PRODUSEN OTOMOTIF INDIA SEMAKIN SERIUS GARAP PRODUKSI MOTOR BERMESIN SEDANG

Royal Enfield Classic 350 (sumber foto: Royal Enfield Indonesia)

Mancanegara (India) – Sejak tahun 2014 India telah menjadi pasar sepeda motor terbesar di dunia melewati China (data dari situs New Atlas). Di tahun finansial 2016 – 2017, sebanyak 17,59 juta motor terjual ke pasar domestik, dimana 9  dari 10 motor yang terjual memiliki kapasitas mesin 100cc – 125cc.

Hmm, mirip-mirip dengan di Indonesia yah…

Sebagai perbandingan angka penjualan sepeda motor di Indonesia justru mengalami penurunan sejak tahun 2015. Di tahun 2016, penjualan sepeda motor di Indonesia sebanyak 5,93 juta. Sementara pada tahun 2017, penjualan sepeda motor di Indonesia sebesar 5,88 juta (data dari triatmono.info).

Kembali ke penjualan sepeda motor di India pada tahun finansial 2016 – 2017 yang berkapasitas mesin lebih dari 125cc adalah (ayo coba tebak apa?), ternyata jawabannya adalah Royal Enfield 350 Classic.

Nah, jika Anda naksir dengan motor di luar 125cc terlaris di India ini gak perlu khawatir. Pasalnya buat peminatnya berdomisili di wilayah Jabodetabek dan Bali sudah ada jaringan dealershipnya. Silakan kunjungi situs https://royalenfield.com/id/, di sana motor tersebut saat artikel ini dibuat dan diunggah banderolnya Rp 72,9 juta on the road Jakarta.

Maraknya angka penjualan motor di India dalam beberapa tahun terakhir kabarnya tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi yang positif dan pembangunan infrastruktur jalan secara skala besar.

Hmm, lagi-lagi mirip di Indonesia yah?! Hmm, patut ditelusuri lebih jauh apakah di India juga timbul trend perilaku nyinyiers kayak di tanah air…

Naiknya pamor Royal Enfield di pasar India rupanya juga mengundang para kompetitor untuk mengikuti jejak sukses. Paling agresif adalah pabrikan motor Bajaj (yang sudah kabur dari pasar Indonesia yang super keras). Pasalnya Bajaj diketahui membangun afiliasi dengan tiga merek populer sekaligus yaitu KTM, Triumph dan Husqvarna.

Seolah tidak ingin kalah persaingan, TVS yang merupakan pabrikan motor terbesar ketiga di India seperti telah diketahui menjalin kerjasama serius. Motor andalan TVS dengan mesin terbesar yang pernah dibuat yaitu Apache RR 310 telah mulai dipasarkan. Motor sport dengan basis mesin yang sama dengan BMW G 310 R ini juga sudah dipasarkan di Indonesia, tepatnya di arena Jakarta Fair Kemayoran yang dimulai 23 Mei lalu dan sedianya berakhir di tanggal 1 Juli 2018 mendatang.

Pabrikan India yang juga serius menggarap pasar sepeda motor dengan kapasitas mesin sekelas lineup model Royal Enfield adalah Mahindra yang menjalin kerjasama serius dengan Peugeot, BSA dan Jawa.

Kalau kamu sendiri masih suka motor bermesin 100 – 125cc, atau mulai naik kelas juga, guys? Silakan tinggalkan komentar di bawah yah. Terima kasih sudah mampir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s