibekali mesin 1,5-liter i-VTEC dibekali ban berukuran 175/65R15 (tipe standar) dan ukuran 185/55R16.

Di pasar replacement tire atau ban pengganti, ukuran ban 185/60R15 dan ban 195/50R16 pada Toyota Yaris bisa ditemukan pada pilihan ban GT Radial GTX-Pro yang merupakan salah model kendaraan ban mobil penumpang berkualitas yang diperkenalkan di ajang GIIAS pada tahun 2016.

Ban GT Radial GTX-Pro sudah terbukti kehandalannya di antaranya di ajang kejurnas slalom Auto Gymkhana.

Demikian pula untuk ukuran 175/65R15 dan ukuran ban 185/55R16 pada Honda Jazz bisa ditemukan bisa didapatkan pada lineup GT Radial GTX Pro. Ban GTX Pro juga punya penampilan desain alur yang sedap dipandang mata, ditunjang dengan kualitas performa tinggi baik di jalan kering maupun basah karena telah dilengkapi dengan teknologi Nano Silika.

Ban GTX Pro juga dapat meminimalkan suara bising yang umumnya dihasilkan pergesekan permukaan ban dan jalan yang dilalui, serta mampu memberikan impresi pengendalian yang lebih sempurna.

Kembali ke soal pertarungan abadi Honda Jazz versus Toyota Yaris, kini tidak hanya menarik disimak di sudut penjualan semata, namun juga di ajang adu kecepatan.

Di tanah air, perseteruan keduanya juga terjadi ajang balapan paling bergengsi pada kejuaraan nasional Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1600 MAX dimana sejak tahun 2017 lalu keduanya telah bersiteru hebat.

Toyota Yaris yang mengandalkan performa mumpuni Haridarma Manoppo (Toyota Team Indonesia) untuk sementara bisa mengungguli performa pembalap andalan Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, yang mengandalkan performa Honda Jazz.

Keandalan Toyota Yaris di ajang ITCC 1600 MAX juga tidak terlepas dari performa ban GT Radial SX2.

Nah, kalau kamu sendiri pilih yang mana, guys? Jadi team Honda Jazz atau team Toyota Yaris… Silakan tinggalkan komentar di bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s