TOYOTA CENTURY 2018: ROLLS-ROYCE VERSI JEPANG DIPASARKAN MULAI RP 2,5 MILIAR

Mancenegara – Sedan limousine berukuran besar dengan empat pintu ini dalam di akhir pekan ini cukup ramai diperbincangkan di jagat maya, pasalnya pada tanggal 22 Juni 2018 Toyota telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kehadiran generasi ketiga Century.

Sedan limousine ini pertama kali hadir pada tahun 1967, dan tujuan kehadiran generasi terbarunya ini sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-100 Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Group. 

Ini adalah kali pertama pula desain Toyota Century pertama kali diredesain sepenuhnya setelah 21 tahun. Tema pengembangannya menyatukan konsep tradisi asli dan evolusi berkualitas tinggi monozukuri.

Layaknya mobil mewah, new Century dilengkapi dengan fitur peralatan dan kenyamanan canggih, disertai sejumlah penyempurnaan dengan tujuan menciptakan ketenangan dan stabilitas laju yang lebih baik.

Untuk model 2018 ini, panjangnya bertambah 7,62 cm dan jarak sumbu rodanya melar 6,35 cm. Lebarnya juga nambah 5,08 cm dan tinggi nambah 2,794 cm.

Hasilnya ruang kaki buat ruang penumpang belakang pun bertambah lega, sementara lantai naik sekitar 1,524 cm.

Desain bodi juga lebih kokoh, suspensi udara yang bisa dikontrol elektronik dan ban yang khusus didesain lebih halus selama berkendara.  Nuansa kemewahan yang klasik nampak kuat pada desain interiornya, terlebih pada ruangan belakang yang memang lebih diprioritaskan sebagai ruang VIP (ya, Anda tentu tidak membeli mobil ini untuk nyupir sendiri).

Ruang kursi belakang sandaran kaki yang ada di bagian belakang kedua kursi belakang, alat pemijat, serta sandaran tangan yang dilengkapi monitor berukuran 7-inci. Nah, monitor ini memiliki sejumlah fungsi pengatur secara elektronik seperti pengatur suhu udara, buka tutup tirai, pijat dan stereo. Selain itu juga dilengkapi dengan monitor yang posisinya ada di antara dua kursi depan berukuran 11,6-inci dengan 12 kanal audio yang dikeluarkan melalui 20 speaker.

Toyota Century dibekali mesin 2UR-FSE 5,0-liter V8 hybrid system. Mesin konvensionalnya mampu memproduksi tenaga hingga 375 hp dan torsi maksimal 510 Nm. Sementara motor listriknya mampu memberikan tambahan tenaga hingga 221 hp dan torsi hingga 300 Nm.

Untuk fitur keselamatan di antaranya telah dibekali di antaranya Blind Spot Assist dan Parking Support Alert untuk membantu meringankan tugas pengemudi selama berkendara. Plus ada pula fitur Helpner dan D-Call sebagai saluran emergensi jika sesuatu yang salah terjadi.

Nah, sebagai sedan limousine mewah sekelas Rolls-Royce, Toyota hanya menargetkan angka penjualan 50 unit per bulan di Jepang. Dan harganya ada di kisaran US$178.000 atau sekitar Rp 2,5 miliar, dengan kata lain lebih mahal ketimbang Mercedes-Benz S 560 long-wheelbase yang dibanderol sekitar US$151.500 atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Itu asumsi harga di Jepang, kalau masuk Indonesia yah paling enggak harganya bisa dua kali hingga tiga kali lipat. Bagaimana, masih berminat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s