RAFID TOPAN DAN WILMAN HAMMAR CATAT SEJARAH PERTAMA MENANG DI BALAPAN KETAHANAN DI SIRKUIT SENTUL

Bogor – Ajang balapan ketahanan bertema Yamaha Endurance Festival yang pertama kali digelar di Sirkuit Sentul Bogor pada tanggal 30 September 2018 lalu, akan menjadi salah satu momen paling berkesan bagi duo pembalap Rafid Topan Sucipto (rider blue) dan Wilman Hammar (rider yellow) yang menjadi rekan setim di bawah bendera Yamaha Yamahalub NHK IRC DID Nissing NGK Bahtera Racing Team.

Kedua pembalap profesional ini berhasil menjadi kampiun di kelas utama Open Class 250, dengan berhasil menyelesaikan 63 lap dalam waktu 2 jam 1 menit 25,925 detik. Lap time terbaik dari tim juara ini adalah 1 menit 44,526 detik, dengan kecepatan rata-rata 136 kpj.

Keduanya unggul satu lap ketimbang duet pembalap Gupita Kresna dan Rusman Fadhil yang berada di podium kedua. 

Pada model balapan yang baru pertama kali digelar di Tanah Air ini, juga dipertandingkan dua kelas lainnya yaitu Community Class 150 dan Community Class 250.

Pada kelas Community Class 150, duet pembalap Sugiartono dan Sulthan Hunafa dari YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia) berhasil menjadi kampiun alias juara setelah menyelesaikan 25 lap dalam waktu 1 jam 32,945 detik, unggul 10,150 detik dari duet pembalap di posisi kedua dari tim RideBull (Riders Buleleng) Dewata.

Catatan lap time terbaik dari duet pembalap YROI ini adalah 2 menit 6,135 detik.

Sementara di kelas Community Class 250, duet pembalap YMTI (Yamaha Master of Torque Indonesia) Rais Al Rosyid dan Febri Darmansyah berhasil menjadi yang terbaik, meski hanya unggul tipis dari duet pembalap dari Cornering Indonesia yaitu Shandy Topan Irawan dan Gregy Leona Safari yang akhirnya harus puas berada di posisi kedua.

Duet pembalap YMTI berhasil menjadi yang terbaik setelah menyelesaikan 27 lap dengan total waktu 59 menit 47,005 detik. Sementara duet pembalap dari Cornering Indonesia harus puas di posisi kedua setelah menyelesaikan juga 27 lap dengan total waktu 59 menit 47,045 detik atau hanya terpaut 0,040 detik.

Level kompetisi dan keriuhan Yamaha Endurance Festival yang baru pertama kali digelar ini juga semakin seru, dengan diterapkannya sistem start unik a la Le Mans untuk para pembalap, dimana posisi posisi motor diatur berurutan sesuai hasil kualifikasi, namun para pembalap berdiri di sisi seberang motor.

Saat bendera start dikibarkan, para pembalap berlari ke arah motor masing-masing yang mesinnya tidak menyala. Lalu mereka menghidupkan mesin dan balapan dimulai.

”Yamaha Endurance Festival memberikan pengalaman baru bagi konsumen dan komunitas, juga masyarakat pada umumnya. Mereka bisa merasakan kedekatan dengan Yamaha melalui sensasi event besar yang baru diadakan pertama kali ini. Kami pun merangkul mereka sebagai bagian dari keluarga besar Yamaha. Terimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi, juga komunitas dan konsumen Yamaha yang ikut menyemarakkan event ini,” ungkap Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Pembuktian Ban Balap Sang Juara, IRC Fasti 1

Ajang Yamaha Endurance Festival 2018 ini juga sekali lagi menjadi penegas dari kualitas dan keandalan ban IRC Fasti 1 yang memang sudah acap kali menjadi langganan juara.

Selain di ajang Yamaha Endurance Festival 2018, ban balap andal di sirkuit ini sudah terbukti pula di berbagai ajang balapan motor Tanah Air, termasuk di antaranya Yamaha Sunday Race, serta di kejurnas MotoPrix dan IndoPrix.

Untuk Yamaha YZF-R150, ukuran yang umum dipakai para pembalap andal langganan juara adalah 90/80-17 di roda depan, dan 130/70-17 untuk belakang.

Sementara untuk aplikasi balapan di Yamaha R25 pilihan yang umum digunakan pada pembalap adalah 110/70-17 di roda depan dan 140/70-17 di roda belakang.

Ban balap dengan pola slick dipadu dengan konstruksi ARAMID / Kevlar yang menjamin kestabilan performa pada saat kompetisi.

Selamat buat Yamaha Indonesia atas kesuksesan acaranya, serta selamat pula untuk duet pembalap Rapid Topan Sucipto dan Wilman Hammar yang kembali menambah jumlah koleksi tropi terbaiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s