MENGUKUR PRESTASI SUZUKI HINGGA SERI 7 MOTOGP 2018

MotoGP – Saat artikel ini dibuat Sabtu 30 Juni 2018, MotoGP tahun ini telah menyelesaikan tujuh seri prestasi tim Suzuki Ecstar dapat dikatakan lumayan.

Alex Rins pembalap 22 asal Spanyol yang dipertahankan tahun depan bisa sekali meraih podium 3 di seri 2 di Argentina pada 8 April 2018.

Sementara rekan setimnya Andrea Iannone malah lebih mengkilap karena berhasil dua kali meraih podium 3 di seri 3 di Amerika pada 22 April 2018 dan pada seri 4 di Jerez pada 6 Mei 2018. Sayangnya pada musim depan, Andrea Iannone sudah dipastikan didepan dan posisinya digantikan oleh Joan Mir. 

Joan Mir adalah pembalap usia 20 tahun asal Spanyol yang merupakan juara Moto3 pada tahun 2017, dan pada musim ini berlaga di kejuaraan Moto2 yang untuk sementara ini di posisi ke-6 serta dua kali berhasil meraih podium ketiga pada seri kelima dan keenam.

Kembali ke performa tim Suzuki Ecstar di musim balapan 2018 ini dapat dikatakan lebih baik dibanding prestasi di musim MotoGP 2017 lalu yang sama sekali gagal meraih podium melalui dua pembalapnya tersebut.

Menurut pengamatan jbkderry.com kendala performa Suzuki GSX-RR adalah durabilitasnya untuk terus bertarung konsisten di depan hingga garis finish sebagaimana yang ditunjukkan Honda RCV213V ataupun Ducati Desmosedici GP18.

Bahkan dibanding performa YZR-M1 yang masih belum cukup kompetitif dibanding dua motor di atas, konsistensi Suzuki GSX-RR masih kalah dalam hal pencapaian.

Hal ini dapat dilihat malam tujuh seri yang telah digelar musim ini, dimana Alex Rins tercatat empat kali DNF, sementara rekannya Andrea Iannone pernah sekali DNF di seri ke-5 di Perancis. Hal ini tentu merugikan dalam upaya pemburuan poin.

Soal durabilitas dan konsistensi yang masih menjadi PR besar Suzuki ini memang bukan semata terletak pada faktor motor semata, karena faktor ban Michelin yang mulai masuk di MotoGP pada tahun 2016 menggantikan Bridgstone juga menjadi faktor yang sampai saat ini masih kerap dikeluhkan pembalap dan tim.

Di samping itu, Suzuki sendiri baru kembali ke ajang MotoGP pada tahun 2015 setelah absen pada tahun 2012 – 2014. Dua hal terakhir disebut bisa jadi semacam “excuse” Suzuki untuk menyangi tiga rival tim pabrikan terberatnya di MotoGP.

Di musim depan, Suzuki Ecstar bisa dikatakan tampil cukup berani dengan dua pembalap young guns.

Penasaran dengan kelanjutan performa tim Suzuki Ecstar? Kamu bisa punya kesempatan langsung nonton dan ketemu pembalap Suzuki Ecstar pada MotoGP Malaysia 2018 pada 4 November mendatang.

Caranya dengan membeli motor 150cc produksi Suzuki (Suzuki All New Satria F150, GSX-R150 dan GSX-S150) mulai tanggal 1 Juli hingga 30 September mendatang.

Setiap konsumen yang telah berhasil melakukan pembelian akan berhak mendapatkan satu (1) lembar kupon undian yang wajib diisi dengan lengkap, dan akan diikutsertakan pada pengundian program yang dilakukan pada tanggal 4 Oktober 2018.

Setelah itu, pemenang yang terpilih akan diumumkan melalui website resmi www.suzuki.co.id dan akun Facebook Fanpage resmi Suzuki Motorcycles Indonesia. Pajak undian ditanggung oleh PT Suzuki Indomobil Sales.

Para pemenang program nantinya mendapatkan beragam keuntungan seperti tiket nonton MotoGP di Sepang, tiket pesawat pulang pergi Jakarta – Kuala Lumpur – Jakarta, penginapan dan juga akomodasi selama berada di Malaysia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s