YAMAHA MT-15 TIPS JITU SELALU TAMPIL MUDA DENGAN HARGA PALING RAMAH

sumber image: Autocar India

Jakarta – Selama dua hari terakhir, jagat maya riuh dengan kehadiran Yamaha MT-15, dan ya jbkderry.com jadi terhitung rada telat mengulasnya.

Telat? Hmm, kok kayak masuk sekolah atau istri yang bakal tambahan buntut yak istilahnya…hahahaha…

Rasanya tidak ada kata telat di ruang yang namanya “otomotif”, di sini sudah kayak Peter Pan di Neverland alias semua abadi untuk tetap muda dan kuat, sementara usia hanya pajangan deretan angka yang terpajang di teras rumah. Baiklah kita mulai saja…

Ingat Yamaha MT-15 hadir di Thailand yang sukses mencengangkan banyak pihak, jbkderry.com jadi teringat seorang kawan baik di kota Malang. Usianya tidak lagi muda, beliau adalah seorang dosen di Poltek Negeri Malang. Olahraganya beladiri sabuk hitam, dan tunggangannya ada Honda Tiger dan Yamaha Xabre. Keren, kan…

Nah, itulah ketika Yamaha MT-15 ramai diulas di jagat maya, termasuk dibahas tumpah ruah di blog kawan baik (permanatriaz.com), tetiba ingatan pada sosok pak Ari di kota Malang. Silakan add akun FBnya di “Murtono Ari” dan Ig-nya di “arimurtono2014_4_20.

Bahkan di akun Ignya, foto profilnya bersama Xabre dan anak bungsunya.

Ya, jika Xabre saja sudah sahih menjadi tips jitu selalu tampil muda, apalagi jika menunggangi generasi terbarunya yang kini ditempeli striker “MT-15” dan desainnya plek-plekan mengadopsi MT-Series Yamaha.

Sederhananya, Yamaha MT-15 yang baru saja dilansir di Thailand adalah monster terganas di kelas motorsport 150cc, dengan harga paling terjangkau (asumsi di bawah Rp 40 juta saat dipasarkan di Indonesia). Bayangkan dengan banderol harga segitu, pemiliknya gak perlu repot-repot lagi mikirin soal customized.

Seperti yang bisa Anda baca di blog Permana Triaz (judulnya “Kekurangan Yamaha MT-15 Bikin Pusing Pedagang Aksesoris dan Modifikator”), Yamaha MT-15 demikian menawan dari banyak sisi, mulai dari performa dan teknologi mesin yang andal, desain bodi dan tangki yang kekar, hingga sektor kaki-kaki yang kental karakteristik moge di segmen yang lebih tinggi.

Motor yang disebut-sebut juga sebagai versi naked-bike Yamaha R15 V3.0 ini punya desain yang mengingatkan pada Yamaha MT-09. Suspensi depan model up-side down, lengan ayun belakang yang gede dari bahan aluminium, serta telah mengaplikasikan sistem pengereman ABS di roda depan dan belakang.

Mesinnya sama dengan Yamaha R15 terbaru yang juga telah dengan fitur VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat performanya andal dari putaran mesin bawah hingga atas, tapi efisien dalam konsumsi BBM. Mesin 155cc yang menggerakkannya didukung dengan output tenaga puncak 19,3 hp dan torsi maksimal 14,7 Nm, yang tersalur ke roda melalui transmisi 6-percepatan dan bisa bekerja dengan lebih mulus berkat aplikasi teknologi assit dan slipper clutch yang biasanya diaplikasikan di motorsport 250cc ke atas.

Jatuh cinta? Wajar, Yamaha MT-15 selain jadi obat manjur bisa tampil muda sepanjang waktu, juga bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Buat dipakai runititas kerja atau kuliah masih terhitung gesit dan ekonomis.

Buat dipakai gaya-gayaan, kongkow atau pergi ke hajatan nikahan mantan juga masuk dan sanggup membuat menarik perhatian. Bisa-bisa mantan langsung jatuh hati lagi malah…

Buat dipakai touring sangat memenuhi syarat. Bila ingin ban yang ingin profilnya lebih lebar dan gripnya andal, serta lebih ramah kantong, bisa ganti dengan harga lebih terjangkau, salah satu pilihan terbaik adalah ban IRC RMC810 yang diperkenalkan pada tahun 2017 silam.

Performa ban dengan teknologi terkini dari Jepang ini tidak perlu diragukan kualitasnya, dan tersedia memang untuk segmen motorsport 250cc ke atas dengan ketersediaan ukuran lebar yaitu 110/70R17, 140/70R17 dan 150/60R17, dengan keunggulan yang disebutkan di antaranya daya cengkeram dan performa yang baik di jalan kering maupun basah.

Buat pakai balapan di sirkuit? Wuih, mumpunilah buat tampil sebagai juara, tinggal skill balap yang mesti tinggi juga. Tinggal ganti ban IRC Fasti 1 yang sudah terbukti mengantar Yamaha YZF-R15 jadi kampiun di kejurnas motorsport kelas 150cc. Pilihannya bisa menggunakan ukuran 90/80-17 di roda depan, dan 130/70-17 untuk belakang.

Tapi buat yang sudah ngidam, tahan dulu, guys. Mari berharap Yamaha Indonesia segera memboyongnya ke dalam negeri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s