40 TAHUN PERJALANAN MOBIL PIKAP MITSUBISHI

Generasi Pertama

Jakarta – Di tahun 1978, Mitsubishi pertama kali memperkenalkan pikap berbobot 1 ton. Selama empat dekade perjalanannya, mobil pikap Mitsubishi ini telah terjual lebih dari 4,7 juta unit.

Kendaraan yang telah terbukti tangguh di banyak medan di dunia ini memulai perjalanan awal dengan nama Forte yang diambil dari bahasa Italia yang berarti “kuat”, namun di beberapa wilayah negara juga dikenal dengan nama L200, sebagai moda transportasi yang tangguh dan dapat diandalkan untuk penumpang dan angkutan barang.

Di tahun 1980, Mitsubishi membuat versi 4×4 yang kemudian menjadi cikal bakal pengembangan Pajero/Montero dan Delica.

Di kemudian waktu, kendaraan pickup Mitsubishi berganti nama menjadi Triton di banyak pasar, dimana platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors.

Sejak generasi ketiga yang hadir pada 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Berikut kilasan sejarahnya dan bocoran informasi tentang modelnya di masa depan:

Generasi Pertama (Lahir September 1978); Lahir dengan nama Forte di Jepang, dan di pasar ekspor dikenal dengan nama Mitsubishi Truck dan L200.  Ekspor ke Amerika Utara dimulai pada Oktober.

Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter, dengan pilihan mesin 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Oktober 1980; Sistem 4WD part-time diperkenalkan

Generasi Kedua (Diperkenalkan Maret 1986); Pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan: Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter (meningkat dari 2.3 liter).

Mei 1991Diperkenalkan dengan nama STRADA untuk pasar Jepang (khusus Double Cab).

Generasi Ketiga (Diperkenalkan November 1995)Model truk pikap baru L200 STRADA diperkenalkan di Thailand. Produksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia.

Tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Generasi Keempat (Diperkenalkan Agustus 2005)Pikap TRITON baru diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncurannya di Thailand.

Hadir dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab yang ditenagai oleh mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2.5 liter dan 3.2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Generasi Kelima (Diperkenalkan November 2014)Generasi kelima diluncurkan di Thailand yang diikuti dengan penjualan di negara lain.

Menggunakan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab.

Powertrain adalah mesin diesel pengembangan terbaru 2.4 liter MIVEC turbo, 2.5 liter turbo, dan mesin bensin 2.4 liter. Tersedia dalam pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem “Super Select 4WD-II” yang mengadopsi electronic actuator.

Bocoran Image Masa Depan Pikap Mitsubishi Terungkap

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s