ANOMALI OPERAN A LA PERANCIS DAN PENGKHIANATAN KING HENRY

sumber foto: The New York Times dan Fox Sport.

Piala Dunia 2018 (Semi Final) – Rabu dinihari 11 Juli 2018 pukul satu WIB adalah pertama kali jbkderry.com menonton pertandingan Piala Dunia tahun ini secara penuh, pertandingan semi final antara Perancis versus Belgia di Saint Petersburg Stadium.

Secara skuat, Belgia nampak lebih menakutkan di atas kertas. Bayangkan di sana ada nama-nama mentereng seperti Romelu Lukaku (Manchester United), Eden Hazard (Chelsea), Kevin De Bruyne (Manchester City), Marouane Fellaini (Manchester United), Vincent Kompany (Manchester City), serta kiper jangkung Thibaut Courtois (Chelsea).

Plus di bangku manajer timnas Belgia ada sosok asisten pelatih Thierry Henry atau King Henry yang pernah menjadi sosok menakutkan sebagai striker andalan timnas Perancis saat menjadi juara Piala Dunia 1998 dan juara Piala Eropa 2000.

Tidak heran, sebelum pertandingan dimulai, “pengkhianatan” King Henry diyakini akan mampu membungkam strategi Didier Deschamp untuk timnas Perancis.  Terlebih perjalanan timnas Belgia di usia keemasan para pemain bintangnya terhitung lebih mentereng ketimbang skuat timnas Perancis, serta selalu mengantungi kemenangan termasuk saat membungkam timnas Brazil di babak perempat final dengan skor 2-1.

Keyakinan akan mampu melewati hadangan Perancis pun nampak semakin nyata pada 45 menit pertama pertandingan semifinal tersebut. Belgia lebih meyakinkan dalam ball position dan akurasi operan bola.

Eden Hazard sang kapten nampak cukup kuat untuk membuat lini pertahanan Perancis harus bekerja ekstra untuk menghentikannya. Skema serangan timnas Belgia pun nampak lebih meyakinkan melakukan penetrasi.

Sebaliknya di timnas Perancis ada sebuah skenario yang cukup aneh, karena operan-operan bola itu sifatnya anomali. Acapkali bola dioper atau diberikan ke kawan tanpa melihat, seakan ingin menunjukkan para pemain Perancis bisa menebak posisi kawan yang ingin diberikan bola dengan tepat tanpa harus melihat posisinya.

Alhasil, para pemain Belgia agak kesulitan membaca alur serangan Perancis. Hal ini juga membuat kuantitas serangan Perancis justru lebih membahayakan di sepanjang pertandingan. Dalam 2 x 45 menit di babak semifinal pertama Piala Dunia 2018, timnas Perancis berhasil melakukan 19 tembakan dan 5 di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara, timnas Belgia meski unggul secara posisi bola dan akurasi operan, namun hanya mampu melepaskan 9 tembakan dan hanya 3 di antaranya yang bisa menuju ke gawang Hugo Lloris (penjaga gawang Tottenham Hostpur).

Kemenangan Perancis sendiri dengan goal semata wayang memang bukan dari  skema serangan yang indah dan mematikan, melainkan hanya melalui servis sepak pojok dari Antoine Griezmann pada menit ke-51 yang berhasil disundul pemain bek Samuel Umtiti (dari Barcelona FC) untuk menjebol gawang Thibaut Courtois.

Setelah goal ini, jalannya pertandingan berlangsung kurang seru. Timnas Belgia nampak mulai patah arang untuk dapat merobek lini pertahanan Perancis. Sebaliknya timnas Perancis nampak lebih banyak menumpuk pemain di separuh lapangan pertahanan, sembari melambatkan tempo pertandingan dan mengandalkan serangan balik.

Nah, urusan serangan balik Perancis yang cukup mematikan untuk menjangkau gawang Courtois juga nampak membawa keraguan pada skuat timnas Belgia. Ada kekhawatiran malah bisa menciptakan blunder dan membuat gawang mereka kebobolan lagi.

Alhasil di 30 menit waktu normal yang tersisa di babak kedua praktis kedua tim nampak lebih bermain hati-hati sambil berharap ada yang melakukan keteledoran berbuah petaka, dan sayangnya sampai pluit tanda pertandingan berakhir ditiup wasit tidak ada harapan tersebut menjadi kenyataan…

Terima kasih sudah menyempatkan mampir, guys. Silakan tinggalkan komentar di bawah jika punya pendapat lain atau ingin menambahkan pesan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s