BUGATTI DIVO CUMA 40 UNIT DI DUNIA DAN LANGSUNG LUDES

Mancanegara – Meski berbanderol super mahal US$ 5,8 juta atau sekitar Rp 85 miliar, hypercar Bugatti Divo langsung ludes terjual hanya sekitar seminggu setelah teaser-nya dibuka alias belum diperkenalkan resmi.

Para pembelinya pun memang bukan sembarangan orang. Pasalnya salah satu syarat utama yang ditetapkan oleh pihak Buggati, adalah wajib sebelumnya telah memiliki Bugatti Chiron.

Nama Divo sendiri diambil sebagai bentuk penghargaan pada Alberto Divo, pembalap legendaris asal Perancis yang tercatat dua kali menjadi juara balapan legendaris Targa Florio pada tahun 1920an.

Kecepatannya? Lebih cepat sekitar delapan detik ketimbang Bugatti Chiron saat diuji di trek balap. Dengan sentuhan dari Bugatti Vision Gran Tourismo, Bugatti Divo punya kecepatan puncak 380 km/jam, berkat dukungan mesin berkapasitas 8-liter quad-turbo W16 yang mampu memproduksi (tolong jangan telan air liur) “cuma” 1479 bhp.

Dengan spesifikasi seperti itu, Divo mampu melesat dari titik diam ke 100 kpj hanya dalam 2,4 detik.

Agar laju mobil, eh, tepatnya hypercar ini dapat melaju stabil, di bagian belakang dipasang hydraulic wing sepanjang 1,8-meter, serta beberapa perangkat aerodinamika lainnya seperti difusser yang menyerupai di mobil-mobil LMP1. Sederhananya, Bugatti Divo memiliki downforce hingga 456 kg pada saat kecepatan puncak, alias lebih berat sekitar 90 kg ketimbang Chiron.

Secara mekanikal, Divo memiliki beberapa titip penyempurnaan ketimbang Chiron pada saat melibas tikungan. Di antaranya pada dampers, new anti-roll bars, per yang lebih kaku dan tingkat kemiringan camber ban untuk menghasilkan grip yang lebih baik.

Meski puncak kecepatannya masih kalah ketimbang Chiron, Chiron Sport dan Veyron, namun Divo punya spesialisasi pengembangan yang memang agak beda peruntukannya, yaitu lebih andal di trek balap.

Beberapa media menyebut, Divo memang adalah Chiron, tapi untuk versi penakluk tikungan.

Hmm, kira-kira ada orang Indonesia juga yang beli gak yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s