PERTARUNGAN ABADI TOYOTA FORTUNER VS MITSUBISHI PAJERO SPORT

salah satu pertanyaan paling sulit dijawab adalah pilih mana, “Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport?”

Jakarta – Salah satu pertanyaan yang paling sulit dijawab menurut jbkderry.com adalah, “Lebih baik pilih mana; Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport?”

Ya, secara dimensi secara umum setara, serta konsep chassis juga menganut chassis ladder. Soal pilihan mesin, Toyota Fortuner memang tersedia juga dalam pilihan mesin bensin selain mesin diesel. Sementara Mitsubishi Pajero Sport hanya tersedia dalam pilihan mesin diesel.

Meski demikian, hal ini tidak terlalu berpengaruh kepada pilihan konsumen. Pasalnya berdasarkan data Gaikindo hingga April 2018, Mitsubishi Pajero Sport justru mampu melampaui penjualan Toyota Fortuner. Mitsubishi Pajero Sport sudah terjual 7.353 unit, sementara Toyota Fortuner membukukan angka penjualan 6.383 unit.

Satu-satunya jawaban ideal untuk menjawab kebingungan calon konsumen adalah dengan test drive, sehingga bisa menentukan karakter kendaraan mana di antara keduanya yang paling sesuai dengan ekspektasi dan gaya mengemudi.

jbkderry.com sendiri belum pernah merasakan impresi dibalik kemudi keduanya. Untuk Fortuner generasi pertama sih sempat merasakan sekitar tahun 2004/2005, bahkan sempat merasakan impresi Fortuner versi pasar Thailand.

Nah, jika mengacu pada selera dan kebutuhan gaya mengemudi jbkderry.com, karakter Fortuner generasi pertama untuk pasar Indonesia kurang sesuai. Ada dua alasan yaitu kinerja suspensinya yang terasa agak empuk dan hentakan performa awalnya yang kurang mengesankan. Namun kesan ini justru jbkderry.com tidak temui pada Fortuner untuk pasar Thailand yang punya karakter suspensi lebih keras dan hentakan tenaga awal yang lebih dapat.

Buat jbkderry.com, kinerja suspensi yang agak rigid dan hentakan awal lebih dibutuhkan. Kinerja suspensi yang rigid mampu mereduksi efek limbung yang biasanya terjadi pada SUV yang menganut konsep chassis ladder. Sementara hentakan tenaga awal itu sangat membantu saat kondisi stop and go dan saat ingin mendahului kendaraan lain di depan yang lebih lamban.

Meski di sisi lain, kinerja suspensi yang empuk cenderung akan lebih adaptif saat melintasi jalan rusak.

Nah, kalau soal Pajero Sport, meski belum pernah berada di belakang kemudinya, namun jbkderry.com punya pengalaman test drive Mitsubishi Strada Triton, Mitsubishi Strada L200, dan Mitsubishi Xpander. Secara umum, karakter kendaraan MItsubishi lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan gaya mengemudi jbkderry.com.

Namun sekali lagi jbkderry.com tegaskan, hal ini bukanlah rekomendasi karena inti pesan artikel ini adalah sebaiknya melakukan test drive untuk menentukan mana yang lebih sesuai pada kebutuhan dan gaya mengemudi Anda.

Dan jika belum menentukan keputusan final, Anda juga bisa mencoba test drive beberapa rival sekelasnya di segmennya yaitu Chevrolet Trailblazer, Isuzu mu-X, serta salah satu rival terbaru yang sebentar lagi diperkenalkan di GIIAS 2018 yaitu Nissan Terra.

Nah, jika akhirnya sudah menentukan pilihan salah satu gubahan yang paling umum dilakukan para pemilik adalah pergantian velg dan ban.

Buat pemilik Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport tipe teratas dibekali ban standar ukuran yaitu 265/60R18. Jika opsinya adalah mengganti ban namun tetap dengan ukuran standar, salah satu pilihan baik dengan harga relatif lebih terjangkau adalah GT Radial Savero SUV.

Ban yang hadir dengan 38 ukuran tipe ini juga menawarkan ukuran ban standar keduanya yaitu 265/60R18. Kelebihan ban SUV untuk kebutuhan on road alias jalan raya ini memang ditujukan untuk segmen SUV modern seperti Fortuner dan Pajero Sport.

Ban GT Radial Savero SUV memiliki kinerja grip yang baik bahkan saat melintasi genangan air, karena kemampuannya untuk mereduksi efek aquaplanning (membuang genangan air).

Ban dengan level kebisingan yang minim ini juga membantu mengurangi beban kerja pengemudi, karena kemampuannya yang dapat mereduksi jarak pengereman dan menciptakan stabilitas laju yang lebih baik termasuk pada saat ingin menaklukkan tikungan.

Pun demikian untuk kebutuhan Mitsubishi Pajero Sport tipe Exceed dan GLX yang menggunakan ban standar ukuran 265/70R16, terdapat pilihan dengan ukuran yang sama pada lineup ukuran ban GT Radial Savero SUV.

Sementara untuk ban standar untuk Toyota Fortuner tipe G yang juga dibekali dengan pilihan ban standar ukuran 265/60R17 pilihannya bisa dijatuhkan pada model ban lain dari GT Radial yaitu Savero AT Plus.

Ban GT Radial Savero AT Plus memiliki desain alur yang memikat perhatian, dengan kemampuan yang handal baik bahkan saat melalui medan jalan yang kurang baik (ban handal segala medan).

Selain itu didukung dengan daya cengkram ban yang oke, ban ini juga memiliki level kebisingan yang rendah serta kemampuan untuk membuang kumpulan air dengan baik. Ban GT Radial Savero AT Plus juga dapat membantu memperingan kinerja pengemudi dengan membantu meningkatkan stabilitas dan respon kemudi di segala medan jalan yang dilalui.

Ban GT Radial Savero SUV terdiri dari 38 pilihan ukuran mulai ukuran rim 15 hingga 20, aspek rasio 50-70 mm, ukuran lebar 205-285, serta rating kecepatan S-V.

Sementara untuk ban GT Radial Savero AT Plus terdapat dalam 25 ukuran tipe mulai ukuran rim 15 hingga 18, aspek rasio 60-82 mm, ukuran lebar 205-285, serta rating kecepatan S-H.

Buat Anda yang ingin menaikkan ukuran diameter rim, pilihannya juga bisa dijatuhkan pada GT Radial Champiro HPY yang tersedia dalam 15 ukuran tipe mulai ukuran rim 17 hingga 20, dengan aspek rasio 40-65 mm, ukuran lebar 215-275, serta rating kecepatan V-Y.

Demikian informasi sementara, semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s