SECANGKIR KOPI BERSAMA HEAD OF MARKETING DIVISION GAJAH TUNGGAL DI GIIAS 2018

Tangerang – Kamis 2 Agustus 2018 di hari pembukaan GIIAS 2018 di ICE – BSD City Tangerang, jbkderry.com berkesempatan ngobrol dan ngopi bareng Leonard Gozali selaku Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk.

Kesempatan berharga itu pun dimanfaatkan untuk bertanya banyak hal mengenai kebutuhan ban di berbagai sektor otomotif. Berikut petikan wawancaranya…

Tanya: Apa yang dibawa Gajah Tunggal di GIIAS 2018 ini?

Jawab: Sesuai dengan tema pameran yang kami bawa tahun ini “Tires for Any Road, Any Vehicle, Any Journey”, kami menonjolkan produk-produk ban kami yang sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia. Mulai dari ban TBB (truck & bus bias), ban TBR (truck & bus radial), ban motor IRC, ban Zeneos yang merupakan ban replacement untuk kebutuhan gaya hidup, dan tentu saja yang lebih ditonjolkan adalah ban mobil GT Radial.

Tanya: Dari perspektif pengunjung dan calon konsumen di GIIAS 2018, apa manfaat yang mereka bisa dapatkan melalui kesempatan ini?

Jawab: Di GIIAS 2018 ini kami kembali bekerjasama dengan pihak velg JF Luxury yaitu menyediakan paket jualan yang lebih menguntungkan dan hanya bisa didapatkan selama penyelenggaraan GIIAS 2018.

Saat konsumen melakukan transaksi pembelian, kami juga menyediakan pengalaman layaknya ketika bertransaksi di Tirezone (gerai resmi GT Radial yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia).

Ada juga banyak program khusus dan menarik selama penyelenggaran GIIAS 2018, termasuk kesediaan hadiah.

Tanya: Bagaimana Anda melihat situasi pameran di GIIAS 2018 saat ini?

Jawab: Melihat banyaknya partisipan di ajang GIIAS 2018, termasuk keberadaan merek mobil asal Cina, menunjukkan pasar mobil penumpang di Indonesia memiliki potensi yang baik dan semakin kompetitif.

Keberanian mereka untuk membuka pabrik dengan nilai investasi yang besar tentu juga didasari dengan pertimbangan mereka melihat adanya permintaan konsumen. Dan jika ada permintaan tentu terkait dengan penjualan.

Sebagai produsen ban terkemuka di Indonesia, tentu kami menyambut senang situasi ini. Menjadi tantangan pula bagi kami untuk terus menjaga reputasi sebagai ban pilihan OEM dari beberapa produsen mobil terkemuka yang ada di Indonesia.

Masuknya ban buatan GT Radial sebagai ban OEM sekaligus menunjukkan kualitas produk ban, karena tentu telah melalui berbagai ragam standar pengujian yang berat dari masing-masing pabrikan mobil.

Tanya: Di segmen kendaraan penumpang, model kendaraan apa yang paling banyak menyerap ban produksi GT Radial?

Jawab: Di segmen mobil penumpang, grafik penjualan yang terus masih datang dari segmen kendaraan LCGC. Kebutuhan ban GT Radial di segmen inti terus berkembang positif seiring makin tumbuhnya minat beli konsumen di segmen ini.

Di segmen SUV yang juga terus semakin diminati, produk ban kami yaitu Savero AT Plus dan Savero SUV menyumbang volume penjualan terbanyak. Ban Savero AT Plus yang memberikan sumbangsih terbesar karena kemampuannya untuk bisa melahap trek aspal namun juga bisa dipakai untuk kebutuhan light off road.

Ban Savero AT Plus sekitar 70 persen digunakan untuk kebutuhan kendaraan SUV di jalan raya, sementara 30 persen di antaranya dipakai untuk kebutuhan light off road. Sementara ban Savero SUV menjadi pilihan utama bagi konsumen yang sepenuhnya untuk kebutuhan jalan raya beraspal.

Saat ini, GT Radial dapat dikategorikan sebagai salah satu merek ban terpercaya di Indonesia.

Tanya: Bagaimana dengan pasar kendaraan truk yang nampak semakin berkembang positif di Indonesia? 

Jawab: Kami juga semakin serius menggarap pasar ban untuk kendaraan truk dan bus di tanah air. Salah satunya dengan melakukan re-branding ban Gajah Tunggal menjadi Giti yang merupakan ban TBR (truck & bus radial). Khususnya sejak pelaksanaan GIICOMVEC pada tahun 2017 lalu.

Sementara untuk ban TBB (Truck & Bus Bias) kami tetap menggunakan merek Gajah Tunggal yang saat ini menguasai pangsa pasar, dan telah menjadi pilihan OEM dari pabrikan Hino, UD Trucks, Fuso, dan Isuzu. Bahkan ban TBB Gajah Tunggal juga menjadi ban OEM untuk pasar truk premium seperti Volvo Trucks dan Mercedes-Benz.

Ban bias Gajah Tunggal sendiri sudah terkenal ketangguhannya, terlebih masih banyak kendaraan truk di tanah air yang membawa muatan yang overload

Seiring membaiknya fasilitas infrastruktur di Indonesia sendiri, kami juga percaya ban TBB akan diganti dengan ban TBR. Dalam hal ini juga terus melakukan edukasi pada masyarakat, mengingat aplikasi ban TBR berbeda dan lebih spesifik.

Penggunaan ban TBR membuat perhitungan biaya per kilometernya juga beda dan lebih baik seperti yang telah terjadi di negara-negara maju yang memiliki kualitas infrastruktur yang baik seperti di Eropa.

Tanya: Bagaimana pihak Gajah Tunggal menjaga kualitas produksi bannya untuk senantiasa menjadi pilihan terbaik?

Jawab: Pengembangan ban kami senantiasa mengalami peningkatan kualitas dari waktu ke waktu. Terbukti saat ini ban GT Radial sudah diekspor ke lebih dari 80 negara sejak tahun 1990an hingga kini, dan tercatat sudah lebih dari 120 juta ban GT Radial telah terjual.

Pasar ekspor terbesar ban GT Radial saat ini dari Timur Tengah dan Eropa, demikian juga di Amerika Serikat. Hal ini membuktikan juga jika kualitas ban GT Radial telah berkualitas skala internasional.

Kualitas ban GT Radial yang didapatkan konsumen tentu sesuai yang dibayarkan oleh konsumen. Selain pembuktian sebagai pasar OEM dan pasar ekspor, keterlibatan GT Radial di pameran terkemuka seperti GIIAS, serta kesediaan kami mensponsori berbagai event lain seperti balapan dan komunitas juga menunjukkan bagaimana kualitas ban kami pasti andal dan terpercaya.

Itu salah satu penjelasan indikator termudah untuk menunjukkan kualitas ban produksi PT Gajah Tunggal Tbk.

jbkderry.com: Terima kasih atas kesempatan waktu dan kesediaannya berbagai informasi. Semoga sukses selalu

Jawab: Terima kasih kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s