MARC MARQUEZ MENANG DALAM PERTARUNGAN TERBAIK MOTOGP 2018 DI ASSEN

MotoGP (Assen Circuit) – Seri ke-8 MotoGP 2018 di sirkuit Assen – Belanda, Minggu 1 Juli, nampaknya akan menjadi salah satu pertarungan terbaik di musim balap tahun ini.

Pertarungan untuk menjadi yang terbaik melibatkan setidaknya delapan balapan; Marc Marquez, Alex Rins, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Cal Crutchclow, Jorge Lorenzo, dan Johann Zarco. 

Ini adalah pertarungan terketat yang membuat napas sering tertahan dalam 26 lap. Silih berganti menjadi pemimpin balapan sepanjang balapan. Jorge Lorenzo yang start dari posisi 10, pembalap Spanyol yang akan hengkang ke Repsol Honda musim depan bisa langsung memimpin balap.

Beberapa kali pembalap bersentuhan saking serunya; Marc Marquez vs Alex Rins ataupun Marc Maquez vs Maverick Vinales.

Kunci kemenangan Marc Marguez ada pada dua lap terakhir. Ya harus diakui perpaduan terbaik antara pembalap dan motornya di musim ini adalah Marc Marquez dan Honda RC213V 2018.

Marc Marquez bisa menciptakan gap di atas 1 detik setelah pada dua lap terakhir. Dengan hasil ini, Marc Marquez semakin kokoh di puncak klasemen dengan nilai 140, dan merupakan kemenangan kelimanya di musim ini.

Kejutan juga diciptakan oleh Alex Rins dari Suzuki Ecstar yang berhasil meraih podium kedua, dan semakin membuktikan jika pengembangan Suzuki GSX-RR 2018 mulai nampak bisa bersaing dengan performa motor pabrikan Honda dan Ducati.

Sebaliknya Yamaha Movistar MotoGP masih belum menemukan solusi terbaik untuk bersaing untuk posisi terdepan, khususnya di trek lurus ketika berhadapan dengan motor tim pabrikan Ducati, Desmosedici GP 18.

Meski demikian, hasil di Assen menunjukkan jika performa YZR-M1 2018 mulai membaik. Terbukti untuk pertama kalinya di musim ini, Maverick Vinales bisa memberikan kado spesial di hari ulang tahun ke-63 Yamaha pada 1 Juli 2018, dengan untuk pertama kali bisa meraih posisi podium di musim ini.

Maverick Vinales bisa meraih podium ketiga, setelah melalui pertarungan ketat dan sempat bersentuhan dengan Marc Marquez untuk meraih titel juara di seri kali ini.

“Ya, saya cukup senang performa motor mulai menunjukkan level yang saya harapkan. Saya malah sempat berpikir dapat menang kali ini,” kata Maverick Vinales saat di wawancarai pasca race.

Seri kesembilan MotoGP 2018 akan berlangsung di sirkuit Sachsenring pada tanggal 15 Juli 2018. Sampai ketemu dua minggu lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s