MENYUSURI PALEMBANG BERSAMA UD TRUCKS INDONESIA (HARI PERTAMA)

Foto awak media undangan UD Trucks Indonesia Media Check and Drive, dengan latar Sungai Musi dan Jembatan Ampera.

Palembang – Rabu 4 Juli 2018 atas undangan UD Trucks Indonesia, jbkderry.com berkunjung ke Palembang untuk meliput kegiatan Check and Drive yang pertama kali dilaksanakan di kota besar di luar pulau Jawa.

Sebelumnya kegiatan Check and Drive dari UD Trucks Indonesia telah sukses dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya. Baca juga UD TRUCKS GELAR KEGIATAN CHECK AND DRIVE DI PALEMBANG.

Ikonik Jembatan Ampera yang legendaris itu.

Kegiatan Check and Drive di kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan sedianya baru dilaksanakan pagi hari ini (5 Juli 2018) pada saat artikel ini dibuat dan diunggah. Jadi praktis di tanggal 4 Juli 2018 belum ada kegiatan resmi selain makan malam di Rumah Makan Sri Melayu di jalan Lemang Lebar Daun no. 1 bersama manajemen UD Trucks Indonesia dan Astra International UD Trucks Sales Operation.

Sekitar pukul satu siang, pesawat Garuda dari Terminal 3 Bandara Soetta di Jakarta yang membawa awak redaksi jbkderry.com bersama sembilan awak media lainnya dan perwakilan agensi PR UD Trucks Indonesia tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, setelah menempuh penerbangan sekitar 46 menit.

Sebuah durasi waktu penerbangan domestik tersingkat yang pernah dilakoni awak redaksi jbkderry.com.

Benteng Kuto Besak, sayang kami belum diperbolehkan berkesempatan berkunjung ke dalamnya.

Setibanya di Palembang, mbak Ryne yang merupakan PR Agensi UD Trucks Indonesia mengajak kami ber-10 ke Benteng Kota Besak. Sepanjang perjalanan menuju ke sana, jbkderry.com mengamati pembangunan infrastruktur jalan yang tengah menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang mulai tanggal 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Sebuah momen istimewa buat negeri ini mengingat event Asian Games baru kembali dilaksanakan di Indonesia setelah 56 tahun kemudian. Asian Games pernah dilaksanakan di Indonesia pada tahun 1962. Hal ini tentu bisa membantu mempromosikan Indonesia khususnya dari sektor pariwisata ke mancanegara.

Pembangunan infrastruktur LRT Palembang juga nampaknya telah rampung, Bahkan dari informasi di dunia maya, kereta ringan itu telah mulai diuji jalan sejauh 23,4 km pada saat artikel ini dibuat. Artinya sedianya akan lebih dulu beroperasi ketimbang di wilayah Jakarta.

Sajian durian khas dan sedap di Pasar Kuto Palembang yang ikonik.

Butuh perjalanan sekitar sejam untuk kami tiba di Benteng Kuto Besak. Sayang setibanya di sana, kami belum boleh masuk ke dalam lokasi. Alhasil, kami hanya meluangkan waktu di pinggiran Sungai Musi sembari melihat Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat) yang dibangun pada era Presiden Soekarno pada tahun 1962 dan diresmikan pada tahun 1965.

Ya, Indonesia ini memang sangat indah dengan alam dan tradisinya. Berada di sekitar Sungai Musi di waktu siang menjelang sore itu membuat orang-orang yang masih punya hati akan merasa takzim. Ya, siapapun rasanya akan mudah takjub melihat Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera sekaligus yang membelah kota Palembang menjadi dua.

Itu pulalah alasan Presiden Soekarno untuk mewujudkan mimpi masyarakat Palembang memiliki jembatan di atas Sungai Musi sekaligus menghubungkan kedua daratan. Sayang juga kami di sana di waktu matahari masih muncul, andai malam lampu di Jembatan Ampera akan menyala indah.

Di malam harinya setelah tuntas makan malam di RM Sri Melayu, mbak Ryne dan kawan sekantornya yang ramah mengajak kami melahap durian di Pasar Koto yang legendaris itu.

Sekitar 10 buah durian plus bonus satu buah dibuka untuk kami, meski ada beberapa yang tidak doyan. Buat awak redaksi jbkderry.com yang bertumbuh di kota Makassar, durian adalah makanan “wajib” masyarakat di segala lapisan umur.

Well, sementara itu catatan perjalanan di hari pertama menyusuri kota Palembang kali ini. Nantikan artikel lebih lanjut mengenai perjalanan di kota ini. Anda pun bisa melihat beberapa foto dan potongan video pendek perjalanan kali ini di akun Instagram @derry.journey.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s