TOYOTA RUSH COCOKNYA UNTUK KONSUMEN SEPERTI APA YAH? (UTAK ATIK A LA SECANGKIR KOPI)

Jakarta – Konsumen seperti apa yang pas untuk Toyota All New Rush? jbkderry.com ingin berbagi pandangan untuk itu, dan semoga ada manfaatnya untuk Anda.

Artikel ini merupakan artikel kedua atau penutup pengalaman 4 hari 3 malam mendapat pinjaman All New Toyota Rush TRD Sportivo AT pada tanggal 3 – 6 September 2018 lalu.

Sekilas desain All New Rush ini mengingatkan jbkderry.com pada desain Honda CRV generasi ketiga produksi tahun 2007 – 2011.

Gambaran Singkat Profil All New Toyota Rush TRD Sportivo AT 2018 (a la secangkir kopi jbkderry.com)

Posisi All New Toyota Rush dari sudut pandang jbkderry.com; segmennya sama dengan Mitsubishi Xpander yaitu menyasar segmen keluarga yang ingin pertama kali memiliki kendaraan dengan cita rasa SUV pemula yang stylish, punya karakter tangguh, serta tentu saja posisi harga yang relatif paling terjangkau (untuk ukuran SUV pemula).

Ada enam hal setidaknya yang menandai, All New Rush memiliki karakteristik segmentasi yang sama yaitu:

  • Kapasitas mesin sama-sama 1,5-liter (1.500cc).
  • Desain stylish dengan aura SUV (kategori pemula).
  • 3 baris kursi untuk 7 orang penumpang.
  • Ground clearance (jarak terendah bodi ke permukaan jalan) yang tinggi, sehingga secara umum lebih adaptif saat melintasi jalanan rusak, polisi tidur dan genangan air.
  • Velg berukuran besar, bahkan untuk tipe TRD Sportivo AT menggunakan ukuran ring standar 17-inci.
  • Punya fitur berlimpah, seperti VSC dan HSA, serta 6 airbag.

Meski demikian, ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Berikut dua di antaranya:

  • Chassis All New Rush menggunakan konsep ladder on frame yang memiliki karakter lebih pada faktor ketangguhan untuk mengangkut orang dan barang. Sementara chassil Xpander menganut konsep monokok layaknya sedan yang lebih mengedepankan faktor kenyamanan penumpang.
  • Sistem penggerak roda All New Rush menggunakan sistem penggerak roda belakang yang memiliki manfaat lebih di antaranya saat melintasi jalur tanjakan dan jalanan rusak, serta saat muatan kendaraan penuh. Sementara Xpander menggunakan sistem penggerak roda depan.

Silakan tambahkan atau koreksi di kolom komentar di bawah jika Anda punya pendapat lain.

Nilai Lebih All New Toyota Rush TRD Sportivo AT (versi jbkderry.com)

  • Dimensi lebih panjang 15 mm dan lebih dibanding versi sebelumnya, sehingga berimbas pada ruang kaki di kursi baris ketiga yang lebih lega.
  • Fitur tombol untuk menyalakan dan mematikan mesin (keyless)
  • Mesinnya ganti dengan teknologi dual VVTi (yang kinerjanya lebih presisi dan efisien), mesin ini juga digunakan pada dua model kendaraan Toyota yaitu Veloz dan Sienta.

Pengalaman Mengemudi

Ada dua hal yang jbkderry.com tidak sukai dari Toyota Rush pada versi sebelumnya yaitu efek blind spot di pilar-A yang mengganggu pandangan saat melibas tikungan, serta kinerja suspensi belakang yang limbung. Pengalaman ini yang jbkderry.com beberapa kali rasakan saat melibas jalur Nagreg Jawa Barat.

Pada generasi terbaru ini, kedua hal itu telah direduksi, sehingga lebih nyaman saat dikendarai.

Usulan Perubahan Minor

Namanya perubahan pada mobil standar seyogyanya tidak menggugurkan jaminan garansi pabrikan, namun untuk membuat pengalaman berkendara lebih nyaman, aman dan efisien pada Toyota Rush TRD Sportivo AT 2018 ada dua hal yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Ganti Ban

All new Rush menggunakan ban Bridgestone Alenza 215/60R17. Nah, buat pemiliknya yang ingin mengganti ban standar, salah satu pilihan terbaik adalah GT Radial Savero SUV dengan ukuran yang sama.

Ban ini juga yang jbkderry.com pakaikan di Darth Vader. Menurut pengalaman sekitar setahun menggunakan ban ini, grip yang dihasilkan lebih baik dalam berbagai kondisi jalan dan cuaca, level kebisingan yang rendah, serta membantu stabilitas laju dan pengereman kendaraan.

2. Pasang Prime Suspension Active Stabilizator

Salah satu hal yang bisa mereduksi efek limbung pada mobil ber-jarak terendah bodi ke permukaan jalan (baca: ground clearance) adalah menambahkan perangkat Prime Suspension Active Stabilizator.

Perangkat damper tambahan pada per mobil ini bisa memiliki beberapa manfaat yaitu laju mobil stabil, lebih nyaman saat melintasi jalanan rusak dan tikungan, jarak pengereman lebih pendek, membuat kondisi kaki-kaki mobil lebih awet, dan membantu beban suspensi saat mendapat muatan banyak (atau penuh).

Konsumen All New Toyota Rush TRD Sportivo

Jika Anda butuh mobil keluarga berdesain SUV yang stylish dengan harga lebih terjangkau, All New Rush patut dipertimbangkan.

Kinerja mesin baru 2NR-VE yang telah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i membuat kinerja mesin lebih presisi dan efisien.

Nah, jika Anda termasuk tipikal pengemudi mobil yang kerap melalui jalanan khas Indonesia seperti jalanan tanjakan dan jalanan rusak, serta acap kali membawa muatan penuh, maka hal-hal tersebut merupakan faktor kelebihan yang dimiliki oleh All New Rush.

Awrait, demikian sementara, gaezzz. Semoga informasi ini ada manfaatnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s