PENGALAMAN HARI PERTAMA TEST DRIVE ALL NEW TOYOTA RUSH

Jakarta – Senin 3 September 2018, jbkderry.com mendapat pinjaman unit test drive All New Toyota Rush TRD Sportivo AT dari PT Toyota Astra Motor. Kendaraan berdesain low SUV ini dipinjamkan selama tiga hari, dan berikut pengalaman berkendara di hari pertama. 

Impresi Awal: Soal desain eskterior, rasanya jbkderry.com punya pandangan yang umum dengan opini umum, yaitu desain all new Rush ini terhitung stylish dan modern untuk kendaraan di segmennya (baca: low SUV).

Pantas saja kemudian jika berdasar data Gaikindo sepanjang semester pertama 2018 ini, angka penjualan all new Rush dapat menembus kisaran 3.000 unit per bulan. Angka ini lebih baik dibanding pencapain di tahun 2017 dengan kisaran penjualan di angka 1.600an per bulan.

Masuk ke dalam kabin, satu hal yang jbkderry.com suka adalah posisi mengemudi yang kini terasa lebih pas dan nyaman sebagai kendaraan yang berposisi di segmen low SUV. Hal ini penting dalam berkendara, karena pengemudi dapat merasa rileks dan nyaman sepanjang perjalanan, termasuk saat berkendara untuk rute jarak sedang bahkan jauh. Pun demikian saat menghadapi situasi yang semakin lazim di kota-kota besar, kemacetan.

Desain jok berlapis bahan fabrik dan busa yang lumayan empuk serta nyaman. Demikian pula dengan desain sandaran jok pengemudi dan penumpang depan yang lumayan nyaman menopang tubuh penumpang.

Fitur-Fitur Yang Memudahkan Kerja Pengemudi: Kendaraan berdesain low SUV ini juga terhitung memanjakan dan memudahkan pengemudi melalui fitur-fiturnya. Pertama, fitur keyless sehingga pada saat masuk kabin tidak perlu lagi memencet tombol remote kunci. Tinggal menekan tombol model segi empat berwarna hitam di trim pintu.

Demikian pula saat ingin menghidupkan atau mematikan mesin, tinggal memencet tombol di bagian pojok kanan dashboard (dekat trim pintu).

Kedua, adalah fitur pelipat kaca spion elektrik. Nah, fitur ini menurut pengalaman jbkderry.com di antaranya bermanfaat saat melintasi jalan sempit, padat ataupun saat saat parkir di akses terbatas. Pengemudi tidak perlu membuka jendela untuk melipat atau membuka spion, tinggal pencet tombol yang ada di bagian trim pintu.

Ketiga, fitur-fitur tombol pengatur di lingkar setir yang bisa memilih mode untuk mengatur pilihan menu di headunit, serta akses menerima telepon dari smartphone dengan cara pairing ke headunit.

Keempat, all new Rush juga telah dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Control (membantu menjaga kestabilan laju kendaraan ketika ada roda yang mengalami slip traksi) dan Hill Start Assist (membantu laju kendaraan agar tidak turun saat melintasi jalur menanjak khususnya pada kondisi stop and go).

Pengalaman Awal Berkendara: Di hari pertama pengetesan, ada dua hal yang jbkderry.com keluhkan pada versi sebelumnya cukup teratasi pada versi terbaru Toyota Rush ini, yaitu efek blind spot pada pilar A dapat diminimalisir melalui desain barunya ini, serta kinerja suspensi belakang yang terasa lebih rigid dibanding versi sebelumnya.

Hal ini menurut jbkderry.com membuat sensasi mengendarai all new Rush ini lebih nyaman dan aman.

Pengalaman Duduk di Kursi Baris Kedua: Dengan komposisi kursi 60:40, posisi duduk di baris kedua tetap nyaman untuk orang dewasa. Tuas di sisi kiri dan kanan jok baris kedua selain berfungsi untuk melipat kursi dengan sekali sentuh untuk akses ke kursi baris ketiga, juga berfungsi sebagai reclining untuk mengatur tingkat kerebahan posisi sandaran kursi.

Terdapat juga fitur tuas pengatur sliding (maju dan mundur) posisi bantalan duduk di kuris baris kedua. Hal ini dapat bermanfaat untuk memberikan ruang kaki yang lebih lega untuk penumpang di baris ketiga.

Ketiga kursi di baris kedua juga telah dilengkapi dengan tiga sandaran kepala.

Secara umum, kenyamanan penumpang di baris kedua terhitung cukup nyaman. Terlebih di bagian trim pintu masing-masing terdapat dua cup holder untuk menaruh minuman, serta adanya kantong tempat penyimpangan di bagian belakang kedua kursi depan. Fitur kantong ini bermanfaat di antaranya untuk menaruh majalah atau bacaan, ataupun cemilan.

Pengalaman Duduk di Kursi Baris Ketiga: Posisi kursi baris ketiga menurut pandangan jbkderry.com lebih pas untuk penumpang anak-anak ataupun penumpang dewasa dengan tinggi di bawah 160 cm.

Pasalnya bantalan duduk hanya pas untuk memanggul posisi bokong dan sedikit pangkal paha belakang. Imbasnya sisa paha belakang hingga lutut agak gantung, dan ini rasanya akan melelahkan atau setidaknya kurang nyaman saat dalam penjalanan yang memakan waktu cukup lama.

Meski hal ini dapat sedikit ditaktisi dengan memajukan kursi baris kedua, serta meninggikan posisi sandaran kepala pada posisi terideal sesuai tubuh penumpang.

Kinerja Mesin dan Transmisi: Kinerja mesin baru 2NR-VE 1.5-L (yang juga dipakai pada Toyota Sienta dan Toyota Avanza Veloz) yang kini dilengkapi dengan teknologi Dual VVTi membuat kinerja mesin lebih presisi dan efisien. Secara performa kinerja mesin baru yang dipadankan dengan transmisi otomatis 4-percepatan tidaklah luar biasa, namun terhitung cukup baik untuk skala mobil keluarga bermesin 1.500cc.

Skala Penilaian di Hari Pertama: Secara umum, mobil ini pas sebagai mobil keluarga buat konsumen keluarga muda atau anak-anak muda yang baru ingin masuk ke dalam sensasi mengendarai kendaraan berdesain SUV, dengan budget yang lebih terbatas namun bisa mendapatkan level kenyamanan dan fitur-fitur yang cukup lengkap.

Dengan harga Rp 261,45 juta on the road Jakarta pada saat artikel ini dibuat dan diunggah, all new Rush layak mendapat nilai 7,5 – 8 di segmennya.

Pilihan Ban Pengganti: All new Rush menggunakan ban Bridgestone Alenza 215/60R17. Nah, buat pemiliknya yang ingin mengganti ban standar, salah satu pilihan terbaik adalah GT Radial Savero SUV dengan ukuran yang sama.

Ban ini juga yang jbkderry.com pakaikan di Darth Vader. Menurut pengalaman sekitar setahun menggunakan ban ini, grip yang dihasilkan lebih baik dalam berbagai kondisi jalan dan cuaca, level kebisingan yang rendah, serta membantu stabilitas laju dan pengereman kendaraan.

Awrait, guys. Demikian informasi test drive All New Toyota Rush di hari pertama. Hari ini Selasa 4 September 2018, eksplorasi kendaraan agak terbatas, mengingat unit pinjaman dilengkapi dengan plat nomor ganjil. Sedianya Rabu 5 September baru digeber lagi termasuk untuk kebutuhan stok pengambilan gambar untuk kebutuhan vlog khas a la secangkir kopi jbkderry.com.

Terima kasih telah menyempatkan mampir, semoga ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s