FIRST DRIVE IMPRESSION HYUNDAI SANTA FE TERBARU

Jakarta – Salah satu keenakan tersendiri menjadi blogger otomotif (dulu “jurnalis otomotif”) adalah bisa berkesempatan mengendarai mobil-mobil baru.

Dan hal ini sudah jbkderry.com jalani selama 17 tahun terakhir, termasuk ketika di GIIAS 2018 saat berkesempatan mengendarai mobil (eh, tepatnya SUV) yang paling disukai pengunjung (mobil terfavorit GIIAS 2018), Hyundai Santa Fe generasi keempat yang baru saja dipasarkan untuk masyarakat Indonesia di pameran otomotif tahunan tersebut. 

Kalau bicara tampilan luar dan dalamannya sih komennya sederhana saja, “keren banget”. Bila berkesempatan memilikinya kelak, itu sudah kayak bersanding di pelaminan sama cewek impian, beneran nih. Coba saja lihat langsung dan usahakan test drive untuk mendapatkan sensasi pengalaman mengendarainya seperti jbkderry.com.

Berada di balik kemudi versi tertinggi All New Hyundai Santa Fe XG CRDi yang banderol harganya Rp 569 juta on the road jadetabek pada saat artikel ini dibuat dan diunggah, langsung terasa perubahan interiornya.

Ya, melalui rekayasa desain terbaru Fluidic Sculpture 2.0, Peter Schreyer dan Luc Donckerwolke yang merupakan dua desainer otomotif berkelas dunia, sektor perubahan yang memikat sangat terasa di tampilan eksterior dan interior.

Kalau mengutip di jenis dialog di film-film bertema cinta di Hollywood, SUV satu ini pas banget dikutipkan kalimat legendaris, “You’re gonna love it.”

Anda bisa melihat langsung nuansa kemewahan yang sangat sedap dipandang pada foto di bawah ini:

sumber foto: Hyundai Mobil Indonesia.

jbkderry.com sendiri sangat suka melihat desain lingkar setir, posisi head unit yang kekinian (atau zaman now), serta garis desain dasboardnya yang berjenjang dan sangat mengesankan kesan lebar plus lapang. Lega dan nyamanlah sederhananya.

Oh iya, di lingkar kemudi juga kini telah dilengkapi paddle shift, sehingga mengakomodir keinginan pengemudi yang suka sensasi sport saat mengemudi. Selain itu juga fitur rem tangannya kini tidak lagi berbentuk tuas, melainkan tombol.

Mengemudikannya juga kini tinggal pencet tombol alias tanpa anak kunci lagi (keyless), lalu dilengkapi dengan sistem transmisi terbaru 8-percepatan shiftronic, dimana faktor pengembangannya pada gear-1 dan gear-2 untuk ‘Start’  dan ‘Akselerasi’. Sedangkan pada gear-7 dan gear-8 untuk peningkatan efiensiensi konsumsi BBM yang lebih baik, dan penyempurnaan pada faktor noise, vibration dan harshness (NVH).

Lalu ada empat fitur “Drive Mode” yaitu comfort, eco, sport dan smart yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan berkendara.

Buat generasi zaman now, SUV modern dengan pengembangan desain Fluidic Sculpture 2.0 ini juga menjawab banget. Buat Anda yang suka buat video perjalanan tidak perlu khawatir kekurangan pencahayaan. Tinggal aktifkan panoramic roof-nya dengan memencet tombol dan pendaran cahaya luar pun bisa seketika menerangi, dan hasil rekaman videonya gak bakal gelap lagi seperti video di kanal YouTube Derry Journey di atas.

Buat yang suka berkendara atau mengemudi, pasti bakal suka banget mengendarai Hyundai Santa Fe terbaru ini, karena steering system dan kinerja suspensinya itu terhitung sangat nyaman. Sekali lagi, “You’re gonna love it.”

Kemampuan akselerasi mesin diesel modern 2.2L CRDi eVGT dengan tenaga optimal 193 ps dan torsi berlimpah 45 kg.m (setara dengan 446 Nm) lebih dari cukup. Kedigdayaan mesinnya diimbangi pula dengan fitur keamanannya yang telah mendapat sertifikasi 5-Bintang dari Euro NCAP (Eropa), NHTSA (Amerika Serikat) dan ANCAP (Australia), di antaranya sistem pengereman dengan fitur ABS, Brake Assist, dan Electronic Brake Distribution (EBD), serta sensor parkir.

Lalu ada fitur Electronic Stability Control, Down Brake Control, dan Hill Start Assist Control.

Kesimpulan awal mengendarai SUV ini menurut jbkderry.com, “Hyundai Santa Fe terbaru ini sangat mudah dikendarai, nyaman. Baik itu untuk pengemudi laki-laki ataupun perempuan hitungannya sangat bersahabat dan tidak merepotkan. Salah satunya karena sistem pengendalian setirnya sangat presisi dan bisa menyesuaikan dengan ekspektasi setiap pengemudi.”

Anda juga bisa mengetahui kesan jbkderry.com pada SUV keren satu ini, silakan lihat video di atas. Jangan lupa untuk subscribe di kanal YouTube Derry Journey. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Silakan juga mampir baca-baca artikel HYUNDAI SANTA FE MOBIL FAVORIT PENGUNJUNG DI GIIAS 2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s