VOLVO XC40 COMPACT CROSSOVER SUV DENGAN RATING KEAMANAN 5 BINTANG

Mancanegara (Eropa) – Pasar SUV di dunia memang semakin berkembang dan diminati. Bayangkan saja pabrikan supercar sekelas Lamborghini memperkenalkan Urus pada Desember 2017 lalu. Dan seiring perkembangan pasar, pasar SUV pun semakin melebar salah satunya dengan membentuk ceruk market baru yang biasa disebut compact crossover SUV atau sub compact SUV.

Salah satu pabrikan otomotif terkemuka yang serius menggarap ceruk pasar yang satu ini adalah Volvo, brand asal Swedia yang kini mayoritas saham kepemilikannya dikuasai oleh Geely Holding Group (perusahaan otomotif asal China).

Dibanding Lamborghini Urus, Volvo memperkenalkan produk SUV andalannya beberapa bulan dini dengan nama XC40 yang diperkenalkan pada September 2017.

Dan tidak tanggung-tanggung, compact crossover SUV ini langsung dinobatkan sebagai “European Car of the Year” di tahun 2018 ini yang diumumkan pada bulan Maret lalu.

Volvo XC40 yang diproduksi di fasilitas assembly plant di Belgia dihadirkan dalam dua model sistem penggerak roda yaitu roda depan (front wheel drive) dan all-wheel drive.

Indikator utama Volvo XC40 masuk di segmen sub compact SUV tentu adalah dimensinya, dengan ukuran panjang 4.425 mm, lebar 1.863 mm saat kaca spion dilipat dan 2.034 mm saat kaca spion dibuka, tinggi 1.625 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.702 mm.

Sebagai informasi pelengkap di Indonesia, segmen ini juga telah diramaikan oleh banyak pemain seperti Mercedes-Benz GLA200, BMW X2, Toyota C-HR, Honda HR-V, Mazda CX-3, dan Chevrolet Trax.

Kembali ke Volvo XC40, dimana compact crossover SUV ini hadir dengan beberapa pilihan mesin yaitu mesin bensin 3-silinder segaris 1,5-liter, mesin bensin 4-silinder segaris 2,0-liter, serta mesin diesel 4-silinder segaris 2,0-liter. Seluruh lineup mesin dilengkapi dengan turbocharger.

Demikian pula dengan pilihan transmisinya ada tiga pilihan yaitu manual 6-percepatan, 7-percepatan DCT, serta 8-percepatan otomatis.

Soal fitur keamanan atau keselamatan, XC40 juga dibekali dengan sederet amunisi kelas atas khas Volvo di antaranya teknologi Intellisafe yang didesain untuk mencegah insiden mobil keluar dari jalan, teknologi ini bekerja dengan sistem sensor canggih yang dapat mendeteksi potensi tersebut.

Tentu masih ada fitur-fitur keselamatan canggih yang membekalinya, tapi untuk meringkasnya, Anda bisa membuka situs Euro NCAP. Pasalnya pada Selasa 18 Juli 2018, redaksi jbkderry.com mendapat email dari Euro NCAP mengenai data rating terbaru dari mobil-mobil baru di Eropa yang diuji rating keselamatan dan keamanannya.

Hasilnya tidak mengherankan buat jbkderry.com, karena Volvo XC40 berhasil meraih rating keamanan tertinggi 5-Bintang. Kendaraan berdesain compact crossover SUV ini berhasil mendapat rating proteksi penumpang dewasa dengan skor 97 persen sekaligus menempatkannya dalam jajaran 5 mobil terbaik dalam hal aspek keselamatan yang pernah diuji Euro NCAP dalam tiga tahun terakhir.

“Sangat menyenangkan melihat pihak manufaktur yang sangat merespon tuntutan standar baru melalui aplikasi teknologi yang dapat lebih menyelamatkan nyawa manusia,” kata Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal dari Euro NCAP.

Hmm, kira-kira masuk Indonesia gak yah dalam waktu dekat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s