TOYOTA YARIS HARIDARMA MANOPPO SUKSES KALAHKAN DUO HONDA JAZZ DI ITCC 1600 MAX SERI 3 DI SENTUL

Haridarma Manoppo sukses mengulangi prestasi di seri kedua dengan menjadi kampiun di kelas ITCC 1600 Max (sumber foto: Instagram @toyotatti)

Sentul (Jawa Barat) – Ada beberapa hal yang semakin seru dan berbeda pada pelaksanaan seri ketiga di kelas paling bergengsi kejurnas ITCC 1600 Max yang menjadi rangkaian balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2018 di sirkuit Sentul International – Bogor, Minggu 15 Juli 2018. 

Meri Sakikawa, pembalap perempuan asal Jepang menggantikan sementara tempat Alinka Hardianti yang tengah melangsungkan pernikahan. (sumber foto: Instagram @toyotatti)

Pertama adalah soal absennya pembalap cantik Toyota Team Indonesia, Alinka Hardianti, karena tengah melangsungkan pernikahan dengan pembalap off road Andi Baihaki.

Tempat Alinka Hardianti di Toyota Yaris #34 di Toyota Team Indonesia kemudian digantikan pembalap cewek dari Jepang Meri Sakikawa yang juga pembalap profesional Toyota di Jepang.

Dalam balapan yang berlangsung 12 lap tersebut, pembalap perempuan asal Jepang tersebut harus puas finish di posisi kelima.

Hal seru kedua adalah naiknya Fitra Eri dari kelas ITCC 1500 ke kelas ITCC 1600 Max di bawah bendera tim Honda Pekanbaru – JR dengan mengandalkan performa Honda Jazz yang telah mengalami modifikasi sedemikian rupa.

Kehadiran Fitra Eri di kelas ini justru memberikan perlawanan ketat bagi pembalap senior Honda lainnya, Alvin Bahar, yang membela bendera tim Honda Racing Indonesia.

Pembalap yang juga dikenal sebagai jurnalis otomotif sekaligus K.O.L ini bahkan sempat berada di depan Alvin pada beberapa lap awal, sebelum melakukan kesalahan dan membuat posisinya melorot ke posisi ketiga hingga garis finish.

Posisi podium juara kelas ITCC 1600 Max – ISSOM 2018 seri ketiga; Haridarma Manoppo (Toyota Team Indonesia) juara 1; Alvin Bahar (Honda Racing Indonesia) juara 2; dan Fitra Eri (Honda Pekanbaru – JR) juara 3. (sumber foto: istimewa)

Hal terseru ketiga dan nampaknya yang menjadi paling utama adalah kembalinya performa Haridarma Manoppo setelah sempat DNF pada seri pertama.

Tampil dengan Toyota Yaris kebanggaannya bernomor start #39, Haridarma Manoppo sukses menyentuh garis finish sebagai juara pertama dengan keunggulan waktu 2,944 detik di depan Honda Jazz milik Alvin Bahar.

Salah satu kunci kemenangan kedua Haridarma Manoppo di kelas ITCC 1600 Max adalah keandalan ban GT Radial SX2. Leonard Gozali selaku Head of Division Marketing PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban GT Radial, yang berkesempatan menonton langsung kemenangan Haridarma Manoppo menyambut senang.

Hadir bersama pria berkebangsaan Perancis Franck Lochi yang merupakan Tire Testing Manager GT Radial, Leonard Gozali sebagaimana dikutip dari racing4.net menuturkan, pihaknya bangga bisa turut mengantarkan Haridarma Manoppo kembali ke posisi juara pertama di kelas ITCC 1600 Max.

“Kami juga melakukan diskusi sekaligus menerima masukan positif dari beberapa pembalap yang secara konsisten menggunakan ban GT Radial SX2 untuk pengembangan lebih baik ke depannya. Ban GT Radial SX2 sendiri telah mengalami beberapa improvement terutama pada ukuran 195/50R15 V82,” tutur Leonard Gozali pada Racing4.net.

Kelas ITCC 1600 Max dalam rangkaian kalender ISSOM 2018 sendiri masih akan menyisakan empat seri tersisa yaitu pada tanggal 19 Agustus, 23 September, 28 Oktober, dan seri penutup pada tanggal 2 Desember.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s