TIPS GANTI FILTER OLI MOBIL DAN MEMBEDAKAN DENGAN YANG PALSU

Jakarta – Senin 25 September 2018, jbkderry.com menerima informasi pers dari PT Denso Sales Indonesia (DSI) yang isinya tentang pentingnya pergantian filter oli pada mobil.

Jadi gini, dari informasi pihak DSI, selain kewajiban pergantian oli mesin secara berkala juga wajib penggantian filter oli, mengingat fungsinya yang penting untuk menyaring kotoran yang akan masuk ke dalam mesin kendaraan.

Dengan menggunakan filter oli yang baik, mesin akan jadi lebih sehat pada saat bekerja.

Nah, untuk hal itu pihak DSI berbagi beberapa informasi penting seperti kapan waktu ideal untuk mengganti filter oli, dan bagaimana membedakan filter oli yang asli dan palsu.

Berikut informasinya: 

Menurut Joko Pratikno, Technical Service PT DSI, penggantian filter oli sebaiknya bersamaan dengan pada saat penggantian oli mesin. Salah satu alasan utamanya adalah jika filter oli tidak diganti, maka sisa oli yang mengendap di filter oli tidak terbuang.

Menurut Joko, ada sekitar 1/4 atau 1/5 oli yang mengendap di filter oli. Akibatnya oli mesin yang lama akan bercampur dengan oli mesin yang lama yang mengendap di filter oli. Setelah itu, oli mesin baru akan bercampur dengan oli mesin lama dan masuk ke dalam mesin kendaraan.

Oli yang sudah dalam kondisi tidak baik akan mengurangi performa mesin. Akibatnya fungsi oli sebagai pelindung, pembersih dan sebagai pendingin mesin tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Untuk urusan filter oli palsu (khusus untuk produk Denso), Joko mengatakan perbedaannya pada ukuran diameter lubang protektor sebagai image di bawah ini:

Umumnya, penggunaan produk imitasi atau palsu tidak akan memberikan dampak positif bagi penggunanya. Salah satu dampaknya adalah daya serap kotoran pada filter filter oli palsu terdapat diameter lubang protektor yang kecil dan jarak antar lubang lebih rapat.

Hal ini menyebabkan daya serap filter menjadi renggang dan lebar, akibatnya kotoran dari luar tidak tersaring dengan optimal.

Sementara filter oli asli memiliki diameter lubang protektor lebih kecil dan memiliki jarak antar lubang yang tidak rapat. Dengan diameter kecil, sehingga filter oli dapat menyaring kotoran dari luar efektif dibanding yang palsu dan meminimalisir kotornya ruang bakar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s