PANDUAN SECANGKIR KOPI MAIN MOTOR SPORT PEMULA 250CC – 400CC

Jakarta – Inti artikel ini adalah berapa sih rekomendasi pilihan motorsport buat pemula yang ingin naik kelas dari segmen “rakyat jelata” alias 250cc ke bawah.

Kalau maksimal 250cc, rasanya nilai prestiusnya mulai turun karena pajaknya masih standar alias relatif terjangkau untuk masyarakat kebanyakan. Pilihan ideal sih main di 250cc – 500cc, karena pajak PPnBMnya “masih” 75% (plus PPN 10%), sementara kalau sudah di atas itu kena pajak PPnBM 125% plus PPN 10% alias sudah terlampau mahal.

Sederhananya pilihan motorsport 250cc – 500cc paling ideal, nilai prestisenya dapat tapi besaran persentasi pajaknya belum semahal motor bermesin di atas itu.

Soal ini, jbkderry.com ingin kerucutkan lagi ke usulan mesin 300 cc – 400 cc adalah yang paling ideal untuk biker motorsport pemula yang ingin naik kelas.

Alasannya selain karakter mesin motorsport  di atas 250cc yang cenderung butuh penyesuaian lanjutan untuk menaklukkannya, para penunggangnya pun akan menghadapi tantangan yang akan menyulitkan seperti lalu lintas yang kerap macet, jalan rusak, jalanan sempit dan akses radius putar pendek, hingga situasi tidak terduga setiap saat seperti emak-emak yang belok tiba-tiba atau yang mendadak berhenti.

Dari pandangan remeh temeh a la secangkir kopi ini, jbkderry.com berpandangan kapasitas mesin yang paling ideal adalah 300cc – 400cc. Alasan lainnya cukup banyak di antaranya; paha dalam gak terlalu kepanasan saat stuck kemacetan, serta kecepatannya gak terlalu buas sehingga relatif lebih mudah dinetralisir saat menghadapi situasi tidak terduga tadi (emak-emak naik motor atau angkot yang mendadak berhenti).

Dan soal mesin 300cc – 400cc yang ada di pasaran Tanah Air saat ini pilihannya adalah:

Pilihan Mesin 373,2 cc dari KTM

Ada dua model motorsport dari KTM bermesin 373,2 cc yang bisa konsumen pilih, yaitu RC390 model fairing dan Duke 390 yang mengusung konsep naked bike yang pertama kali diperkenalkan di dunia pada ajang EICMA di kota Milan pada tahun 2012.

Pertama kali dipasarkan di pasar India dan Filipina pada tahun 2013, dan hingga kini disebut sudah dipasarkan di 80 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Soal harga tidak tertera di situs resmi KTM Indonesia, tapi berdasarkan data dari situs Oto.com (23 September 2018); untuk harga Duke Rp 390 seharga Rp 99 juta, sementara untuk RC 390 seharga Rp 104,9 juta.

Soal desain, keduanya sangat keren dan pas jadi pilihan yang anti (merek) mainstream di Indonesia. Meski jaringan bengkel resminya tentu tidak sebanyak merek Jepang, tapi tidak menjadi PR yang sulit buat mencarinya. Tinggal klik “KTM Indonesia” di Google buat cari tahu informasi bengkel resmi terdekat.

Atau bisa juga konsultasi dengan para member komunitas KTM Indonesia, salah satunya dengan memasukkan kata kunci “Komunitas KTM Duke Indonesia” di Google.

Mesin bersilinder tunggal 373,2 cc ini dipadankan dengan transmisi 6-percepatan, mampu menghasilkan tenaga puncak 43 hp dan torsi 37 Nm (data KTM.com). Menurut hemat jbkderry.com, sebuah performa dalam ambang batas teratas buat biker yang baru mau main moge di Tanah Air tapi tetap bisa sangat bangga dengan motornya (baca: bukan selera pasaran atau kebanyakan).

Rekomendasi jbkderry.com: Jika Anda ingin punya motorsport di atas 250cc dan di bawah 400cc dengan performa mesin paling menjanjikan, kedua model dari KTM ini lebih pas dijadikan pilihan. Tinggal tergantung selera, mau pilih yang versi fairing atau yang versi naked.

Kawasaki Ninja 300 (Kapasitas mesin 296cc)

Soal harga dan gaya, Kawasaki Ninja 300 dapat diklasifikasikan paling seksi untuk dimiliki. Ya, dengan harga “hanya” Rp 87,7 juta, konsumennya bisa punya motor yang di atas kelas rata-rata (baca” di atas 250cc).

Apalagi citra atau image penunggang motor Kawasaki bermesin maksimal 400cc (jika menurut pandangan jbkderry.com) terkesan lebih prestisius ketimbang citra penunggang tiga merek motor asal Jepang lainnya seperti Honda, Yamaha dan Suzuki (soal ini Anda bisa berbeda pendapat, karena hanya merupakan observasi individu).

Motorsport berfairing ini menjanjikan sensasi yang lebih dari cukup buat biker motorsport pemula yang ingin naik kelas. Lihat saja performa mesin dual silinder dengan output tenaga maksimal 38,4 hp dan torsi 27 Nm, serta telah dilengkapi dengan slipper clutch yang mendukung kinerja sistem transmisi 6 percepatan dan membuat sensasi kenyamanan mengendarainya lebih terasa.

Sama halnya dengan dua model KTM 390 di atas, Kawasaki Ninja 300 memulai debutnya pada tahun 2012. Sebenarnya di beberapa wilayah negara, pada tahun 2018 ini posisinya sudah digantikan oleh Kawasaki Ninja 400. Hanya saja untuk pasar Tanah Air, pihak Kawasaki Indonesia masih lebih percaya diri memasarkan yang versi Ninja 300 (info di situs resminya).

Rekomendasi jbkderry.com: Kalau pilihannya adalah harga yang paling terjangkau untuk motorsport di atas 250cc dan di bawah 400cc, maka Kawasaki Ninja 300 paling layak mengemuka jadi pilihan.

BMW G 310 GS 

Naked bike yang dikembangkan bersama BMW Motorrad dengan TVS di India ini merupakan model motor pertama dari pabrikan motor asal Jerman itu dengan kapasitas mesin di bawah 500cc, atau tepatnya “hanya” 313 cc.

Mesin silinder tunggal yang menjadi jantungnya mampu menghasilkan tenaga puncak 33,5 hp dan torsi maksimal 28 Nm. Sistem transmisinya 6 percepatan.

Dibanding kedua pesaingnya di atas, BMW G 310 GS praktis nilai kebaruannya lebih ada, karena baru dipasarkan pada tahun 2018 ini, meski pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 di ajang EICMA di kota Milan. Meski harganya cukup jauh berada di atas kedua pesaingnya di atas.

BMW Motorrad Indonesia (menurut situs Oto.com), harganya Rp 125 juta. Itupun masih dalam keadaan off the road Jakarta, alias belum termasuk pajak untuk melegalkannya menggelinding di jalan tanpa harus takut ditilang pak polisi.

Rekomendasi jbkderry.com:  Secara performa mesin BMW G 310 GS masih kalah ketimbang kedua model kendaraan dari KTM di atas. Agresivitasnya dari kasat mata pun nampak tidak segesit kedua rivalnya di atas, namun satu hal yang pasti sulit dibantah, jika soal nilai prestise menunggangi motor bermerek BMW itu pasti ada beberapa level di atas. Setuju?

Pilihan Ban Pengganti: Jika konsumen model kendaraan di atas ingin mempertimbangkan pergantian ban, salah satu ban yang bisa dipilih adalah ban IRC RMC810 yang diperkenalkan pada tahun 2017 silam.

Performa ban dengan teknologi terkini dari Jepang ini tidak perlu diragukan kualitasnya, dan tersedia memang untuk segmen motorsport 250cc ke atas dengan ketersediaan ukuran lebar yaitu 110/70R17, 140/70R17 dan 150/60R17, dengan keunggulan yang disebutkan di antaranya daya cengkeram dan performa yang baik di jalan kering maupun basah.

Demikian informasi sementara, guys. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih telah menyempatkan waktu mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s