ARTIKEL SECANGKIR KOPI TENTANG KEHIDUPAN SOPIR TRUK DI INDONESIA

Mahfud (45 tahun) pengemudi UD Trucks Quester

Jakarta – Sejak lebih intens liputan soal truk dalam dua tahun terakhir, jbkderry.com jadi teringat pada film legendaris Over The Top (1987) dan serial tv zaman B.J and the Bear (1979 – 1981).

Ya, dua film ini mengisahkan tentang kehidupan sopir truk trailer yang ukuran super gede di Amrik.

Kini, jbkderry.com pun mulai lebih suka memperhatikan truk-truk yang berpapasan saat lagi di jalan, khususnya pada saat keluar kota. Ada yang menarik perhatian karena desainnya yang keren seperti Volvo Trucks dan UD Trucks, ada juga karena kisahnya yang melegenda.

Beberapa hari lalu misalnya, waktu melintasi rute Padalarang menuju Bandung dan kemudian kembalinya menuju Cianjur (alias melintas dua kali pergi dan pulangnya), sempat beberapa kali berpapasan dengan kendaraan truk tua Toyota Buaya tahun 1964 yang moncongnya kayak congor Petruk.

Di lain waktu, juga suka kesengsem dengan tampilan dan desain UD Trucks Quester. Ataupun tatapan langsung tersita waktu melihat iklan billboard Isuzu Traga di kawasan selepas tol Cileunyi. Atau di kali lain sempat lihat light truck (kategori 2) yang nampak dari gambar sisi luar boks angkutannya dipakai untuk distribusi makanan anjing.

Ya, truk-truk inilah yang memegang peran krusial untuk mengantarkan kebutuhan logistik masyarakat di berbagai daerah, mulai dari pangan, pakaian, hingga berbagai kebutuhan lainnya termasuk untuk mengantarkan distribusi produk otomotif seperti mobil dan motor baru.

Suatu ketika di kawasan Tanjung Priok, jbkderry.com sempat ngobrol ringan dengan pak Mahfud, pria asal Balaraja Banten yang mengaku sudah sekitar 20 tahun jadi sopir truk. Dari dirinya terungkap jika kini kualitas kehidupan sopir truk di Tanah Air semakin membaik.

“Sopir truk sekarang memang makin bagus perkembangannya, meski tuntutan profesinya juga makin profesional dan terlatih, karena sampai disekolahkan sopir. Dan gak bisa malas juga, termasuk waktu hadapi macet,” pungkas Mahfud.

Silakan baca SOPIR UD TRUCKS QUESTER DI TANJUNG PRIOK PUNYA DUA POIN KEBANGGAAN.

di beberapa kesempatan, jbkderry.com berkesempatan mengemudikan UD Trucks Quester. Kalau yang difoto ini pas di Palembang.

Pernyataan sopir truk yang kini mengemudikan UD Trucks Quester itu pun diamini oleh salah satu petinggi Astra International UD Trucks Sales Operation, Winarto Martono yang menjabat sebagai Chief Operation Officer.

“Kebutuhan akan sopir truk yang profesional memang semakin tinggi. Hal ini khususnya didorong oleh pertumbuhan tiga faktor yaitu pertumbuhan ekonomi yang lagi bagus, perkembangan mining (pertambangan) bagus dan infrastruktur bagus,” kata Winarto.

Tidak heran jika menurut Winarto, saat ini pendapatan sopir truk bisa mencapai kisaran Rp 8 juta – Rp 9 juta per bulan, khususnya pada perusahaan-perusahaan berbasis operasional kendaraan truk yang telah menggunakan sistem yang modern.

“Perusahaan yang masih menggunakan sistem tradisional jumlahnya semakin menurun, demikian pula omsetnya. Berbeda dengan perusahaan berbasis operasional truk kelas menengah ke atas, sehingga bisa memberikan benefit yang lebih bagus kepada sopir-sopir truk mereka untuk tetap loyal,” imbuh Winarto.

Apresiasi kepada kehidupan sopir truk tidak hanya datang dari para pemilik perusahaan. Jaringan APM dan distributor resmi perusahaan truk di Indonesia pun turut memberikan apresiasi lebih kepada garda terdepan sirkulasi dan distribusi via jalur darat tersebut.

Eko Yulianto dari PT Duta Lintas Nusa akan mewakili UD Trucks Indonesia pada kompetisi global di Jepang pada Oktober 2018.

UD Trucks Indonesia misalnya setiap tahun melaksanakan kompetisi Extra Mile Challenge setiap tahun, untuk para pengemudi truk produk mereka dengan menilai pada kemampuan mengemudi dan wawasan mereka akan produk kendaraan yang dikendarai.

Pemenang terbaik pun kemudian dikirimkan ke kompetisi lebih tinggi skala internasional ke Jepang.

Atau ada juga bentuk apresiasi lain yang jbkderry.com pernah temui di GIIAS 2017, ketika Isuzu Indonesia memberikan santunan, donasi dan beasiswa kepada anak-anak sopir truk yang menggunakan produk kendaraan mereka.

Silakan baca ISUZU INDONESIA BERI DONASI DANA BANTUAN PENDIDIKAN PADA 170 ANAK.

Semoga anak-anak sopir truk Isuzu ini bisa punya kebanggaan lebih kepada profesi orang tuanya yang pasti lebih mulia dari para koruptor dan penjaja religi untuk kekayaan pribadi.

Serba-serbi tentang dunia truk dan kehidupan para sopirnya ini pun mengantarkan jbkderry.com pada obrolan ringan dengan seorang sanak saudara beberapa waktu lalu di Ciamis, yang bekerja di perusahaan asing asal Perancis di bidang engineer.

Beberapa waktu lalu, kerabat tersebut menghabiskan waktu di Perancis untuk mengikuti training sistem terbaru di kantor pusat. Ya, dia sering melanglang buana memang untuk urusan pekerjaannya.

Ada satu ucapan kerabat tersebut yang menurut jbkderry.com punya korelasi dengan esensi artikel ini, ” Di negara-negara maju, setiap jenis pekerjaan (yang mulia tentu bukan pekerjaan maling apalagi koruptor yang bisa benahi selnya a la standar hotel) punya strata yang sama di mata masyarakatnya. Tidak ada pekerjaan yang hina, karena setiap orang punya orientasi dan kemampuan berbeda-beda, yang penting tetap bekerja dan tidak banyak menghabiskan waktu sekedar kongkow-kongkow main gitar sepanjang hari.”

Ya, setuju. Hidup memang harus terus bergerak dan bekerja keras.

Awrait, demikian dulu artikel khas a la secangkir kopi ini. Semoga ada manfaatnya, dan terima kasih telah mampir.

jbkderry.com pengen ngelanjutin lamunan soal distribusi makanan anjing pakai truk ringan kategori 2 yang lagi menepi di pinggir jalan antara Padalarang dan Cianjur.

Hmm, kalau bisnis makanan hewan saja prospektif, apalagi kebutuhan manusia yah…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s