HONDA SUPER CUB C125 BUKTI ORANG INDONESIA SUKA GAYA VINTAGE

Jakarta – Pelaksanaan pameran otomotif tahunan GIIAS 2018 lalu (2-12 Agustus) di ICE – BSD Tangerang tidak hanya menjadi catatan khusus bagi para produsen kendaraan mobil, truk dan bus, tetapi juga pabrikan sepeda motor sekelas Honda.

Bayangkan saja Honda Super Cub C125 yang dipasok dari Thailand dengan banderol Rp 55 juta bisa laris manis merebut atensi publik, eh, sori, malah merebut isi dompet pengunjung GIIAS 2018. Gak percaya? Gak perlu penjelasan panjang cukup klik “Super Cub 125 GIIAS 2018”, seuabrek informasi tentang moped yang diterjemahkan ulang dari motor bebek jadul Honda C70 yang bisa disimak.

Sekadar menyegarkan ingatan para pembaca, Honda C70 diperkenalkan pertama kali tahun 1958. Hmm, sederhananya jadi motor kebanggaan para kakek dari anak-anak zaman now, hmm, atau jangan-jangan bapaknya kakeknya…hahahaha…

Tapi Honda C70 memang legendaris, guys. Buktinya selama eranya hidup bisa terjual lebih dari 100 juta unit. 

Laris manisnya Honda Super Cub C125 juga menjadi bukti jika orang Indonesia saat ini pada motor-motor berdesain vintage (tahun 1920an – 1960an) dan retro style (1970an – 1990an).

Terilhami dari motor bebek jadul tentu tidak membuatnya tua banget buat segmen kakek nenek. Sangat mudah dilihat dari desainnya jika Honda Super Cub C125 membidik anak-anak zaman now  yang ingin tetap tampil klasik tapi tetap up to date.

Harganya saja Rp 55 juta alias nambah Rp 2,8 juta sudah bisa dapat skutik premium Yamaha XMAX 250. Tapi ini kita bicara soal “Honda” dimana loyalisnya merupakan yang terbesar di segmen sepeda motor di negeri ini…

Ada Apa di Honda Super Cub C125

Bukti pertama motor bebek berdesain vintage ini tetap kekinian adalah buat ngidupinnya gak pake anak kunci lagi, guys. Namanya Honda Smart Key System, jadi buat ngidupinnya sudah paket remot plus knob putar.

Sistem kunci ini selain buat gaya dan memudahkan penggunaan motor, juga relatif lebih aman dari maling yang jail (yah, namanya juga maling pasti jail yah, guys…)

Terus lampunya sudah gak ada lagi yang namanya pake bohlam, fungsinya sudah diganti pakai lampu LED yang lebih terang namun lebih hemat daya. Demikian pula mesinnya yang sudah menggunakan teknologi suplai bahan bakar injeksi.

Nah, tidak semua juga serba modern. Di areal panel instrumen misalnya, desainer dan engineer Honda yang dilibatkan pada produksinya di Thailand menggunakan kombinasi panel instrumen analog dan digital. Jadi kesan vintagenya tetap terasa pas, kalau anak muda zaman now pengen ngebayangin zaman kakek dan bokapnya naik motor di era baheula.

Buat yang khawatir gak bisa berboncengan seperti saat dipajang di GIIAS 2018, sebenarnya masih ada areal atau space buat jok custom. Ups, rasanya gak perlu diberitahulah urusan custom bike di negeri ini, orang pak Presiden Jokowi saja suka motor custom. 

Ada tiga pilihan warna yang bisa konsumen pilih yait kombinasi putih-hitam, merah-putih, dan yang paling keren (menurut jbkderry.com) adalah pilihan warna biru-putih dengan jok warna merah.

Penasaran spesifikasi mesinnya, simak langsung di bawah saja yah…

Tipe Mesin Pendinginan Udara, SOHC 4 langkah
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter X Langkah 52,4 x 57,913 mm
Tipe Tranmisi Manual, 4 – kecepatan
Rasio Kompresi 9,3 : 1
Daya Maksimum 6,76 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,79 Nm / 5.000 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Wet, Multiple With Coil Spring
Tipe Pendinginan Pendinginan Udara

Spesifikasi rangka dan kaki-kaki:

Tipe Rangka Back Bone, Steel
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Swing arm dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan 70/90-17 M/C 38P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 80/90-17 M/C 50P (Tubeless)
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Mechanical Leading Trailing
Sistem Pengereman Tromol

Dimensi dan Beratnya, simak langsung di bawah:

Panjang X Lebar X Tinggi 1.910 x 718 x 1.002 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Sumbu Roda 1.243 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 136 mm
Curb Weight 107 Kg

Kapasitas tangki dan oli mesin, langsung simak di bawah:

Kapasitas Tangki Bahan Bakar 3,7 liter
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 L (Penggantian Periodik)

Ganti Ban?

Ups, gak hubungannya dengan kondisi politik yah, tapi urusan ganti ban biasanya jadi salah satu hal yang kudu bagi para pemilik motor yang demen desain custom.

Nah, berhubung artikel ini dibuat hari Jumat pas hari Kemerdekaan RI yang ke-73 (17 Agustus 2018), salah satu pilihan paling tepat adalah produk ban IRC yang dibuat oleh PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban kebanggaan anak bangsa yang telah berkiprah internasional baik dalam hal penjualan, reputasi serta prestasi prestisius.

Ada beberapa pilihan ban IRC yang pas untuk jadi pilihan konsumen pengguna Honda Super Cup C125 yaitu:

Pilihannya ada banyak, guys. Ada ban IRC NR72 dengan desain kembangan yang menarik dan cocok untuk semua kondisi jalan raya dan tahan lama. Ban ini punya desain alur tengah dengan celah antar kembangan bintang lebih lebar satu arah, serta andal dalam pembuangan air yang sempurna dan efektif pada pengereman.

Lalu ada ban IRC NR73 dengan fitur utama di antaranya desain alur tengah dengan kembangan satu arah yang bersayap, serta dapat memberikan kenyamanan dan kestabilan berkendara dengan respon yang baik. Serta ada ban IRC NR73S dengan desain alur tengah dengan kembangan satu arah yang bersayap, serta dapat memberikan kenyamanan dan kestabilan berkendara dengan respon yang bagus.

Pilihan lainnya ada ban IRC NR80 dengan desain alur searah yang saling bersilangan (kembangan searah yang menyerupai anak panah). Ban ini sangat efektif di jalan basah dan stabil di tikungan, serta dapat mengoptimalkan pengereman di berbagai kondisi jalan terutama jalan basah.

Serta ada juga pilihan ban IRC NR82 dengan desain kembangan searah (alur tengah zig-zag dengan kembangan satu arah) untuk memberikan performa dan stabilitas yang optimal, serta dapat memberikan kenyamanan dan kestabilan berkendara dengan respon yang bagus.

Awrait, guys. Demikian dulu informasinya, semoga ada manfaatnya yah. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung.

(notes: sumber foto website Astra Honda Motor)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s