PENGALAMAN MERASAKAN JALAN ALTERNATIF DI PUNCAK BOGOR

Bogor – Terkadang ada baiknya kita meletakkan sejenak teknologi jauh dari jangkauan tangan, dan mengembalikan hidup pada hal-hal yang menantang dan penuh petualangan alami. Pasalnya, teknologi acap kali membuat hal-hal jadi lebih mudah dan terprediksi.

Hal itulah yang dilakukan jbkderry.com pada Sabtu 14 Juli 2018, yang menjauhkan diri dari teknologi pembantu di smartphone dan koneksi internet. Tidak ada Google untuk mengetahui jadwal buka tutup Puncak Bogor di hari Sabtu. Pun demikian tidak ada Google Map untuk melihat kondisi lalu lintas terkini. 

Mengawali perjalanan dari Ciamis sekitar pukul tiga dinihari, dan shalat Subuh di kawasan Garut sebelum pertigaan Cagak Nagreg, Darth Vader masuk kawasan Puncak di pukul sembilan pagi dan teng, ternyata jam buka tutup dari arah Puncak ke Bogor sudah dimulai. Kami pun harus menunggu cukup lama dalam antrian panjang kendaraan roda empat.

Sempat beberapa kali pengendara motor dari warga sekitar menawari untuk memandu melewati jalur alternatif. Tidak semua mobil ditawari, tapi salah satunya Darth Vader. Mungkin mereka berpikir, SUV pasti tangguh.

Sempat pula jbkderry.com bertanya pada seorang bapak yang menawarkan jasa, namun dia menyebut angka yang cukup mencengangkan, “Seratus lima puluh ribu saja, pak.”

Sontak tawarannya langsung ditolak.

Setelah satu setengah jam mengantri, mobil kami yang berada di sisi luar lajur diarahkan masuk ke jalan alternatif di antara perkebunan teh. Padahal sebenarnya bukan salah kami berada di sisi luar, tapi beberapa mobil memang parkir di pinggiran bahu jalan yang sempit, dan ada beberapa mobil pula yang memaksa melambung dari sisi kiri. Padahal lajur yang ada sebenarnya untuk satu mobil.

Yup, itulah potret ironis negeri kita yang masih terjadi sampai sekarang. Punya mobil tapi perilaku mengemudinya masih bar-bar, peduli setan pengguna jalan yang lain yang penting dirinya cepat lolos.

Kembali ke soal jalur alternatif di Puncak. Sebelum Anda melihat di video perjalanan tersebut, kami sebelumnya harus melintasi jalur turunan bebatuan dan sempat melintasi seperti sungai kecil.

Selebihnya seperti yang  Anda lihat di video, Darth Vader yang dimensinya sebenarnya cukup lebar dibawa masuk ke kawasan pemukiman padat dan jalanan rusak. Kami juga sempat melintasi pinggiran jurang seperti yang nampak pada foto di atas.

Secara umum perjalanan melintasi jalur buka tutup dan jalur alternatif di Puncak Bogor terhitung seru, ini adalah pengalaman yang berkesan. Sebuah liburan sederhana yang cukup menyenangkan, meski agak melelahkan juga. Apalagi kalau ketemu mobil-mobil yang berlomba salip kiri di jalan satu lajur itu rasanya cihuy…

Terima kasih sudah menyempatkan mampir, sampai ketemui di cerita perjalanan kami berikutnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s